Untung Rugi Membeli Rumah Tunai VS KPR

Jika anda memiliki kemampuan untuk membeli rumah secara tunai, maka pertimbangkan opportunity cost dari keputusan yang anda ambil, sebab bagaimanapun juga anda harus mempertimbangkan untung rugi membeli rumah tunai vs KPR. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Beli rumah itu bukan masalah sepele. Selain perlu memilih lokasi yang pas untuk tempat hunian, sebagian orang juga perlu tahu metode pembelian berdasarkan kondisi keuangan.

Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda mengambil keputusan. Contohnya, jika membeli rumah dengan kredit maka calon pembeli harus berhati-hati dengan resiko kredit macetnya.

Untung Rugi Membeli Rumah Tunai VS Kredit

Untung Rugi Membeli Rumah Tunai VS Kredit

Pada sisi lain, pembelian rumah dengan cash mengakibatkan pembeli mengeluarkan uang dalam jumlah besar atau bahkan menguras banyak uang tabungan atau depositonya.

Oleh sebab itu, sebelum anda membeli rumah ketahui dahulu apa untung rugi membeli rumah tunai vs kpr agar anda tidak menyesal dikemudian hari akibat opportunity cost yang hilang.

Keuntungan Membeli Rumah Dengan KPR

Bagi kelompok menengah ke bawah akan merasa tidak mungkin membeli rumah tanpa bantuan pembiayaan KPR dari bank. Ada beberapa keuntungan jika anda membeli rumah secara kredit KPR yaitu:

  • Membeli rumah dengan cicilan terjangkau: Pinjaman kredit rumah memudahkan kita dalam mencicil rumah hingga 25 tahun. Anda dapat mengatur jumlah angsuran sesuai kemampuan finansial anda.
  • Suku bunga rendah: Pada umumnya bank memberi suku bunga relatif lebih rendah daripada lembaga pembiayaan lain. Selainn itu anda juga dapat melakukan refinancing saat anda menemukan bank yang memberikan suku bunga lebih rendah.
  • Uang tabungan selalu tersedia. Karena anda membeli kredit, maka tabungan dan aset pribadi lain tetap awet. Dengan manajemen keuangan yang baik, anda dapat menambah kekayaan aset anda melalui investasi lain.
  • Ada perlindungan dari asuransi. Pembelian rumah dengan KPR biasanya dilengkapi asuransi jiwa dan asuransi kebakaran sehingga anda bebas terlindungi dari risiko yang tak diduga selama masa cicilan.

Keuntungan Membeli Rumah Secara Tunai

Hanya orang yang mempunyai pendapatan tinggi per bulan yang sanggup membeli rumah secara tunai. Beli rumah dengan cash membebaskan kita dari risiko finansial pada masa depan.

Jadi saat anda merasa punya banyak uang untuk beli rumah dengan cash dan mempunyai income yang stabil, jangan ragu untuk mengambil keputusan tersebut, sebab kelebihan membeli rumah dengan cash yaitu:

  • Bebas dari hutang. KPR adalah pinjaman hutang yang sangat besar. Jumlah cicilan yang perlu anda bayar akan memangkas anggaran bulanan anda. Jika anda beli rumah dengan cash maka alokasi uang cicilan dapat dialihkan untuk investasi dengan keuntungan melebihi inflasi.
  • Mempunyai aset berharga. Jika sewaktu-waktu kondisi keuangan anda tidak baik atau anda perlu modal untuk usaha, maka sertifikat rumah dapat dijadikan agunan ke bank.
  • Lebih aman menempati rumah. Karena anda telah membayar lunas, maka anda akan merasa lebih tenang karena sudah mempunyai aset yang nilainya semakin tinggi dari tahun ke tahun. Anda tidak perlu takut akan kehilangan rumah jika kondisi keuangan tak stabil, selama rumah anda tidak diagunkan ke bank.

Kerugian Membeli Rumah Secara Tunai

Meskipun membeli rumah dengan tunai adalah keputusan yang lebih sedikit resikonya, tetapi ada pula kerugian yang tidak anda sadari karena ada opportunity cost yang hilang. Seandainya anda membeli kredit maka akan banyak tersedia uang dalam jumlah besar yang dapat anda lakukan untuk berinvestasi di aset lain, seperti saham maupun usaha lainnya.

Demikian Keuntungan dan kerugian membeli rumah secara tunai vs KPR. Pilihan mana yang akan anda ambil semuanya bergantung dari profil finansial anda dan kemampuan anda dalam memutar aset atau bisnis anda. Demikian semoga bermanfaat bagi pembaca. Selanjutnya desain rumah minimalis modern.



Content Protection by DMCA.com