Panduan Membeli Rumah Untuk Pemula: Bagian 2 Pencarian

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa bagi anda yang ingin membeli rumah untuk pertama kali, maka hal pertama yang harus dipersiapkan adalah pendanaan, mulai dari mengevaluasi kondisi keuangan anda, mencari sumber pendanaan, hingga menggunakan tenaga seorang agen. Nah, panduan membeli rumah berikutnya adalah memulai pencarian anda, yakni mencari calon rumah yang akan anda beli.

Panduan membeli rumah (Fotolia)

Panduan membeli rumah (Fotolia)

Panduan Membeli Rumah : Tahap Pencarian

Pada tahap ini, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan bersama dengan dengan agen real estate yang telah anda pilih, yakni:

Menetapkan Parameter Pencarian

Salah satu hal yang perlu anda bahas bersama agen real estate pada pertemuan awal adalah kriteria rumah yang anda inginkan. Dengan demikian, agen tersebut akan lebih fokus mencari rumah yang sesuai kriteria anda. Setidaknya, ada dua daftar yang harus anda bahas bersama sebagai bagian dari cara membeli rumah, yakni:

  • Daftar wajib; daftar ini memuat kriteria atau fitur yang harus anda pada rumah yang ingin anda beli. Kriteria dimaksud bisa berupa lokasi, kisaran harga, jumlah kamar tidur, atau jumlah kamar mandi. Artinya, jika salah satu kriteria ini tidak terpenuhi, maka rumah tersebut belum memenuhi syarat untuk anda.
  • Daftar keinginan alias whistlist. Daftar ini membuat fitur-fitur tambahan yang akan memberi nilai tambah atau daya tarik bagi anda, seperti kolam renang, desain dapur, basement siap pakai, halaman yang luas, garasi, dan sebagainya

Menyaring Daftar Penawaran

Dengan parameter yang telah anda tetapkan di atas, maka agen real estate akan mengirimkan pilihan-pilihan yang tersedia dan memenuhi kriteria anda. Setiap tawaran baisanya memuat gambar properti, informasi harga, lokasi, dan fitur yang tersedia. Periksa setiap tawaran secara seksama sebelum memilih alternatif rumah yang akan anda kunjungi.

Perlu diingat bahwa tidak semua tawaran akan memenuhi kriteria anda secara sempurna. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan anda temukan di rumah baru tersebut. Dengan demikian, sepanjang rumah tersebut memenuhi kriteria wajib yang anda tetapkan, tidak ada salahnya melihat sendiri, siapa tahu rumah tersebut menawarkan fitur unik yang justru lebih menarik.

Lakukan Kunjungan

Mengunjungi rumah yang akan dibeli merupakan bagian penting dari tips membeli rumah. Saat anda memasuki dan mengelilingi rumah tersebut, perlu diingat bahwa hal-hal kecil, seperti cat rumah, bisa membuat anda tertipu. Padahal, perubahan kecil semacam itu sangat mudah dilakukan. Jadi, fokuskan perhatian anda pada hal-hal yang lebih utama, seperti ukuran rumah, layout, kondisi rumah, dan sebagainya.

Jika rumah tersebut dilengkapi dengan dokumen yang memuat informasi tentang kondisi rumah, termasuk permasalahan atau renovasi yang pernah dilakukan, baca dokumen tersebut secara seksama untuj mendapatkan gambaran tentang kondisi rumah yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa tips lain yang mungkin berguna bagi anda saat melakukan kunjungan ke calon rumah yang akan dibeli:

  • Fokus perhatian pada kriteria wajib anda terlebih dahulu
  • Jangan tertipu dengan cat rumah yang menarik, pot bunga yang berwarna-warni, atau hiasan dinding yang menarik.
  • Periksa setiap ruangan dan fokuskan perhatian pada ukuran dan layout ruangan
  • Periksa kondisi atap, tiang rumah, lantai dan sudut-sudut ruangan untuk melihat kemungkinan renovasi yang anda perlukan setelah membeli rumah tersebut.

Dengan memperhatikan 3 aspek di atas, maka anda bisa memilih rumah yang paling sesuai dengan kriteria, sepanjang masih dalam kisaran harga yang bisa anda jangkau. Kemudian, panduan membeli rumah anda akan diikuti dengan pengajuan dokumen jual-beli. Proses ini tetap harus anda lalui dengan bantuan agen real estate. Simak terus pada artikel berikutnya.


Content Protection by DMCA.com