Rumah Hemat Energi Dengan Taman Dalam Rumah Minimalis

Rumah tidak lengkap rasanya tanpa memiliki sebuah taman. Taman menjadi penyejuk dan penyegar bagi sebuah rumah. Taman bisa diletakkan di bagian depan atau bagian belakang dari sebuah rumah. Namun, dengan berkembangnya konsep minimalis pada sebuah rumah, kini telah muncul sebuah ide untuk menghadirkan sebuah taman dalam rumah minimalis tersebut. Taman seperti ini tidak hanya memberikan wajah baru bagi sebuah hunian, namun juga memiliki banyak fungsi lain yang memiliki nilai urgensi yang tinggi. Lalu seperti apa konsep taman di dalam rumah minimalis ini?

taman dalam rumah minimalis dengan rak vertikal

taman dalam rumah minimalis dengan rak vertikal (Carolyn Sorensen – Pinterest)

Taman Dalam Rumah Minimalis Lebih Hemat

Taman sejatinya berada di luar rumah, namun sekarang ada konsep baru dengan memunculkan sebuah taman di dalam rumah. Mengapa harus ada taman di dalam rumah? Apakah hanya sekedar untuk mempercantik tampilan dalam rumah saja? Taman yang diletakkan di dalam rumah memiliki fungsi yang banyak sekali. Fungsi utama taman dalam rumah minimalis seperti ini sebenarnya adalah memberikan bukaan cahaya dan udara bagi ruangan yang ada di dalam rumah yang semula tidak bisa mendapatkan cahaya dan udara yang banyak dari luar.

Rumah minimalis biasanya dibangun dengan alasan keterbatasan lahan yang sempit. Rumah minimalis ini banyak dibuat di komplek perumahan yang biasanya jarak satu rumah dengan rumah yang lain rapat dan menyebabkan minimnya cahaya dan udara yang masuk ke dalam ruangan, apalagi jika lahan telah terpakai semuanya untuk bangunan.

Taman dalam rumat minimalis di salah satu sudut rumah

Taman dalam rumat minimalis di salah satu sudut rumah (Kimberly Lee – Pinterest)

Dengan menghadirkan taman di dalam rumah ini, maka ruangan di dalam rumah yang semula tidak bisa mendapatkan cahaya dan udara luar, kini telah mendapatkannya. Efek samping dari hal ini tentu berdampak positip bagi Anda. Alasannya adalah Anda jadi bisa menghemat budget dalam biaya bulanan karena Anda telah melakukan penghematan energi.

Ruangan di dalam rumah yang memiliki banyak bukaan udara dan cahaya akan sedikit sekali membutuhkan pencahayaan tambahan seperti lampu di siang hari dan juga sirkulasi udara tambahan seperti AC. Hal inilah yang menjadikan rumah Anda hemat energi dan pastinya juga hemat biaya.

Taman indoor minimalis berfungsi menyegarkan ruangan

Taman indoor minimalis berfungsi menyegarkan ruangan (Nancy Wallace – Pinterest)

Fungsi Lain Taman Dalam Rumah Minimalis

Desain taman dalam rumah minimalis juga memiliki fungsi lain, selain penghematan terhadap energi. Beberapa fungsi taman di dalam rumah adalah :

  • Menambah tampilan estetika ruangan di dalam rumah terutama bagi ruangan yang langsung bersinggungan dengan taman.
  • Memberikan kesejukan dan kesegaran bagi ruangan di dalam rumah khususnya bagi ruangan yang berbatasan langsung dengan taman.
  • Tempat dengan konsep baru bagi berkumpulnya sebuah keluarga untuk bersantai menikmati udara luar.
Taman indoor fleksibel dan bisa dipindah

Taman indoor fleksibel dan bisa dipindah (Kirsten Killean – Pinterest)

Taman dalam rumah minimalis bisa diletakkan di mana saja di bagian dalam rumah. Yang paling penting kehadiran taman ini memberikan solusi bagi ruangan di dalam rumah untuk mendapatkan banyak udara dan cahaya yang semula tidak bisa diperoleh. Oleh sebab itu letakkan taman setepat mungkin sesuai fungsi utamanya tersebut.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah hemat energi -rumah tropis hemat energi -taman dlm rumah minimalis -contoh rumah hemat energi -sudut taman -desain perumahan minimalis dengan banyak taman -model rumah hemat listrik -rumah hemat energi listrik -

Content Protection by DMCA.com