Warna Rumah Minimalis: Interior Kreatif dengan Orange

Bagi sebagian orang, warna orange terlalu berani dan kuat untuk diaplikasikan pada dinding rumah. Namun, itu hanyalah persepsi masa lalu! Saat ini, warna rumah minimalis tidak mendikte anda untuk menggunakan warna-warna netral dan natural seperti putih, abu-abu, atau krem saja. Orange bisa diaplikasikan secara cerdas untuk menghasilkan nuansa yang ceria dan penuh kreativitas di dalam rumah bergaya minimalis.

Kombinasi orange-Hijau untuk ruang keluarga - Shutterstock

Kombinasi orange-Hijau untuk ruang keluarga – Shutterstock

Warna Rumah Minimalis: Filosofi Orange

Tahukah anda bahwa warna orange (termasuk kuning) disimbolkan oleh cahaya matahari? Matahari selalu membawa suasana ceria, terang, dan hidup. Tidak heran jika orange kini banyak digunakan bukan hanya untuk rumah tinggal, namun juga untuk menghidupkan suasana energik dan kreatif di lingkungan kantor. Menurut fengshui, orange sebaiknya digunakan sebagai warna interior rumah minimalis pada ruangan-ruangan, di mana dibutuhkan kreativitas, keceriaan, dan kebersamaan.

Cabinet orange di kamar mandi - Desaininterior

Cabinet orange di kamar mandi – Desaininterior

Oleh sebab itu, orange adalah warna rumah minimalis yang bagus untuk kamar tidur anak, ruang keluarga, dapur, ruang bermain anak, ruang makan, home studio, atau ruang kerja di dalam rumah (home office).  Namun, jika akan digunakan di kamar tidur utama, sebaiknya gunakan orange pada ruang tidur dengan konsep open-plan, dan mendapatkan sinar matahari langsung. Pantulan sinar matahari akan menghasilkan nuansa yang terang dan indah. Ya, elemen sinar matahari akan berpadu secara sempurna dengan orange.

Kombinasi orange-hijau di kamar tidur open-plan - Shutterstock

Kombinasi orange-hijau di kamar tidur open-plan – Shutterstock

Kombinasi Warna Rumah Minimalis Orange

Orange adalah warna yang cukup kuat. Untuk rumah minimalis yang ruangan-ruangannya cukup kecil, tidak dianjurkan menggunakan warna ini secara menyeluruh, karena dapat membuat ruangan terasa lebih sempit. Nah, triknya adalah menggunakan kombinasi warna rumah minimalis yang dapat menyatu dengan orange. Di antaranya:

  • Hijau adalah salah satu pilihan paling populer. Warna orange yang kreatif dan kuat dapat dinetralkan oleh warna hijau yang harmonis, sehat, segar, dan teduh. Misalnya, anda bisa mengaplikasikan orange pada dinding dan gunakan furniture berwarna hijau
  • Krem menetralisir dominasi warna krem di ruangan yang kecil seperti ruang bermain anak, ruang kerja atau ruang keluarga; gunakan krem sebagai warna cat dinding dan orange untuk furniture; atau sebaliknya.
  • Off-white menghasilkan kontras yang seimbang jika dipadukan dengan orange. Ini adalah kombinasi yang bagus untuk kamar mandi. Gunakan off-white untuk dinding dan orange untuk cabinet.
  • Coklat menghadirkan nuansa bumi dan menyatu sempurna dengan orange (yang membawa nuansa matahari). Gunakan warna orange di salah satu dinding dan padukan dengan warna keramik rumah minimalis coklat, keramik bermotif kayu, atau lantai kayu alam.
Kombinasi warna cat rumah minimalis orange - Desaininterior

Kombinasi warna cat rumah minimalis orange – Desaininterior

Orange  adalah warna kontemporer yang mudah dipadupadankan dengan warna lain. Namun, untuk hasil sempurna, anda diharapkan bisa memilih paduan warna rumah minimalis yang seimbang dan sesuai dengan ukuran ruangan. Misalnya, pilih orange-krem atau orange off-white untuk ruangan kecil dan orange-hijau atau orange-coklat untuk ruangan yang relatif besar. Selamat mencoba.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

kombinasi warna orange -rumahminimaliscatorange -rumah warna orange -kombinasi cat rumah warna orange -gambar rumah warna orange -Cat warna orange -kombinasi warna orange dan hijau -kombinasi warna cat rumah orange -

Content Protection by DMCA.com