Rumah Idaman Minimalis: Hemat Energi dengan Awning Window

Di tengah isu global warming yang semakin mengkhawatirkan dalam dekade belakangan, berbagai upaya dilakukan untuk menemukan alternatif  yang lebih ramah lingkungan, termasuk pada hunian. Nah, jika anda sedang merencanakan rumah idaman minimalis 1 maupun 2 lantai, tidak ada salahnya anda menggunakan elemen-elemen yang ramah lingkungan dan hemat energi pada hunian anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan jendela model awning.

Rumah idaman minimalis 2 lantai dengan awning windows Mustwatchhomeideas

Rumah idaman minimalis 2 lantai dengan awning windows Mustwatchhomeideas

Kelebihan Awning Windows untuk Rumah Idaman Minimalis

Awning windows atau jendela model buka tutup yang bisa dibuka dari arah atas maupun bawah. Jendela ini biasanya model panel segi empat sederhana, namun bisa diletakkan dalam berbagai posisi, sesuai kebutuhan dan keinginan. Jendela ini memiliki banyak kelebihan untuk diterapkan pada rumah idaman minimalis 1 lantai maupun 2 lantai. Jendela ini ramah lingkungan karena dapat membantu sirkulasi udara dan cahaya dari dalam maupun keluar rumah. Dengan demikian, penggunaan listrik di siang hari dapat diminimalisir, demikian juga penggunakan air conditioner.

Awning windows untuk dapur - Ambranews

Awning windows untuk dapur – Ambranews

Kelebihan lainnya adalah desain jendela model awning serasi untuk rumah berkonsep minimalis. Jendela ini umumnya model panel segi empat; seperti diketahui, desain geometri sederhana adalah ciri khas rumah minimalis modern. Kemudian, jendela model ini dapat ditempatkan sebagai jendela luar maupun jendela antar ruangan di dalam rumah, bisa diatur dengan formasi yang diinginkan, dan fleksibel dalam hal penempatan.

Desain Awning Windows untuk Rumah Idaman Minimalis

Seperti terlihat pada gambar rumah idaman minimalis 2 lantai di bawah ini, jendela awning dapat diletakkan sesuai keinginan dan kebutuhan. Seperti pada contoh, jendela awning dipasangkan dengan fixed windows dengan panel kaca besar untuk memberikan sirkulasi cahaya maksimal ke dalam ruang keluarga. Sementara itu, sirkulasi udara dibantu dengan adanya awning windows yang terletak di bagian bawah.

Awning windows dengan posisi di bawah - Houzz

Awning windows dengan posisi di bawah – Houzz

Awning windows bisa juga diatur dengan susunan tertentu. Seperti pada contoh rumah idaman minimalis modern di bawah ini, beberapa awning windows diatur berjejer 2 baris secara vertikal, sehingga terlihat mirip jendela nako konvensional. Hanya saja, karena ukurannya lebih besar, tampilannya memberikan keunikan tersendiri. Anda juga bisa menyusunnya secara horizontal jika dinding luar rumah berbentuk memanjang, sehingga tampak proporsional dengan bentuk ruangan.

Awning windows dengan susunan vertikal - Feier

Awning windows dengan susunan vertikal – Feier

Selanjutnya, awning windows juga kerap digunakan untuk ruangan-ruangan yang membutuhkan privasi tinggi atau keamanan lebih, seperti kamar tidur dan ruang kerja. Pada contoh berikut, awning windows model vertikal diletakkan di atas, persis di bawah plafon, untuk membantu sirkulasi udara dan cahaya, namun tidak mengekspos benda-benda atau orang yang ada di dalamnya. Selain ruang kerja dan kamar tidur, jendela awning juga bisa dipasang di gudang penyimpanan atau perpustakaan.

Awning windows untuk ruang kerja -Nitiesonline

Awning windows untuk ruang kerja -Nitiesonline

Dapat disimpulan bahwa awning windows dapat menjadi alternatif yang hemat energi untuk rumah idaman minimalis.  Selain fungsinya, jendela ini juga relatif lebih murah, mudah dalam pemasangan, serta pemeliharaan.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

window minimalis -contoh auning teras minimalis -jendela awning window -jendela nako modern -kelebihan awning window -model DESAIN AUNING rumah -nodel awning rumah -rumah hemat energi dan ramah lingkungan -

Content Protection by DMCA.com