Tips Desain Interior Kamar Mandi Bernuansa Klasik

Di tengah dominasi desain bertema modern-kontemporer, masih banyak orang yang menggandrungi tema-tema lama bertajuk “klasik”, “tradisional”, “vintage”, dan sejenisnya meski hanya pada salah satu ruangan di dalam hunian mereka. Misalnya adalah kamar mandi. Lalu, bagaimana memadukan tema-tema lama ini pada desain interior kamar mandi anda? Jika anda adalah salah satu peminat desain bertema kuno ini, maka ada beberapa elemen yang perlu diterapkan.

Desain interior kamar mandi klasik (Fotolia)

Desain interior kamar mandi klasik (Fotolia)

Tidak perlu berlebihan, dan tidak perlu pula membuat desain kamar mandi yang benar-benar membuatnya tampak kuno. Yang paling penting adalah suasana yang tercipta di kamar mandi akan membawa anda pada nuansa yang hangat dan nyaman. Anda bisa memilih beberapa elemen bertema klasik saja untuk diaplikasikan di dalam kamar mandi.

Tips Desain Interior Kamar Mandi Klasik

Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda aplikasikan di dalam kamar mandi untuk menciptakan nuasa interior kamar mandi klasik di rumah anda:

Bermain dengan Tekstur

Tekstur akan menambahkan nuansa eksotis pada interior kamar mandi anda. Misalnya, untuk menciptakan nuansa tradisional, anda bisa menggunakan furnitur kamar mandi yang terbuat dari kayu-kayu tua, seperti walnut dengan pola yang dipertahankan secara alami untuk cabinet atau frame kaca cermin. Atau, anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan granit untuk area basah, seperti wastafel, bath tub, atau bahkan lantai dan dinding kamar mandi.

Paduan tekstur untuk menciptakan nuansa klasik di kamar mandi (Fotolia)

Paduan tekstur untuk menciptakan nuansa klasik di kamar mandi (Fotolia)

Pada gambar di atas, pemilik menggunakan granit dengan tekstur kasar (terlihat kasar) pada lantai dan dinding kamar mandi serta bagian bawah wastafel untuk menciptakan nuansa klasik tanpa membuat kamar mandi terlihat penuh. Pilihan simple seperti ini cocok diaplikasikan pada kamar mandi kecil.

Lantai Kamar Mandi Bertema Catur

Jika anda tidak menyukai nuansa klasik yang berlebihan, anda bisa memilih elemen-elemen tertentu yang menciptakan nuansa nostalgia namun tetap mempertahankan sisi modern. Misalnya adalah penggunaan les dinding atau keramik lantai yang memancarkan nuansa vintage. Salah satu pola keramik yang paling kental dengan nuansa masa lalu adalah pola catur. Anda bisa memilih pola catur coklat atau hitam dan memadukannya dengan putih atau krem.

Lantai bertema catur menciptakan nuansa klasik di kamar mandi (Fotolia)

Lantai bertema catur menciptakan nuansa klasik di kamar mandi (Fotolia)

Untuk mempertahankan nuansa modern, pastikan anda hanya menggunakan dua warna (two-tone) sehingga tercipta nuansa monokrom yang sedang digemari di era modern ini.

Aplikasikan Tema Melengkung

Jika desain modern ditandai dengan pola yang tegas, seperti lurus, segi empat, atau segi tiga, maka anda bisa memadukannya dengan pola melengkung untuk menciptakan desain kamar mandi vintage. Misalnya, pilih kaca cermin dengan frame bulat yang dihiasi ukiran untuk melambangkan kemegahan era kerajaan di masa lalu. Anda juga bisa memilih wastafel dengan model kaki melengkung  dan unik yang akan membawa anda pada nostalgia kejayaan Perancis di masa lalu.

Elemen melengkung mencerminkan nuansa klasik di kamar mandi (Fotolia)

Elemen melengkung mencerminkan nuansa klasik di kamar mandi (Fotolia)

Gunakan Aksesoris “Klasik”

Bathtub model melengkung  atau model oval dan berdiri sendiri (freestanding) adalah contoh elemen berikutnya yang bisa anda terapkan di kamar mandi. Pilih bath tub berwarna putih atau broken white dan letakkan di salah satu sudut kamar mandi secara terpisah. Padukan dengan keran model Victorian berwarna silver.

Interior kamar mandi dengan aksesoris klasik (Fotolia)

Interior kamar mandi dengan aksesoris klasik (Fotolia)

Elemen lain yang melambangkan nuansa klasik pada desain interior kamar mandi adalah wastafel model memanjang. Model seperti ini digunakan di era kejayaan negara-negara Eropa di masa lalu. Pilih wastafel model mengapung atau wastafel dengan kaki melengkung, tergantung ruang yang tersedia di kamar mandi anda. Jika kamar mandi anda berukuran kecil, letakkan cermin menghadap ke jendela untuk memberikan nuansa terang dan lapang.

Semoga beberapa tips desain interior kamar mandi klasik di atas dapat menjadi inspirasi untuk anda yang ingin membawa nuansa kemegahan di masa lalu ke salah satu area privat di rumah anda. Selamat mencoba


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

desain kamar mandi catur -desain klasik kamar mandi -Interior Kamar Mandi dengan Nuansa Klasik -lantai kamar mandi klasik -

Content Protection by DMCA.com