9 Tips Membeli Rumah Bebas Banjir

Cuaca hujan ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini di Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Surabaya membuat penduduk merasa was-was terhadap kemungkinan banjir yang akan terjadi di pemukiman mereka. Nah, bagi anda yang hendak membeli rumah baru atau second, simak tips membeli rumah bebas banjir agar hunian anda aman dari genangan air di musim hujan.

Kurangnya daerah resapan air, tata kota yang buruk, pendangkalan sungai, dan buruknya sistem drainase dituding menjadi penyebab banjir di beberapa kota di Indonesia.

Bencana banjir membuat calon pembeli rumah baru maupun bekas khawatir kelak rumah yang akan dibelinya menjadi langganan banjir. Untuk menghindari masalah tersebut, perhatikan tips mencari atau membeli rumah bebas banjir.

Tips Membeli Rumah Bebas Banjir

Tips Membeli Rumah Bebas Banjir (Gambar fotolia)

Panduan Beli Rumah Bebas Banjir

Berikut cara membeli rumah bebas banjir agar tidak salah pilih:

  1. Kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi tentang lokasi perumahan yang anda minati. Sumber informasi bisa berasal dari keluarga, teman, media massa, dan internet. Di musim hujan, luangkan waktu untuk mengamati berita TV dan koran tentang lokasi-lokasi mana saja yang sedang tergenang banjir.
  2. Survei langsung ke lokasi rumah yang anda ingin beli. Coba perhatikan apakah rumah tersebut dekat dengan sungai besar atau tidak. Bagaimanapun posisi rumah yang dekat sungai sangat rentan terkena genangan banjir jika sungai meluap.
  3. Perhatikan elevasi kontur lokasi rumah apakah posisinya lebih tinggi atau lebih rendah daripada area sekitarnya. Jika posisinya lebih tinggi berarti rumah tersebut relatif aman dari banjir. Namun jika rumah anda posisinya dibawah daripada lingkungan sekitar, maka potensi banjir dapat terjadi pada hunian anda.
  4. Ajaklah mengobrol dengan warga komplek, tanyakan pernahkan komplek tersebut tergenang banjir, seberapa parah, dan apakah rutin terjadi setiap tahun di musim hujan atau tidak.
  5. Amati kondisi saluran drainasenya dengan baik. Kondisi drainase yang buruk berkontribusi terhadap kemungkinan potensi banjir pada hunian anda.
  6. Coba amati apakah perumahan anda memiliki area resapan air atau tidak. Komplek perumahan yang memiliki area resapan air memberikan nilai plus dalam mengurangi potensi banjir dan supply air bawah tanah.
  7. Belilah rumah dengan posisi diatas jalan. Jangan membeli rumah di bawah jalan.
  8. Jika membeli rumah yang dibangun oleh developer, sebaiknya mencari cluster yang konsep saluran drainasenya sudah tertutup. Hindarilah cluster yang gorong-gorong depan rumahnya masih ternganga. Selain untuk tujuan estetika, selokan tertutup dapat mencegah sampah masuk baik sengaja maupun tidak.
  9. Bagaimana manajemen sampah di lingkungan perumahan tersebut dan sekitarnya. Tersumbatnya sistem drainase yang buruk dapat menyebabkan luapan air yang dapat menggenangi lokasi komplek perumahan anda.

Baca juga desain rumah minimalis berikut:

Demikian 9 tips membeli rumah bebas banjir, semoga bermanfaat bagi pembaca. Mudah-mudahan anda segera mendapatkan hunian idaman bebas banjir yang anda harapkan.


Content Protection by DMCA.com