Rumah Panggung Minimalis Untuk Hunian Asri dan Alami

Seiring dengan semakin maraknya gaya hidup back to nature alias kembali ke alam, pada bidang arsitektur minat masyarakat pun semakin banyak yang condong untuk membangun hunian dengan kesan alami. Hal ini terutama bila rumah tersebut berada di tengah kota yang padat, macet, dan panas. Rumah yang sejuk dan asri tampaknya memang menjadi dambaan. Untuk mewujudkan impian tersebut Anda dapat membangun rumah panggung minimalis menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu dan papan sebagaimana rumah-rumah di daerah pedesaan.

Desain rumah panggung minimalis - Rumahkayumurah

Desain rumah panggung minimalis – Rumahkayumurah

Rumah Panggung Minimalis: Inspirasi Dari Rumah Tradisional

Pemilihan konsep desain rumah panggung minimalis pada hunian modern sebenarnya terinspirasi dari rumah tradisional Melayu yang sering disebut pula rumah panggung. Pemilihan bahan kayu dan papan yang mendominasi rumah ini akan membuat suhu rumah terutama di siang hari menjadi lebih sejuk. Hal ini dikarenakan sirkulasi udara yang mengalir lancar bukan hanya dari ventilasi-ventilasi rumah melainkan keluar masuknya udara dari celah-celah kayu.

Model rumah panggung minimalis yang nyaman - Desainrumah

Model rumah panggung minimalis yang nyaman – Desainrumah

Model rumah panggung minimalis yang dibangun secara modern sengaja tetap mempertahankan bentuk desain tradisionalnya walaupun mempunyai tujuan yang berbeda. Bila rumah panggung tradisional sengaja dibangun dengan kaki-kaki penyangga sehingga jauh dari permukaan tanah untuk mengantisipasi kondisi banjir, rumah panggung modern lebih mengutamakan hal ini sebagai unsur estetika dan keunikan. Letak rumah dengan ketinggian tertentu dari permukaan tanah ini juga lebih tahan dari guncangan gempa karena bahan utamanya, yaitu kayu, yang lebih elastis daripada rumah batu.

Rumah panggung minimalis bernuansa asri dan alami - Rumah-minimalis

Rumah panggung minimalis bernuansa asri dan alami – Rumah-minimalis

Rumah Panggung Minimalis Untuk Wilayah Perkotaan

Konsep rumah dengan rancangan rumah panggung modern minimalis sangat cocok dibangun di daerah perkotaan yang lahan huniannya semakin lama semakin sempit. Bentuk rumah panggung akan memberikan tampilan lebih luas pada halaman atau kebun. Anda bahkan dapat memanfaatkan bagian kolong rumah sebagai tempat bermain anak atau menyalurkan hobi berkebun Anda dengan menghiasinya dengan pot-pot bunga yang cantik.

Agar konsep menyatu dengan alam semakin kental terlihat pada hunian Anda, jangan lupa untuk membangun taman dengan ukuran yang sepadan dengan lahan dan rumah Anda. Sebuah kolam kecil yang cantik dengan air mancur juga dapat menjadi tambahan bagi rumah unik Anda ini. Suara gemericik air dari kolam tersebut tentu akan semakin mengentalkan suasana alami yang asri pada hunian Anda.

Konsep rumah panggung modern di perkotaan - Rumahtop

Konsep rumah panggung modern di perkotaan – Rumahtop

Untuk interior rumah sebaiknyanya juga disesuaikan dengan konsep rumah panggung minimalis yang menjadi pilihan Anda. Jadi lupakan sofa-sofa warna-warni yang banyak menghabiskan ruangan, melainkan pilihlah kursi dan meja kayu cantik yang ideal untuk menjadi bagian dari interior rumah Anda. Jangan lupakan untuk melakukan perawatan rumah sebagaimana yang direkomendasikan oleh arsitek rumah Anda, karena bahan kayu memerlukan perawatan khusus agar tak cepat lapuk. Semoga bermanfaat!


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah panggung -model rumah panggung -rumah panggung minimalis -desain rumah panggung -gambar rumah panggung -rumah panggung sederhana -rumah panggung modern -rumah panggung sunda -

Content Protection by DMCA.com