Tips Menyewa Kontraktor untuk Renovasi Rumah Minimalis

Saat anggota keluarga semakin bertambah, usia anak semakin bertambah (sehingga mereka membutuhkan ruang lebih), atau model rumah anda sudah terlalu tua dan ketinggalan, renovasi dapat menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan hunian yang representatif dan nyaman untuk anda dan keluarga. Layaknya membangun sebuah rumah baru, renovasi rumah minimalis juga membutuhkan perencanaan yang matang, sehingga anda tidak membuang biaya secara percuma.

Renovasi rumah minimalis (Fotolia)

Renovasi rumah minimalis (Fotolia)

Menyewa kontraktor dapat menjadi pilihan untuk anda yang tidak memiliki waktu merencanakan renovasi rumah sendiri atau anda yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang desain rumah. Ada begitu banyak kontraktor renovasi rumah minimalis, namun kontraktor manakah yang paling sesuai untuk anda? Tentunya, ini bukan pilihan yang mudah, bukan? Anda tentu tidak ingin menyerahkan pengerjaan rumah anda pada kontraktor yang tidak berpengalaman, bukan?

Tips Memilih Kontraktor Renovasi Rumah Minimalis

Menyewa kontraktor renovasi rumah minimalis mungkin menjadi alternatif jika ruang lingkup pekerjaan cukup berat, sehingga anda memerlukan pertimbangan ahli, bukan hanya untuk perencanaan namun juga untuk estimasi biaya renovasi. Nah, cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut saat anda menyeleksi kontraktor yang sesuai untuk renovasi rumah modern minimalis anda:

Proyek Seperti Apa Yang Anda Butuhkan?

Pertanyaan tersebut sepertinya simple, namun inilah yang menjadi landasan bagi kontraktor yang akan anda pilih. Sebelum menghubungi kontraktor, anda harus memiliki konsep tentang seperti apa rumah anda nantinya dan berapa budget yang telah anda persiapkan. Inilah modal awal yang akan anda bawa saaat bertemu calon kontraktor.

Apa Kriteria Kontraktor Yang Anda Inginkan?

Anda tentu menginginkan kontraktor yang terdaftar, diakui, dan terjamin, bukan? Nah, cobalah menghubungi beberapa kontraktor dan meminta portofolio pengalaman mereka dalam renovasi rumah. Setelah mendapatkan daftar tiga atau empat calon kontraktor, tidak ada salahnya anda melakukan wawancara singkat, seperti:

  • Apakah mereka pernah mengerjakan proyek renovasi dalam skala yang anda inginkan
  • Apakah mereka memiliki izin untuk melakukan proyek konstruksi semacam itu
  • Berapa waktu yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan renovasi rumah minimalis anda

Sebaiknya lakukan interview di rumah anda. Dengan demikian, anda bisa menilai keseriusan dan profesionalisme calon kontraktor. Pilihlah kontraktor renovasi rumah minimalis yang menurut anda paling nyaman diajak bekerja sama.

Berapa Estimasi Biaya Yang Mereka Ajukan?

Biaya renovasi rumah tentu menjadi pertimbangan penting, bukan? Setelah melakukan wawancara, mintalah mereka membuat proposal (mencakup waktu, bahan baku, biaya, tenaga kerja dan spesifikasi lainnya) pengerjaan proyek renovasi. Pilihlah kontraktor yang mengajukan proposal paling rasional. Jangan berpaku pada proposal dengan estimasi biaya terendah, dengan tidak mengabaikan pengalaman calon kontraktor tersebut.

Apakah Anda Membutuhkan Kontrak Tertulis?

Jawabannya adalah YA. Pastikan anda dan kontraktor menuangkan kerjasama tersebut secara tertulis. Kontrak tersebut harus memuat hal-hal, seperti jadwal pembayaran, proses perubahan (jika diperlukan) dari spesifikasi asli proyek, biaya, dan hal-hal penting lainnya yang disepakati kedua belah pihak. Kontrak tertulis akan menjadi pelindung bagi anda dan pihak kontraktor.

Seperti Apa Batas Perubahan Yang Wajar?

Ya, proyek renovasi bukanlah ilmu eksakta, meski dilakukan atas dasar hitung-hitungan. Kontraktor terbaik sekalipun adakalanya akan dihadapkan pada hal-hal yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Anda tentu harus membuka diri untuk perubahan semacam ini (meski itu mempengaruhi biaya dan waktu pengerjaan).

Namun, ada batasan yang harus anda tolerir. Jika kontraktor tersebut bekerja tidak serius, dan mengerjakan proyek lain sehingga mempengaruhi kualitas pengerjaan di rumah anda, atau menaikkan biaya proyek pada level yang tidak bisa diterima, anda berhak mencari kontraktor lain untuk menyelesaikan ekerjaan tersebut.

Memilih kontraktor untuk proyek renovasi rumah minimalis bukanlah pekerjaan mudah, namun bisa dilakukan dengan benar. Beberapa tips di atas dapat menjadi panduan untuk anda. Semoga anda mendapatkan mitra yang tepat untuk proyek renovasi di rumah anda.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

prediksi anggaran biaya pembangunan rumah tipe 36 ekonomis -

Content Protection by DMCA.com