Tips Dekorasi Interior Rumah dengan Cermin Hias

Cermin bersifat memantulkan cahaya. Tidak heran jika cermin merupakan salah satu elemen dekorasi yang direkomendasikan di setiap tips dekorasi interior rumah berukuran kecil. Pasalnya, pantulan cahaya akan membuat suasana ruangan lebih terang dan lebih lega. Cermin bisa diletakkan di hampir seluruh ruangan, mulai dari ruang keluarga hingga kamar mandi. Cermin juga  menghadirkan kehangatan dan menambah daya tarik sebuah ruangan.

Tips Dekorasi Interior Rumah dengan Cermin Hias (Goocake)

Tips Dekorasi Interior Rumah dengan Cermin Hias (Goocake)

Meski cermin merupakan solusi serba guna untuk berbagai masalah dalam desain interior ruangan, bukan berarti anda bisa sembarangan memilih model dan ukuran cermin. Salah satu tips dekorasi interior rumah yang tidak bisa diabaikan adalah memilih cermin dengan ukuran, bentuk, dan style yang sesuai. Terkadang, proses pemilihan ini tidak semudah yang dibayangkan.

Tips Dekorasi Interior Rumah dengan Memilih Cermin Yang Tepat

Berikut adalah beberapa tips desain interior yang bisa anda terapkan untuk memilih cermin dekoratif di ruangan yang berukuran kecil:

Pilih Cermin dengan Ukuran Yang Sesuai

Ketika anda memilih elemen dekorasi untuk dinding, ukuran adalah salah satu hal yang sangat penting. Jadi, coba tanyakan dua hal berikut:

“Di mana saya menggantung cermin?”

“Berapa ukuran dindingnya?”

Dekorasi interior ruang tamu dengan kaca besar (Highwayswest)

Dekorasi interior ruang tamu dengan kaca besar (Highwayswest)

Jika anda menggantung sebuah cermin di atas sofa, maka ukuran maksimal cermin yang bisa anda gantung adalah sepanjang sofa (dengan asumsi bahwa tidak ada benda dekorasi lain yang anda gantung bersama cermin). Jika panjangnya sama, berarti cermin akan menjadi focal point atau titik tumpu di dalam ruangan. namun, jika anda hanya sekedar ingin menghadirkan nuansa terang tanpa menjadikannya pusat perhatian, maka pilihlah cermin dengan ukuran yang lebih kecil, misalnya tiga perempat dari panjang sofa.

Bermain dengan Bentuk

Dengan banyaknya pilihan model cermin yang tersedia, tidak mudah mencari satu cermin yang benar-benar sempurna. Jika ingin menghadirkan nuansa segar di dalam ruangan, maka carilah cermin yang modelnya tidak tradisional. Jika ingin mengubah nuansa ruangan secara total, jangan memilih cermin yang berukuran kecil. Sebaliknya, pilihlah cermin berukuran besar dengan bentuk yang dominan.

Ruang keluarga kontemporer dengan cermin dekoratif (Houzz)

Ruang keluarga kontemporer dengan cermin dekoratif (Houzz)

Dinding yang tidak memilih detil arsitektur adalah pilihan yang sempurna untuk menggantung cermin. Namun, untuk menambah daya tariknya, pilihlah cermin berbentuk klasik dan segi empat. Sekali lagi, pilihlah cermin dengan ukuran yang tidak melebihi benda di bawahnya. Jika perabotan di dalam ruangan didominasi bentuk garis lurus, kotak, dan minimalis, anda bisa ‘memecah’ kekakuan dengan memilih cermin berbentuk bulat atau oval.

Jangan Mengabaikan Style Anda

Tips dekorasi interior rumah berikutnya adalah memilih cermin yang sesuai dengan style anda. Dekorasi dinding berupa cermin harus bisa menyatu dengan lingkungan sekitarnya, sehingga nilainya menjadi lebih. Misalnya, untuk sebuah ruangan bernuansa modern atau minimalis, pilihlah cermin berbentuk persegi panjang dengan bingkai kecil, untuk menghadirkan nuansa ruangan yang lebih luas. Kaca dengan aksen minim akan lebih mudah menyatu dengan lingkungan sekitarnya.

Ruang tamu dengan cermin hias unik (Myposhomedia)

Ruang tamu dengan cermin hias unik (Myposhomedia)

Sebaliknya, sebuah cermin berbentuk lingkaran dengan bingkai hitam akan dapat mengubah nuansa sebuah ruangan elektik. Atau, jika anda ingin menerapkan desain interior kontemporer, maka pilihlah cermin berbentuk tiga dimensi. Apapun bentuknya, cermin hias semacam ini akan melengkapi nuansa kontemporer yang anda ciptakan di dalam ruangan.

Selain tiga aspek di atas, tips dekorasi interior rumah dengan cermin hias juga harus memperhatikan permukaan dinding di mana cermin akan digantung. Khususnya jika cermin berukuran besar, anda harus memastikan kalau cermin tergantung dengan stabil dan kacanya tidak pecah. Mungkin, anda membutuhkan bantuan seorang profesional untuk melakukan pekerjaan ini


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

memilih kaca cermin u rumah minimalis -dekorasi interior skesel dari kaca cermin modern -dekorasi rumah dengan cermin hias -model cermin hias untuk teras -model cermin untuk dekorasi rumah -

Content Protection by DMCA.com