Rumah Minimalis 2 Lantai Serba Guna dengan Rooftop

Salah satu cara yang  sering diterapkan untuk menyiasati keterbatasan lahan untuk membangun hunian adalah memilih rumah dengan konsep rumah minimalis 2 lantai. Lantai 2 berguna untuk mengakomodasi kebutuhan anggota keluarga akan ruangan-ruangan pribadi jika ruangan pada lantai 1 tidak cukup untuk semua penghuni rumah.

model rumah minimalis 2 lantai dengan atap datar untuk decking

model rumah minimalis 2 lantai dengan atap datar untuk decking (Housedesignerbuilder.weebly)

Pondasi yang digunakan untuk membangun rumah lantai 1 dan lantai 2 memang berbeda dan tentu akan dibutuhkan biaya yang lebih besar untuk membangun rumah bertingkat. Tetapi tentu seluruh anggota keluarga dapat tinggal lebih nyaman dan lebih leluasa dalam melakukan aktifitasnya.

Rancangan Rumah Minimalis 2 Lantai

Terbatasnya lahan memang membuat arsitek harus lebih kreatif dalam menentukan desain rumah minimalis 2 lantai. Secara umum peruntukan untuk lantai 1 adalah ruangan-ruangan yang mudah diakses seperti  ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Dan ruangan-ruangan untuk lantai 2 biasanya digunakan untuk kamar-kamar tidur anggota keluarga, misalnya kamar anak-anak.

Rancangan atap rumah minimalis 2 lantai sebagai area santai

Rancangan atap rumah minimalis 2 lantai sebagai area santai (Imactoy)

Sebuah kamar tidur utama juga bisa ditempatkan di lantai 1 bila Anda tidak terlalu suka naik turun tangga. Bila memungkinkan Anda dapat membangun balkon mungil pada bagian depan yang dapat dimanfaatkan untuk tempat bersantai dengan menambahkan sepasang kursi dan meja mungil. Tetapi bila balkon hendak difungsikan sebagai jemuran, sebaiknya jangan ditempatkan pada bagian depan rumah.

Inspirasi Rancangan Rumah Minimalis 2 Lantai

Satu inspirasi lagi untuk model rumah minimalis 2 lantai adalah membuat rancangan atap yang unik dan berbeda untuk membuat tampilan rumah semakin elegan. Desain atap yang dapat Anda terapkan adalah bentuk atap datar dengan warna-warna cerah yang cantik atau bahkan warna yang kontras dengan warna dominan dinding rumah. Selain akan menambah unsur estetika, Anda dapat memanfaatkan bagian atap ini sebagai tempat bersantai menikmati pemandangan langit di malam hari, pesta barbeque, hingga tempat menjemur pakaian.

Contoh pemanfaatan atap rumah minimalis 2 lantai

Contoh pemanfaatan atap rumah minimalis 2 lantai (Decoist)

Tetapi ingat untuk benar-benar berkonsultasi dengan ahlinya untuk menerapkan model bangunan ini pada rumah Anda karena bentuk atap yang datar akan mempersulit air hujan untuk tercurah langsung ke tanah sehingga lebih mudah untuk lapuk. Bangunan dengan jenis atap datar ini juga membutuhkan pemeliharaan khusus agar tidak mudah rusak dan kusam.

Sebagai  bentuk estetika selain menonjolkan bagian eksterior, Anda juga dapat menerapkan sketsa rumah minimalis 2 lantai dengan interior yang istimewa. Bagian-bagian yang meliputi interior atau bagian dalam adalah, cat dinding yang menarik, pemilihan furniture yang ideal, tangga dengan desain yang unik, juga pemilihan dekorasi rumah yang sesuai.

Atap rumah minimalis 2 lantai dimanfaatkan sebagai area bermain anak

Atap rumah minimalis 2 lantai dimanfaatkan sebagai area bermain anak (Izismile)

Jika semua unsur ini terpenuhi, walaupun konsep rumah Anda dibangun di atas lahan sempit tetapi akan tetap tampak elegan. Demikianlah inspirasi untuk rancangan rumah minimalis 2 lantai yang dapat diterapkan pada hunian Anda. Semoga bermanfaat!


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

desain tempat jemuran lantai 2 -gambar rooftop -desain rumah rooftop -rumah minimalis 2 tingkat -tempat jemuran di lantai 2 -desain rooftop minimalis -rooftop minimalis -rooftop rumah -

Content Protection by DMCA.com