Pertimbangan dalam Memilih Bentuk Atap Rumah Minimalis

Konstruksi atap rumah merupakan bagian penting yang tidak boleh dibuat asal-asalan. Atap rumah sama halnya pelindung rumah dari panas dan hujan, pastinya harus kuat dan kokoh. Bentuk atap rumah minimalis bervariasi, Anda bisa memilih model atap perisai, atau bentuk atap pelana.

Bentuk atap rumah minimalis sederhana model perisai

Bentuk atap rumah minimalis sederhana model perisai (Houseandland)

Bentuk atap rumah minimalis bisa disesuaikan dengan tipe rumah anda. Misalnya rumah tipe minimalis sederhana menggunakan bentuk atap datar atau bentuk atap standar. Memilih bentuk atap rumah selain disesuaikan dengan tipe rumah juga harus disesuaikan dengan kondisi cuaca di daerah Anda.

Tips Memilih Bentuk Atap Rumah Minimalis

Jika Anda kurang inspirasi terkait bentuk-bentuk atap untuk rumah minimalis, Anda juga dapat mencari di internet atau majalah desain rumah. Bentuk atap disesuaikan dengan tipe rumah minimalis.

  • Bentuk atap rumah minimalis sederhana. Anda mungkin salah satu pemilik rumah minimalis berdesain sederhana. Atap rumah minimalis sederhana bisa berupa atap perisai untuk memberikan kesan rumah tampak lebih mewah. Model perisai ini bisa dibentuk dengan kemiringan 35 derajat, dan terdiri 4 sisi bidang. Bentuk segitiga untuk 2 bisang dan 2 bidang lagi berbentuk trapezium.
atap rumah minimalis modern model datar dan miring

atap rumah minimalis modern model datar dan miring (Houseandland)

  • Bentuk atap rumah minimalis modern. Untuk jenis atap yang cocok untuk atap rumah minimalis modern adalah kombinasi bentuk datar dan perisai. Atap bentuk datar digunakan untuk bagian teras rumah. Sedangkan bagian belakang Anda dapat memodifikasi dengan bentuk perisai. Bentuk atap datar menggunakan bahan beton. Anda dapat memanfaatkan atap datar untuk duduk santai memandang alam sekitar. Namun satu hal kelemahannya jika terjadi hujan, aliran air kurang lancar.

Bentuk Atap Rumah Minimalis Sesuai Cuaca

Jika tadi Anda telah mengenal jenis atap rumah minimalis modern maupun sederhana. Kali Anda dapat mengambil inspirasi dari bentuk atap rumah yang disesuaikan dengan cuaca di daerah Anda.

Rumah Minimalis pada Cuaca panas

Cuaca panas cenderung terjadi di perkotaan. Tentunya Anda menginginkan kesejukan dan ketenangan dalam rumah. Anda dapat memilih bentuk atap pelana. Bentuk atap pelana terdiri dari 2 bidang miring yang berpotongan di tengah, kebanyakan orang menyebutnya sebagai bubungan. Kemiringan atap bisa 30 sampai dengan 45 derajat. Keunggulannya rumah tidak akan terasa cepat panas dan pemeliharaannya lebih mudah.

Atap rumah minimalis model pelana dan perisai

Atap rumah minimalis model pelana dan perisai (Houseandland)

Rumah minimalis pada cuaca dingin

Untuk jenis atap pada rumah minimalis di daerah dingin seperti di pegunungan atau puncak, lebih umum menggunakan bentuk atap datar. Jangan lupa untuk memberi sedikit lubang sebagai tempat keluarnya air ketika terjadi hujan. Dengan bentuk atap demikian, rumah akan terasa lebih hangat.

Selain Anda memperhatikan bentuk-bentuk atap, Anda juga perlu menyesuaikan bentuk atap rumah minimalis dengan bahan. Bahan asbes atau genteng adalah pilihan untuk bentuk atap perisai dan pelana. Sedangkan untuk model atap rumah berbentuk datar Anda dapat memilih bahan beton, genteng aspal, dan perpaduan bahan bambu dengan bahan beton.

bentuk atap rumah minimalis datar untuk daerah beriklim dingin

bentuk atap rumah minimalis datar untuk daerah beriklim dingin (Realtruz)


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

atap rumah -jenis atap rumah -bentuk atap rumah minimalis -bentuk atap rumah -bentuk atap rumah miring -jenis atap rumah yang tidak panas -atap miring satu sisi -bentuk atap rumah pelana -

Content Protection by DMCA.com