Tips Membeli Rumah Untuk Pemula: Bagian 1 Pendanaan

Tiga artikel sebelumnya difokuskan terhadap tips mudah menjual rumah. Kali ini, pembahasan akan difokuskan pada tips membeli rumah untuk yang pertama kali. Ya, jika anda berencana membeli rumah untuk pertama kali dalam hidup anda, anda tentu harus melakukannya secara seksama. Jangan sampai menyesal kemudian, hanya karena anda tidak seksama selektif dalam memilih hunian yang akan ditinggali bersama keluarga tercinta.

Tips membeli rumah (Fotolia)

Tips membeli rumah (Fotolia)

Tips Membeli Rumah: Tahap Persiapan

Faktor yang harus diperhatikan dalam membeli rumah bukan hanya budget semata. Banyak hal lain yang tidak boleh luput dari pertimbangan anda. Nah, berikut adalah beberapa panduan membeli rumah yang mungkin dapat membantu anda mencari hunian yang ideal sesuai kemampuan keuangan anda.

Benahi Kondisi Keuangan Anda

Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan keuangan anda akan mempengaruhi hunian seperti apa yang akan anda beli nantinya. Anda harus memastikan kondisi keuangan anda dalam keadaan stabil sebelum mulai mencari rumah yang diinginkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan:

  • Buat daftar pengeluaran bulanan; jangan mengabaikan pengeluaran yang kecil sekalipun. Jika jumlahnya banyak, maka pengeluaran yang kecil-kecil akan membutuhkan banyak anggaran.
  • Kurangi hutang; pihak bank juga memahami bahwa setiap orang bisa saja memiliki hutang. Namun, anda harus terlihat cukup layak untuk dibiayai oleh bank. Bank tentunya memilih calon nasabah yang resikonya lebih kecil
  • Tambah tabungan; saat membeli rumah, anda tentu harus membayar uang muka (biasanya 20 persen dari harga total asset). Adakalanya, anda juga diharus mengisi saldo awal, biaya pemeriksaan, dan biaya closing
  • Bayar tagihan tepat waktu; anda juga harus membayar tagihan secara konsisten dan tepat waktu. Keterlambatan pembayaran adalah bendera merah bagi pihak bank.

Memang, tidak mudah untuk terlihat layak di mata bank. Namun, jika anda ingin agar rumah anda dibiayai oleh kreditur seperti bank, anda harus melakukan beberapa upaya di atas.

Ajukan Pinjaman

Tahap berikutnya untuk cara membeli rumah melalui pembiayaan adalah mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan atau bank dan menyerahkan informasi tentang kondisi keuangan anda. Mintalah estimasi awal tentang jumlah dana yang bisa anda pinjam. Selanjutnya, pihak bank akan melakukan pemeriksaan secara mendalam tentang kondisi keuangan anda, termasuk mengecek riwayat kredit anda.

Kemudian, pihak bank akan menyerahkan surat pemberitahuan tentang jumlah dana yang bisa anda pinjam, sesuai kondisi keuangan anda saat ini. Sebaiknya, jangan membeli rumah dengan total harga yang sama. Carilah rumah dengan kisaran harga yang masih menyisakan ruang gerak untuk anda, dan dengan tagihan bulanan yang bisa anda jangkau.

Gunakan Agen Real Estate

Sama halnya dengan cara mudah menjual rumah,  cara mudah membeli rumah juga dilakukan melalui transaksi lelang secara resmi. Menyewa seorang agen real estate memang bukan suatu keharusan. Namun, jika anda membeli rumah pertama kali dan tidak mengetahui banyak hal tentang proses lelang, maka seorang agen akan dapat membantu anda. Agen real estate akan membantu mengkoordinasikan hal-hal terkait serta memandu anda menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Sekali lagi, lakukan seleksi agen secara seksama. Anda bisa mewawancarai beberapa orang calon yang memiliki reputasi baik. Jadi, sebelum tekan kontrak, pastikan agen yang anda pilih dapat bekerja sama dengan anda dan memahami kebutuhan serta kemampuan anda.

Itulah beberapa tips membeli rumah bagi pemula yang perlu anda perhatikan. Tiga tips di atas masih pada tahap persiapan. Anda belum masuk ke pasar lelang dan menyeleksi rumah yang akan dipilih. Ikuti terus pembahasan selanjutnya tentang tips aman membeli rumah bagi anda yang belum berpengalaman pada artikel selanjutnya.


Content Protection by DMCA.com