Prospek Genteng Aspal untuk Atap Rumah Minimalis

Salah satu bahan favorit untuk atap rumah minimalis adalah genteng, karena lebih baik dalam menahan panas. Di Indonesia sendiri, bahan atap yang paling banyak digunakan adalah genteng tanah, karena bahan dasarnya yang mudah ditemukan di tanah air dan telah digunakan selama puluhan tahun. Namun saat ini, trend lain yang muncul adalah genteng aspal, atau yang dikenal juga dengan nama genteng bitumen.

Atap rumah minimalis dengan genteng aspal - Houzz

Atap rumah minimalis dengan genteng aspal – Houzz

Kelebihan dan Kelemahan Atap Rumah Minimalis Genteng Aspal

Genteng bitumen atau genteng aspal sebenarnya tidak dibuat 100% dari bahan aspal, melainkan dicampur dengan semen, bubur kertas, maupun resin. Kelebihan utamanya adalah lebih ringan dibanding genteng tanah liat (bahkan hingga separuhnya) maupun genteng keramik, sehingga lebih aman dan dapat menghemat kebutuhan kerangka konstruksi tambahan untuk atap rumah minimalis 1 lantai maupun 2 lantai. Campuran bahan lain juga ikut memberikan manfaat lebih, yakni lebih rapay dam resiko kebocoran nyaris tidak ada.

Rumah bergaya craftsman dengan genteng aspal - Houzz

Rumah bergaya craftsman dengan genteng aspal – Houzz

Kelebihan lain dari genteng aspal untuk desain atap rumah minimalis adalah sifatnya yang lebih lentur, dibanding genteng keramik atau tanah yang kaku, sehingga penggunaannya lebih fleksibel, mudah dipasang, dan resiko patah juga lebih kecil. Genteng aspal juga menjadi pilihan di daerah dengan resiko banjir maupun resiko kebakaran yang tinggi. Pasalnya, genteng ini tahan air dan memiliki rating tahan api yang cukup tinggi.

Namun, di antara kelebihan di atas, genteng aspal juga memiliki sejumlah kekurangan. Di Indonesia sendiri, genteng aspal didatangkan dengan impor. Dengan kata lain, harganya relatif tinggi dibanding genteng tanah liat yang diproduksi lokal. Selain itu, genteng aspal tidak murni berbahan alam, jadi tidak termasuk salah satu pilihan untuk model atap rumah minimalis yang ramah lingkungan.

Rumah bergaya country dengan genteng aspal -Opendurham

Rumah bergaya country dengan genteng aspal -Opendurham

Desain Genteng Aspal untuk Atap Rumah Minimalis

Kemudian, genteng aspal untuk bentuk atap rumah minimalis dibuat melalui proses fabrikasi, sehingga warna dan desainnya bervariasi, bisa disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah minimalis anda. Di negara-negara Barat, genteng aspal telah digunakan selama puluhan tahun untuk rumah-rumah bergaya craftsman atau rumah-rumah ranch house. Warna favorit yang digunakan adalah abu-abu muda maupun tua.

Namun saat ini, banyak rumah minimalis modern juga telah menggunakan genteng aspal. Lihat saja pada contoh model atap rumah minimalis 1 lantai berikut. Rumah kaca berdesain kontemporer ini dirancang dengan atap berbahan genteng aspal, dan pilihan warnanya membuatnya menyatu dengan desain rumah secara keseluruhan maupun dengan alam sekitarnya.

Rumah minimalis 1 lantai kontemporer dengan genteng aspal - Houzz

Rumah minimalis 1 lantai kontemporer dengan genteng aspal – Houzz

Pada dasarnya, genteng aspal dapat menjadi alternatif untuk atap rumah minimalis anda. Dengan daya tahan 30 hingga 50 tahun, genteng aspal akan menghemat biaya reparasi maupun penggantian, apalagi genteng ini tidak membutuhkan banyak pemeliharaan. Meski harganya masih relatif mahal di tanah air, dengan biaya pasang yang murah, konstruksi lebih sedikit, dan pemeliharaan yang murah, maka biaya keseluruhannya akan lebih hemat, bukan?


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

genteng aspal -atap aspal -rumah minimalis yang prospek dan bagus -atap rumah dari aspal -bubur kertas campur semen bikin pot bunga -harga genteng aspal -kertas atap genteng abu -menggambar genteng di kertas -

Content Protection by DMCA.com