Plafon Rumah Minimalis Untuk Rumah Mungil Anda

Secara teori plafon, pada hunian kita berfungsi sebagai pelindung, penyangga atap agar lebih kuat, juga sebagai penghubung antara atap dengan dinding rumah. Tetapi saat ini sudah semakin banyak desain rumah dengan bagian plafon yang juga mempunyai fungsi tambahan yaitu sebagai fungsi estetika yang dapat membuat rumah terlihat semakin cantik. Plafon rumah minimalis dapat dirancang dengan cukup unik sehingga dapat mengalihkan perhatian pengunjung dari keterbatasan lahan rumah yang mungil. Saat ini sudah banyak alternatif desain plafon termasuk pilihan bahan yang beragam dan dapat Anda pilih sesuai selera.

desain plafon rumah minimalis

desain plafon rumah minimalis (Rumahidealis)

Rancangan Plafon Rumah Minimalis        

Material pembuat plafon memegang peranan yang tak kalah penting dibandingkan model plafon rumah minimalis apalagi kita tinggal di negara beriklim tropis dengan kondisi cuaca yang sering berganti antara panas terik dengan hujan lebat dan kelembaban udara yang tinggi. Faktor-faktor tersebut dapat menjadi penyebab kerusakan atap atau plafon rumah. Semakin kuat material pembuat plafon yang Anda pilih tentu akan semakin mahal harganya tetapi juga akan awet lebih lama sehingga Anda tak perlu melakukan penggantian atau renovasi dalam waktu lama. Beberapa bahan yang berkualitas bahkan dapat menjaga kestabilan suhu dalam rumah.

Plafon Rumah Minimalis bahan fiber bernuansa ceria

Plafon Rumah Minimalis bahan fiber bernuansa ceria (Rumahidealis)

Pilihan Bahan untuk Plafon Rumah Minimalis

Di pasaran tersedia berbagai jenis bahan baku pembuat plafon termasuk desain plafon rumah minimalis yang direkomendasikan sesuai dengan bahan pembuatnya. Bahan-bahan tersebut adalah gypsum, fiber, dan glass block:

  • Bahan fiber cocok bagi Anda jika Anda menginginkan suhu dalam ruangan rumah tetap sejuk karena bahan ini dapat menyerap panas secara optimal. Harganya tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis gypsum.
  • Tetapi bila pemilihan bahan baku plafon ini berkaitan dengan ketersediaan dana sebaiknya pilihlah bahan gypsum yang harganya lebih murah dengan kelebihan mudah dibentuk. Selain itu bahan gypsum juga memungkinkan untuk menutup sambungan plafon hingga tak terlihat.
  • Berikutnya adalah material plafon yang terbuat dari glass block yang pada umumnya dipadukan dengan atap yang terbuat dari beton.

Desain plafon minimalis dari glass block

Desain plafon minimalis dari glass block (Newdesin)

  • Ada satu lagi bahan yang juga dapat digunakan sebagai pembentuk plafon yaitu asbes. Tetapi bahan ini tak direkomendasikan karena dapat membahayakan kesehatan bila silica yang terkandung dalam asbes terhirup oleh makhluk hidup termasuk manusia.
  • Bila konsep hunian Anda adalah minimalis alami yang menonjolkan unsur alam, rancangan plafon rumah minimalis modern adalah yang terbuat dari kayu olahan yang dipoles dengan cat limpra. Serat-serat kayu yang terlihat pada plafon akan memberikan kesan natural sekaligus eksotis.
Desain plafon kayu untuk rumah minimalis

Desain plafon kayu untuk rumah minimalis (Decoist)

Agar hunian minimalis Anda terlihat modern dengan rancangan plafon rumah minimalis terbaru sebaiknya sesuaikan dengan keseluruhan konsep rumah Anda. Tips yang dapat Anda terapkan adalah mencocokkan warna dasar dinding rumah dengan cat pada plafon. Tak perlu sama persis, tetapi yang penting adalah dengan gradasi yang senada.  Jadi, siap memilih plafon rumah minimalis favorit Anda?


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

desain plafon ruang tamu mungil -model plafon ruang tamu kecil -plafon minimalis -plafon ruang tamu kecil -plafon rumah sederhana -contoh plafon rumah sederhana -plafon rumah minimalis sederhana -plafon rumah minimalis unik -

Content Protection by DMCA.com