6 Tips Sebelum Membeli AC Untuk Rumah Minimalis

Indonesia merupakan negara tropis dimana saat siang suhu udara berkisar 25-340C. Panasnya suhu udara membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi suhu udara panas di rumah, simak tips sebelum memasang AC untuk rumah minimalis.

AC membuat tagihan pemakaian listrik membengkak. Harga dari sebuah kenyamanan menghuni ruangan sejuk di daerah beriklim tropis. Yup, meskipun begitu, banyak orang bersedia membayar tagihan listrik yang lebih mahal demi kenyamanan tinggal di rumah minimalis. Daripada berpanas-panasan, mungkin itulah pikiran setiap orang yang hendak membeli AC.

Lantas bagaimana kiat memilih AC yang tepat sesuai kebutuhan sekaligus tidak memakan biaya listrik yang boros? Inilah tips sebelum memasang AC di rumah agar tetap hemat dan nyaman.

Tips Sebelum Membeli AC Untuk Rumah Minimalis

AC dapat menyejukkan udara di rumah minimalis (Credit to fotolia)

1. Periksa daya dan instalasi listrik

Periksalah terlebih dahulu daya dan instalasi listrik di rumah anda. Jika usia instalasi listrik sudah diatas 10 tahun, sebaiknya panggillah ahli tukang listrik untuk memeriksa sambungan pada instalasi listrik. Sebab kita tahu bahwa daya listrik menghidupkan satu unit AC sangat besar sehingga dikhawatirkan terjadi overload pada kabel yang menyebabkan konslet listrik.

2. Periksa satuan kapasitas AC

Coba cek PK (daya kuda sebagai satuan kapasitas AC) sebelum membeli AC. Hal ini penting sebab berhubungan dengan pemakaian listrik.

Pada umumnya AC tersedia dalam ukuran 1/2, 3/4, 1, 1.5, 2, 2.5 PK. Semakin besar PK, semakin cepat kemampuan AC dalam mendinginkan suhu ruangan maka semakin besar listrik yang digunakan. Pilihlah AC yang memiliki PK yang lebih efektif dan efisien untuk mendinginkan suhu ruangan rumah anda.

Berapa PK yang diperlukan setelah memperoleh hasil BTU/h dari hasil ruangan:

  • 0.5 PK = 5000 BTU/h, digunakan untuk ruangan dengan luas 10 m2
  • 0.75 PK = 7000 BTU/h, digunakan untuk ruangan dengan luas 14 m2
  • 1 PK = 9000 BTU/h, digunakan untuk ruangan dengan luas 24 m2
  • 1.5 PK = 12000 BTU/h, digunakan untuk ruangan dengan luas 24 m2
  • 2 PK = 18000 BTU/h, digunakan untuk ruangan dengan luas 24 m2

Jika anda mempunyai anggaran berlebih, coba pertimbangkan untuk membeli AC inverter lebih hemat dipakai untuk ruangan tertutup. Atau, ruangan yang tidak banyak aktivitas orang lalu lalang. Sedangkan AC non-inverter hemat jika kita memperhitungkan PK dan mensetting suhu dengan tepat.

AC non-inverter direkomendasikan untuk ruangan yang lebih sering terbuka, sebab kerja kompresor tetap sama tanpa ada kekhawatiran kenaikan daya listrik (Watt).

3. AC Inverter

Jika anda memiliki uang lebih, pertimbangkan untuk membeli AC inverter sebab lebih hemat digunakan untuk ruangan tertutup. Sedangkan AC non inverter lebih hemat jika perhitungan PK dan setting suhunya tepat.

AC non inverter kami rekomendasikan hanya untuk ruangan terbuka, sebab kerja kompresor tetap sama tanpa adanya kenaikan daya watt nya.

4. Efisiensi AC

Jika ruangan yang akan dipasangi AC mempunyai lubang ventilasi, maka tutuplah ventilasi dengan plastik untuk meningkatkan efisiensi AC. Jangan tempatkan AC diatas pintu dan sebaiknya panjang pipa dari unit indoor ke outdoor kurang dari 15 m.

5. Pilih yang memiliki fitur kesehatan

Pilihlah AC yang mempunyai tambahan fitur plasma filter, plasmacluster, plasmaster, dan nanoe-g. Fitur tersebut dapat mengatasi pertumbuhan virus, bakteri, dan jamur. Meskipun organisme tersebut sama sekali tidak mati, tetapi setidaknya ruangan lebih aman dari organisme jahat tersebut.

6. Setting suhu agar hemat listrik

Agar AC hemat listrik, setting suhu lebih dari 22 derajat celcius dan aturlah kecepatan kipas pada posisi sedang, cucilah filter AC seminggu sekali, dan cucilah semua unit indoor dan outdoor setiap 6 bulan sekali. Jangan lupa lakukan pengecekan unit AC setip 10 bulan sekali agar tidak terjadi overload yang menyebabkan tagihan listrik membengkak.

Demikian 6 tips sebelum memasang AC untuk rumah minimalis anda. Pastikan anda membeli AC yang sudah memiliki ulasan dan pengalaman dari para penggunanya.

Content Protection by DMCA.com