Model Rumah Minimalis 2 Lantai Dengan Gaya Kontemporer

Rumah minimalis akhir-akhir ini menjadi tren model rumah.  Rumah minimalis umumnya terdiri dari 1 lantai dan 2 lantai. Rumah minimalis 2 lantai biasanya dibagun dengan alasan keterbatasan lahan. Model rumah minimalis 2 lantai biasanya tidak berdiri sendiri, selalu bergabung dengan tema lain seperti modern atau tropis. Lantas, pernahkan Anda mendengar rumah minimalis kontemporer? Apakah rumah kontemporer itu?

Model rumah minimalis 2 lantai kontemporer

Model rumah minimalis 2 lantai kontemporer (Tenkachikara)

Tema Kontemporer Dalam Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Kontemporer merupakan sebuah seni dalam dunia arsitektur. Model ini berkembang pada awal tahun 20-an yang dimotori oleh sebuah sekolah arsitek di Jerman, bernama Bauhaus School of Design.  Model ini merupakan seni yang mengikuti kemajuan teknologi dan berubahnya keadaan sosial masyarakat akibat perang dunia. Istilah kontemporer ini sama artinya dengan kekinian. Kontemporer mencirikan sebuah disain yang lebih maju, variatif, fleksibel, dan inovatif, baik secara bentuk maupun tampilan, jenis material, pengolahan material, maupun teknologi yang dipakai dan menampilkan gaya yang lebih baru.

Eksterior Rumah Minimalis 2 Lantai dengan kaca lebar

Eksterior Rumah Minimalis 2 Lantai dengan kaca lebar (Cubeme)

Produk-produk arsitektur kontemporer sangat mewakili kekinian dalam tren globalisasi seperti desain ramah lingkungan. Model rumah minimalis 2 lantai terbaru juga mengedepankan penggunaan material dan teknologi, serta geometri yang merupakan tren di tahun-tahun terakhir ini. Ciri-ciri desain kontemporer adalah memiliki ruangan yang langsung terhubung satu dengan yang lain sehingga terasa lebih luas, memiliki akses cahaya yang  baik, memiliki pintu terbuka atau bagian yang bisa menyatukan ruangan di dalam rumah dengan bagian luar, dan menggunakan unsur alam.

Menerapkan Model Kontemporer Pada Rumah Minimalis

Model rumah minimalis 2 lantai terbaru saat ini telah banyak mengambil gaya kontemporer. Hal ni dikarena gaya ini sangat modern dan berkesan sangat simple. Dari bentuk eksteriornya mampu menampilkan rumah yang berkesan sederhana namun berkelas.

Bentuk rumah minimalis 2 lantai dengan model kontemporer bisa memiliki rancangan sebagai berikut:

  • Dari segi eksterior, fasad rumah sering berbentuk kotak persegi saja, tidak ada model atap melainkan atap hanya dibuat berupa cor batu saja.
  • Kotak persegi ditonjolkan di satu sisi, dan dihilangkan di sisi yang lain sehingga tampilan bingkai nampak sekali 3 dimensinya.
  • Material yang digunakan sering memadukan beton dengan kayu sebagai tembok.
  • Rumah dengan banyak jendela luas tanpa terali.
Contoh desain interior rumah minimalis kontemporer

Contoh desain interior rumah minimalis kontemporer (Decoist)

Dari segi interiornya, rumah dengan gaya kontemporer memadukan unsur alam dengan modern, seperti pemanfaatan lantai kayu dan batu alam pada dinding rumah. Selain itu antara ruangan yang satu dengan ruangan yang lain dibiarkan menyatu dan tidak berbatas sehingga rumah terasa lebih luas. Ruangan juga memiliki banyak pintu kaca dengan model geser, terutama pembatas ruangan dalam dengan bagian luar sehingga ruangan tampak menyatu dengan alam. Ruangan di dalam juga memiliki masukan cahaya yang cukup yang mampu menghemat energi.

Tanpa sekat, rumah kontemporer tampak transparan

Tanpa sekat, rumah kontemporer tampak transparan (Decoist)

Model rumah minimalis 2 lantai dengan gaya kontemporer ini sangat modern sekali jika dilihat dari desainnya. Di dalam model ini terdapat perpaduan gaya tropis minimalis dengan modern minimalis. Satu hal yang menjadi ciri khas dan unik dari  gaya kontemporer adalah tampilan bangunan dari luar yang dipenuhi dengan bentuk-bentuk kotak persegi.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah kontemporer -desain rumah kontemporer -rumah kotak 2 lantai -desain rumah kaca minimalis 2 lantai -rumah kontemporer minimalis -rumah kotak kontemporer -rumah kotak -rumah modern kontemporer -

Content Protection by DMCA.com