Tips Menabung DP KPR Rumah Sambil Mengontrak

Biaya menikah dan DP rumah yang mahal menjadi dilema bagi pasangan yang hendak menikah. Jadi simak tips menabung DP KPR rumah sambil mengontrak jika anda tidak ingin tinggal di rumah mertua atau orang tua anda.

Harus diakui bahwa saat ini setiap keluarga dituntut untuk memiliki rumah sendiri apalagi ketika harga sewa atau kontrak rumah yang meningkat dari tahun ke tahun. Jika alokasi pendapatan bulanan anda banyak dipakai untuk membayar sewa kontrakan, lalu kapan menabung untuk DP rumahnya?

Tenang saja, anda tidak sendirian dalam menghadapi masalah dilema nabung DP rumah sambil mengontrak. Yang perlu anda perhatikan adalah kreativitas dan efisiensi dalam pengelolalaan keuangan demi menyisihkan tabungan untuk uang muka rumah.

Tips Menabung DP KPR Rumah Sambil Mengontrak

Awalnya memang berat mengetatkan pengeluaran anda, tetapi pengorbanan anda akan sepadan dengan memiliki rumah pribadi. Jadi bagaimana cara menabung DP untuk KPR rumah sambil mengontrak rumah? Simak tips ulasan dari rumahminimal.com

1. Mulai Dengan Rencana Tabungan Yang Jelas

Rencanakan terlebih dahulu besaran uang tabungan anda untuk mengajukan KPR rumah. Untuk mengajukan KPR anda perlu biaya DP rumah sebesar 30 persen dari harga jual rumah, belum termasuk biaya KPR dan lain-lain. Selain itu tentukan harga rumah yang sesuai dengan kemampuan angsuran bulanan anda.

Misalnya dalam waktu 2 tahun, anda harus punya DP rumah dan biaya lain sebesar Rp.120.000.000. Artinya anda perlu menyisihkan untuk menabung sebesar Rp.5.000.000 per bulan. Uang tabungan jangan lupa didepositokan agar mendapatkan return atau bagi hasil yang sedikit lebih tinggi daripada return tabungan biasa.

2. Pangkas Pengeluaran Rutin

Beberapa pengeluaran rutin yang bisa dipotong antara lain:

  • Berhenti dari anggota kebugaran/gym jadi hemat Rp.250 ribu per bulan.
  • Bekal makanan untuk dikantor jadi hemat Rp.400 ribu per bulan.
  • Berhenti langganan tv kabel jadi hemat Rp.250 ribu per bulan

3. Cari Penghasilan Tambahan

Jika anda ingin menambah penghasilan, maka coba buka usaha sampingan seperti :

  • Buka jasa les private matematika, bahasa inggris, atau bidang keahlian anda.
  • Suka hewan peliharaan? Buka jasa penitipan hewan seperti kucing, ikan hias, maupun hewan peliharaan lainnya.
  • Punya skill menjahit? Buka jasa menjahit pakaian kecil-kecilan.

4. Pindah ke kontrakan murah/kost

Jika anda tidak mampu ngontrak rumah di tengah kota yang mahal, anda bisa beralih ngontrak rumah di gang atau pinggir kota yang lebih murah. Alternatif lain, anda dapat mencari kost yang cocok untuk keluarga kecil anda.

Tidak ada yang tidak mungkin untuk membeli rumah selama kita ulet, tekun berusaha, dan hemat dalam pengeluaran bulanan. Demikian tips menabung DP KPR rumah sambil mengontrak. Selamat menabung demi impian memiliki rumah idaman anda.



Content Protection by DMCA.com