Ingat! Batas Akhir Pembayaran PBB Yaitu 31 Agustus 2018

Perhatikan batas akhir pembayaran PBB yaitu tanggal 31 Agustus 2018 jadi jangan sampai telat bayar. hal ini karena setiap tahun wajib pajak (WP) yang memiliki properti seperti tanah dan bangunan akan dikenakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

PBB adalah pajak negara yang dikenakan terhadap bumi dan atau bangunan berdasarkan UU No.12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan sebagaimana telah diubah dengan UU No.12 Tahun 1994.

Batas Akhir Pembayaran PBB
Credit to Merdeka

Sebagai pajak yang bersifat kebendaan, secara umum besaran pajak PBB berdasarkan kondisi objek yaitu tanah dan atau bangunan. Kondisi subjek atau wajib pajak tidak ikut menentukan besaran PBB yang wajib dibayar.

Ada beberapa hal yang termasuk dalam bangunan, antara lain:

    • Jalan yang merupakan satu kesatuan dengan kompleks bangunan seperti hotel, pabrik.
    • Kolam renang
    • Pagar mewah
    • Taman mewah
    • Tempat olah raga
    • Galangan kapal, dermaga
    • Jalan tol
  • Tempat penampungan/kilang minyak, air dan gas, pipa minyak
  • Fasilitas lain yang memberikan manfaat

Jadi segera ambil SPT PBB dimana tempat pengambilan PBB di DKI Jakarta ada di kelurahan. Surat Pemberitahuan PBB (SPT) PBB dicetak secara masal pada awal tahun dan sudah didistribusikan ke seluruh keluran di DKI sejak awal februari.

Jadi warga DKI Jakarta sudah dapat mengambil SPT PBB nya masing-masing di kantor kelurahan sesuai domisili. Jatuh tempo pembayaran PBB tanggal 31 Agustus. Agar tidak lupa lebaih baik anda mengambil SPT PBB nya sekarang daripada ditunda-tunda.

Sebagaimana tercantum dalam Pasal 5 UU No. 12 Tahun 1985 jo. UU No.12 Tahun 1994, tarif pajak yang dikenakan atas objek pajak yaitu sebesar 0,5 persen. Selain itu pada Pasal 6 UU No. 12 Tahun 1985 jo. UU No.12 Tahun 1994 jo. Pasal 2 (3) KMK-523/KMK.04/1998 juga diatur tentang dasar pengenaan PBB yaitu Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Besaran NJOP ditentapkan setiap 3 tahun oleh pemerintah pusat dalam hal ini menteri keuangan, kecuali daerah tertentu ditetapkan setiap tahun sesuai kondisi perekonomian daerahnya.

jadi ingat, tanggal batas akhir pembayaran PBB yaitu tanggal 31 Agustus. Segera ambil SPT PBB anda dan bayarlah PBB tepat waktu.



Content Protection by DMCA.com