Rumah Sederhana 2 Lantai Yang Sehat Dengan Inner Court

Rumah sederhana 2 lantai biasanya dibangun di tanah dengan luas yang terbatas. Pembangunan 2 lantai semata-mata ditujukan untuk bisa mengakomodir kebutuhan ruangan yang banyak. Namun seringkali, dalam pembangunannya, rumah ini dibangun dengan menghabiskan seluruh luas tanah hanya untuk kebutuhan ruangan. Alhasil, rumah justru terlihat sumpek dan tidak memiliki bukaan udara dan cahaya. Rumah seperti ini pastinya tidak akan sehat bagi orang yang menempatinya.

Rumah sederhana 2 lantai

Rumah sederhana 2 lantai (Mostic)

Fungsi Inner Court Untuk Rumah Sederhana 2 Lantai

Apakah Anda pernah mendengar kata inner court? Jika masih terasa asing di telinga Anda, ini dia pengertiannya. Inner court adalah suatu ruangan yang terbuka namun terletak di dalam rumah. Inner court biasanya berupa taman yang dilengkapi dengan tanaman hias bahkan ada yang menambahkan kolam. Inner court bukan hadir hanya sebagai hiasan dalam rumah. Sebenarnya inner court memiliki fungsinya sendiri yang untuk orang awam, jarang dimengerti.

Fungsi inner court adalah sebagai bukaan udara dan cahaya bagi rumah yang terbatas lahannya. Hal ini memungkinkan sirkulasi cahaya dan udara yang baik bagi ruangan-ruangan dalam rumah yang tadinya tidak mendapatkan sinar matahari dan udara luar yang cukup. Fungsi ini mampu menjadikan rumah sempit tetap sehat.

Inner court berfungsi sebagai bukaan udara dan cahaya

Inner court berfungsi sebagai bukaan udara dan cahaya (Tim Payne – Pinterest)

Selain itu fungsi inner court juga membantu pemilik rumah untuk melakukan penghematan terhadap energi. Inner court mampu mengalirkan udara sejuk dari luar keseluruh ruangan dalam rumah sehingga ruangan tidak membutuhkan AC yang pastinya akan menelan biaya bulanan yang tidak sedikit. Inner court juga mampu mengalirkan cahaya matahari yang cukup ke seluruh ruangan dalam rumah sehingga tidak lampu yang hidup di siang hari. Fungsi inner court yang lain adalah untuk tempat berkumpul dan bersantainya keluarga.

Menilik kepada fungsi-fungsi tersebut, maka inner court bisa menjadi solusi sehat untuk rumah sederhana dengan 2 lantai. Karena rumah 2 lantai cenderung memiliki ruangan-ruangan yang tidak sehat, seperti ruangan yang berada di lantai 1 yang nyaris sulit untuk mendapatkan cahaya dan udara terbuka.

Rumah Sederhana 2 Lantai Dengan Inner Court Minimalist

Rumah Sederhana 2 Lantai Dengan Inner Court Minimalist (Canacasa)

Sketsa Rumah Sederhana 2 Lantai Dengan Inner Court

Sketsa rumah sederhana 2 lantai yang memiliki inner court di dalamnya bisa dirancang dengan meletakkannya pas di tengah-tengah rumah. Jika rumah Anda memiliki ruang tamu dan dapur di lantai 1, Anda bisa meletakkan inner court tersebut sebagai pemisah antara kedua ruangan tersebut. Sehingga ruangan dapur yang semula tidak mendapatkan cahaya dan udara luar, sekarang cahaya dan udara bisa bersikulasi dengan baik pada ruangan tersebut.

Contoh denah Rumah sederhana dengan inner court

Contoh denah Rumah sederhana dengan inner court (Mlansp)

Rumah sederhana 2 lantai yang memanfaatkan inner court sebagai solusi ruangan yang sumpek menjadi pemecahan masalah yang mulai dilirik oleh mereka yang ingin membangun rumah dengan lahan terbatas. Selain itu nilai estetis rumah juga bertambah dengan adanya innercourt.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah sederhana 2 lantai -Type rumah Court houses -desain rumah sehat 2 lantai -gambar desain rumah kecil tapi elit dan bagus dalamnya -sketsa rumah kecil lantai dua sederhana -inner court -denah rumah sehat -inner court minimalis -

Content Protection by DMCA.com