Menyiasati Dapur Sempit di Rumah Minimalis

Menyiasati dapur sempit di rumah minimalis sangat perlu sebab rumah minimalis biasanya memiliki luas tanah terbatas sehingga anda harus pintar dalam penataan segala barang yang biasanya ada di ruang dapur. Tips menyiasati dapur yang sempit cocok diaplikasikan pada tipe rumah 36 dan 30.

Dapur sempit bukan artinya penghuninya kudu pasrah dengan nasib memiliki luas dapur yang sempit. Coba anda mencari solusi dimana meskipun luas dapur sempit terkesan rapih dan luas. Nah untuk membantu anda, baca tips menyiasati dapur sempit di rumah minimalis:

Menyiasati Dapur Sempit di Rumah Minimalis
Credit to Rachel Whyte, HGTV

1. Ganti peralatan dengan ukuran yang lebih kecil

Ganti peralatan lama yang besar, seperti kompor dan lemari es, dengan ukuran yang lebih kecil dengan tampilan yang baik. Beberapa perusahaan penyedia peralatan rumah tangga kini sudah menyediakan berbagai merk peralatan yang lebih kecil sehingga terasa cocok diaplikasikan di dapur sempit.

2. Ganti Bak cuci piring model tunggal

Bak cuci piring model tunggal lebih menghemat ruang sehingga memberi kesan luas.

3. Pasang tempat penyimpanan di dinding

Masih ada ruang kosong di dinding? Jangan cuma untuk menaruh kalender atau jam dinding saja. Manfaatkan ruang kosong yang ada untuk meletakkan deretan rak atau gantungan lap atau gantungan alat-alat dapur seperti pisau dan lain-lain.

4. Buat wadah penyimpanan

Buat wadah penyimpanan praktis untuk menaruh wajan, panci, dan tempat menaruh rempah-rempah seperti bawang.

5. Kitchen Set yang minimalis

Dapur minimalis tidak bisa bebas memilih kitchen set. Semahal dan sebagus apapun kitchen set tidak dapat diaplikasikan di dapur sempit kecuali kitchen set yang cocok untuk dapur minimalis. Bagi anda yang kesulitan dalam ukuran kitchen set minimalis mungkin dapat memesan pada pengusaha atau toko mebel untuk dibuatkan kitchen set yang sesuai dengan ukuran dapur sempit anda.

6. Dapur Tanpa Pintu

Kehadiran pintu sebagai penghubung antar ruangan menjadikan dapur makin sempit. Oleh sebab itu, siasati dengan mencopot pintu dapur agar dapur tidak sumpek sekaligus menambah kesan luas. Selain itu, bukalah tembok pembatas ruang dapur dan ruan makan agar menambah kesan yang lebih luas lagi (Baca juga: desain menarik dapur dan ruang makan dalam satu ruang)

7. Selektif Memilih Barang

Simpan hanya peralatan terbaik dan sering anda gunakan. Jangan terlalu banyak menyhimpan barang-barang dapur yang jarang anda gunakan. Simpanlah hanya barang-barang terbaik dan sering anda pakai seperti pisau, gelas, teko, baki, dan peralatan dapur lainnya. Selain itu, gunakan kaca bening dengan bahan akrilik agar transparan sehingga menambah kesan ruangan terasa lebih luas dan elegan.

Menyiasati dapur sempit di rumah minimalis menuntut kejelian anda dalam memanfaatkan setiap sudut ruang yang ada. Semoga dengan tips menata dapur sempit ini bermanfaat bagi anda yang ingin menjadikan dapur rumah minimalis terkesan luas dan rapih.



Content Protection by DMCA.com