4 Pilihan Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern

Pilihan Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern untuk membantu anda yang ingin menata ruang keluarga. Ruang keluarga perlu menjadi perhatian karena merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan di dalam rumah. Jadi, desain ruang keluarga modern harus dirancang sesuai kebutuhan penggunanya, yakni anggota keluarga. Sebelum menentukan desain yang akan diterapkan, ada baiknya anda menilai kebutuhan dan kebiasaan keluarga anda terlebih dahulu. Keluarga yang kerap menghabiskan waktu bersama sambil menonon TV membutuhkan layout ruangan yang berbeda dari keluarga yang biasa memanfaatkan waktu bersama untuk berbincang-bincang.

Desain ruang keluarga modern dengan layout satu titik fokus (Tribelle)

Desain ruang keluarga modern dengan layout satu titik fokus (Tribelle)

Pilihan Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern

Berikut adalah beberapa pilihan layout dan desain ruang keluarga modern yang bisa anda pilih sesuai kebiasaan yang berlaku di keluarga anda:

Fokus Pada Satu Titik

Desain ruang keluarga dengan satu titik fokus (focal point) cocok untuk keluarga yang biasa menghabiskan waktu sambil menyaksikan suatu hal, misalnya menonton TV. Untuk desain seperti ini, anda bisa menyusun sofa atau furniture menghadap ke satu titik, yakni Televisi.

Agar lebih variatif, anda bisa melakukan adaptasi dengan menambahkan karpet, bantal lantai, atau kursi tipe Ottoman, sehingga setiap anggota keluarga bisa memilih untuk duduk di sofa atau duduk di lantai sambil menonton TV. Bantal lantai atau kursi Ottoman juga dapat menjadi pilihan bagi anak anda.

Layout Melingkar

Sofa dengan layout melingkar cocok untuk keluarga yang kerap menghabiskan waktu bersama sambil berbincang-bincang atau keluarga yang kerap menerima tamu. Susun sofa dan kursi dengan pola melingkar sehingga anggota keluarga dapat bercakap-cakap dengan posisi berhadapan. Dengan desain ruang keluarga modern seperti ini, komunikasi antara anggota keluarga menjadi lebih mudah.

Contoh ruang keluarga dengan layout melingkar (Betterdecoratingbible)

Contoh ruang keluarga dengan layout melingkar (Betterdecoratingbible)

Selain itu, anda harus menata ruangan sedemikian rupa sehingga anggota keluarga lain (yang tidak sedang ikut bercakap-cakap) tidak melintas di hadapan anda, melainkan berjalan mengelilingi lingkaran tersebut. Hal ini juga perlu diperhatikan jika anda kerap menerima tamu, karena akan terkesan kurang sopan jika ada anggota keluarga yang melintas saat anda sedang bercakap-cakap dengan tamu.

Layout Yang Ramah Anak

Jika anda memiliki anak yang masih kecil, maka desain ruang keluarga juga harus disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Artinya, anda harus mengalokasikan ruang untuk tempat anak bermain, namun tetap menyediakan ruang yang cukup untuk orang dewasa. Caranya, anda bisa menata kursi dan sofa menghadap ke satu arah dan meletakkan sesuatu sebagai partisi atau pemisah antara ruang duduk dengan ruang bermain anak.

Partisi di sini bisa berupa meja atau kursi panjang. Sediakan ruang yang cukup dengan fasilitas penyimpanan  mainan atau barang-barang kesukaan anak, sehingga ruang keluarga tetap tertata rapi.

Contoh layout ruang keluarga yang ramah anak (Irastar)

Contoh layout ruang keluarga yang ramah anak (Irastar)

Layout Simetris

Desain ruang keluarga modern dengan layout simetris membuat ruangan terkesan formal. Untuk layout simetris, anda harus meletakkan furniture dan benda dekorasi secara seimbang. Misalnya, anda bisa menyusun dua sofa kecil sejajar dan satu sofa panjang di hadapannya, sehingga posisinya seimbang. Jika anda meletakkan elemen dekorasi, seperti lampu di sisi sofa panjang, maka sisi sofa pendek juga harus diisi elemen dekorasi lain, seperti pot bunga. Kuncinya adalah keseimbangan (simetri).

Pada dasarnya, setiap keluarga memiliki kebiasaan tersendiri. Anda harus mempertimbangkan lalu-lintas anggota keluarga. Selain itu, penempatan furniture juga disesuaikan dengan posisi pintu dan bentuk ruangan. Misalnya, jika ruang keluarga cukup kecil dan pintu berada di posisi tengah, maka layout simetris mungkin lebih cocok.

Sebaliknya, layout yang ramah anak hanya bisa diterapkan jika ruang keluarga anda cukup luas, atau berbentuk memanjang, sehingga anda bisa membagi fungsi ruangan menjadi dua. Rumah dengan konsep open-plan juga bisa menggunakan layout seperti ini. Jadi, pemilihan desain ruang keluarga modern harus mengutamakan fungsi ketimbang pola. Demikian 4 Pilihan Layout untuk Desain Ruang Keluarga Modern, baca juga  info desain rumah minimalis lainnya.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

radius kursi melingkar untuk ruang keluarga -

Content Protection by DMCA.com