Tips Memilih Karpet untuk Desain Interior Ruang Keluarga

Dalam desain interior, segala detail di dalam rumah sangatlah diperhatikan. Seperti halnya pemilihan karpet, tentu saja pemilik rumah harus memilih karpet yang tepat untuk rumahnya. Misalnya akibat kesalahan kita dalam memilih karpet, maka bisa saja ruangan tersebut terlihat lebih sempit daripada aslinya. Pemilihan karpet yang tepat sangatlah penting. Terlebih untuk desain interior ruang keluarga yang merupakan ruangan sentral pemilik rumah, tentunya pemilihan karpet bukanlah hal yang sepele. Sebab kenyamanan keluarga kita dipertaruhkan di ruangan tersebut. Lalu bagaimana cara memilih karpet untuk ruang keluarga kita? Simak tips berikut!

Karpet untuk desain interior ruang keluarga (Nsebsecharts)

Karpet untuk desain interior ruang keluarga (Nsebsecharts)

3 Tips Memilih Karpet untuk Desain Interior Ruang Keluarga

Ketahui Fungsi Ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam pemilihan karpet adalah mengetahui fungsi ruangan. Jika ruangan digunakan untuk kegiatan yang bukan merupakan aktivitas tinggi, seperti kamar tidur, sebaiknya gunakan karpet yang lembut. Untuk ruang makan yang mungkin rentan kotor, gunakan karpet yang mudah dibersihkan.

Sedangkan untuk desain interior ruang keluarga minimalis, sebaiknya gunakan karpet yang berbulu pendek karena biasa dijadikan tempat berkumpul keluarga dari segala jenis umur. Hendaknya memang kita mengetahui sebuah fungsi ruangan terlebih dahulu agar kita dapat memilih karpet yang tepat untuk ruangan di rumah mungil kita.

Karpet bulu untuk ruang keluarga (Hublivingroomideas)

Karpet bulu untuk ruang keluarga (Hublivingroomideas)

Menentukan Jenis dan Bahan Karpet

Hal selanjutnya yang mesti diperhatikan adalah jenis dan bahan karpet. Untuk ruang keluarga yang kemungkinan besar akan ditempati untuk mobilitas yang tinggi, sebaiknya gunakan karpet jenis berber. Karpet berber memiliki bahan yang kuat, tebal, dan serat permukaannya stabil alias tidak mudah mengkerut. Karena karet ini dibuat dengan simpulan-simpulan yang rumit namun fleksibel, karpet berber ini tidak mudah menampakkan jejak kaki, noda, atau bentukan bekas vacuum cleaner. Selain cocok untuk diletakkan di ruang keluarga, karpet berber juga sepadan jika digunakan untuk ruang bermain anak.

Karpet minimalis ukuran kecil di ruang keluarga  (Ghoofie)

Karpet minimalis ukuran kecil di ruang keluarga (Ghoofie)

Memilih Warna dan Motif Karpet

Dalam pemilihan warna dan motif karpet untuk desain interior ruang keluarga sederhana, sebaiknya Anda memperhatikan seisi ruangan tersebut terlebih dahulu. Jika dalam ruang keluarga Anda sudah terdapat banyak barang yang berwarna-warni ditambah ukuran minimalis yang ada pada ruang keluarga Anda, sebaiknya memilih karpet dengan satu warna yang tidak terlalu cerah. Namun jika ruang keluarga Anda masih terlihat luas dan monoton, Anda dapat menambahkan karpet bermotif warna-warni pada lantainya. Sesuaikan warna dan motif karpet dengan sekeliling ruangan.

Memilih motif karpet untuk ruang keluarga minimalis (Infarrantlycreative)

Memilih motif karpet untuk ruang keluarga minimalis (Infarrantlycreative)

Setelah mengetahui beberapa tips untuk memilih karpet demi keindahan dan kenyamanan desain interior ruang keluarga Anda, semoga Anda dapat terbantu untuk memilih karpet yang tepat. Ingatlah untuk selalu mengutamakan kenyamanan keluarga Anda dalam mendesain interior rumah. Ciptakan lingkungan yang family-friendly agar kelak “home sweet home” menjadi tempat yang paling manis di hati anggota keluarga.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

karpet untuk ruang keluarga -tip memilih karpet ruang keluarga -tips memilih karpet untuk ruang tamu -karpet buat ruang keluarga -warna karpet untuk ruang tv -karpet ruang keluarga -karpet ruang tv -karpet tebal motif -

Content Protection by DMCA.com