Model Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Atap Skillion

Salah satu model atap modern yang populer untuk model rumah minimalis 2 lantai adalah atap sandar. Selain tampilannya yang stylish, atap model ini juga praktis dalam hal pemeliharaan. Dalam dunia arsitektur, atap dengan kemiringan yang membentuk model separo segitiga atau satu setengah segitiga ini dikenal dengan atap skillion (skillion roof atau shed roof). Berbeda dengan atap pelana yang dibentuk dari dua bagian atap yang bertemu di tengah dan membentuk segitiga, atap skillion justru hanya membentuk separohnya.

Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Atap Skillion - Domainstatic

Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Atap Skillion – Domainstatic

Atap Skillion pada Model Rumah Minimalis 2 Lantai

Atap skillion sedikit lebih miring dibanding atap sandar atau atap pelana biasa, dan biasanya terdiri dari satu permukaan atap saja. Model ini mulai trend digunakan pada model rumah minimalis 2 lantai terbaru karena murah, mudah, dan cepat dalam pemasangannya. Selain itu, atap skillion cocok untuk daerah-daerah tropis dengan curah hujan tinggi. Permukaannya yang curam membuat air hujan langsung jatuh ke tanah dan tidak menimbulkan genangan. Hasilnya, atap skillion lebih tahan lama dan mudah dalam hal perawatan.

Rumah minimalis 2 lantai dengan atap skillion tunggal - Ideaonline

Rumah minimalis 2 lantai dengan atap skillion tunggal – Ideaonline

Di masa lalu, atap model ini umumnya digunakan untuk bangunan industri, seperti pabrik maupun gudang. Sedangkan untuk hunian, awalnya atap skillion digunakan untuk bangunan tambahan di luar bangunan utama. Namun saat ini, banyak model rumah minimalis modern 2 lantai yang sengaja dibangun dengan atap skillion, karena memang tampilannya yang unik.

Seiring dengan perkembangan dunia arsitektur, model atap skillion semakin variatif. Misalnya, dipadukan dengan atap model datar atau dibuat bertingkat. Jika rumah anda berbentuk memanjang, maka model atap bisa dibuat membentuk formasi khusus, seperti model kupu-kupu. Caranya: dua atap skillion bertemu di bagian tengah di mana terdapat fasilitas khusus untuk penampungan air. Model ini justru bermanfaat untuk wilayah-wilayah di mana air hujan sangat diperlukan.

Rumah 2 lantai dengan atap skillion dan atap datar - Agentaccount

Rumah 2 lantai dengan atap skillion dan atap datar – Agentaccount

Atap Skillion pada Rumah 2 Lantai: Faktor Yang Harus Diperhatikan

Karena modelnya yang curam, tentunya pemilihan bahan sangat penting untuk atap skillion, karena akan mempengaruhi ketahanannya. Sebaiknya, hindari bahan-bahan berat seperti genteng aspal atau genteng tanah. Bahan-bahan ringan seperti genteng logam dapat menjadi pilihan, asalkan diletakkan dengan benar. Selain itu, kemiringan atap harus dipertimbangkan secara seksama. Jika terlalu curam, maka ruangan di bagian ujung atap akan memiliki atap yang terlalu rendah, dan menimbulkan kesan pengap dan panas.

Rumah 2 lantai dengan atap skillion bertingkat - Melissa Wilson - Pinterest

Rumah 2 lantai dengan atap skillion bertingkat – Melissa Wilson – Pinterest

Secara keseluruhan, atap skillion cocok untuk model rumah minimalis sederhana 2 lantai di daerah-daerah tropis, seperti Indonesia. Banyak kelebihan yang ditawarkan, seperti pemasangan yang mudah dan lebih ekonomis serta fleksibel untuk anda yang berencana melakukan renovasi rumah dan menambah ruangan dari rumah yang sudah ada saat ini. Kelebihan lainnya adalah desain yang kuat, stabil, serta pemeliharaan mudah.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

model atap pelana minimalis -atap skillion -gambar teras minimalis 2 lantai -atap miring praktis -model rumah dua lantai atap datar -atap sandar rumah minimalis dua tingkat -contoh rumah 2 lantai atap datar -contoh sketsa atap rumah setengah segitiga -

Content Protection by DMCA.com