Tips Desain Interior Dapur Minimalis dengan Kitchen Island

Ada yang berpendapat bahwa desain ruang dapur dengan kitchen island alias model pulau hanya dianjurkan untuk dapur yang ukurannya cukup luas dan memiliki model kubus. Memang, itu adalah kriteria ideal untuk desain interior dapur minimalis yang proporsional. Namun, tetap ada ruang untuk berkreasi bukan? Jadi, kitchen island bukan hanya ‘hak’ pemilik rumah dengan dapur yang berukuran luas.

Desain interior dapur minimalis dengan kitchen island - Freshome

Desain interior dapur minimalis dengan kitchen island – Freshome

Tips Menggunakan Kitchen Island pada Desain Interior Dapur Minimalis

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memadukan kitchen island pada desain interior dapur kecil mungil minimalis.

Sesuaikan dengan model dapur

Ya, kalau dapur anda model persegi, urusan layout dapur pasti lebih mudah. Namun, anda tetap bisa memadukan kitchen island pada dapur dengan layout yang berbeda. Caranya adalah dengan menyesuaikan model meja yang akan digunakan sebagai island sesuai ruang yang tersedia. Misalnya, seperti terlihat pada contoh dapur minimalis model double line berikut, sebuah meja kayu model memanjang cukup untuk menciptakan island tanpa mengganggu mobilitas anda di dapur.

Dapur double line dengan kitchen island - Freshome

Dapur double line dengan kitchen island – Freshome

Gunakan kitchen island multi-fungsi

Artinya, jangan menggunakan kitchen island hanya sebagai meja saja. Anda bisa memilih meja dengan model multi-fungsi, atau memesannya secara khusus sesuai dengan ruang yang tersedia di dapur. Pada contoh berikut, posisi dapur yang berada di bawah tangga dengan ruang terbatas tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan island. Caranya adalah dengan menggunakannya untuk dua fungsi sekaligus, yakni untuk meletakkan sink atau bak cuci, sekaligus untuk breakfast corner.

Interior dapur bawah tangga dengan kitchen island - Homestratosphere

Interior dapur bawah tangga dengan kitchen island – Homestratosphere

Gunakan furniture model minimalis

Ya, apapun model dapurnya, dapur minimalis selalu dihiasi furniture bernuansa minimalis juga. Seperti pada gambar desain interior dapur minimalis sederhana berikut, nuansa modern-kontemporer terpapar jelas dengan pemilihan kitchen cabinet minimalis berwarna senada dengan dinding dan lantai dapur.

Uniknya, kitchen island dibentuk dengan memasang meja model mengapung yang digunakan sebagai meja sarapan. Meja ini dirancang sebagai satu set dengan rak gantung (floating shelves) berwarna orange terang untuk memberikan sentuhan warna, sehingga nuansa dapur tetap terasa hidup dan energik.

Interior dapur minimalis modern dengan kitchen island - Freshome

Interior dapur minimalis modern dengan kitchen island – Freshome

Gunakan kitchen island mobile

Ya, dapur yang berukuran kecil mengharuskan anda untuk kreatif dalam memilih apa saja yang akan ditempatkan di dalamnya, termasuk kitchen island. Furniture model unik, seperti meja model kereta pada gambar di bawah ini cocok untuk dapur modern minimalis. Karena dirancang dengan roda, sekaligus rak untuk menyimpan keperluan masak, meja ini mudah dipindahkan sesuai kebutuhan anda selama berada di dapur.

Kitchen island model kereta dorong - Freshome

Kitchen island model kereta dorong – Freshome

Beberapa tips desain interior dapur minimalis di atas dapat membantu anda untuk menggunakan kitchen island. Ya, kitchen island bermanfaat sebagai ruang penyimpanan tambahan di dapur kecil, asalkan dirancang dengan tepat. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai media dekorasi, misalnya, dengan meletakkan pot tanaman hias di atasnya atau merancangnya sebagai rak pajang yang cantik.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

desain interior dapur -dapur dengan kitchen island -desain nterior dapur -

Content Protection by DMCA.com