Model Plafon Rumah Minimalis Modern Favorit di Tahun 2015

Pada prinsipnya plafon pada rumah berfungsi untuk menyangga atap agar lebih kuat atau sebagai pelindung, dan juga untuk menghubungkan atap dengan dinding rumah. Tetapi dengan semakin berkembangnya desain-desain rumah minimalis, model plafon rumah minimalis juga dapat menjadi bagian yang menonjolkan keindahan rumah sehingga harus didesain secara khusus.

model plafon rumah minimalis berbahan gypsum

model plafon rumah minimalis berbahan gypsum (Homesdir)

Apalagi untuk rumah berkonsep minimalis modern dengan lahan terbatas, untuk membuat rumah tampak indah dan berbeda memang harus didesain dengan unik sehingga menarik perhatian. Saat ini sudah sangat banyak  model plafon rumah minimalis yang terbuat dari berbagai material sehingga alternatif pilihan bagi Anda akan semakin beragam.

Material untuk Model Plafon Rumah Minimalis

Seperti yang kita ketahui bahwa kondisi cuaca di negara kita yang beriklim tropis ini sering berubah-ubah antara panas terik dan hujan deras, ditambah lagi udara yang lembab. Untuk itu dalam memilih plafon untuk tempat tinggal Anda sebaiknya tidak hanya memperhitungkan tentang model plafon rumah minimalis modern yang tampak bagus saja, tetapi juga memperhatikan material pembuatnya. Pada umumnya semakin kuat material yang Anda pilih tentu akan semakin mahal pula harganya. Material penyusun plafon yang bagus bahkan dapat menjaga kestabilan suhu di dalam ruangan.

Interior rumah minimalis dengan plafon fiber

Interior rumah minimalis dengan plafon fiber (Lensarumah)

Ada berbagai pilihan material pembuat plafon, yaitu fiber, gypsum, dan glass block. Berikut adalah beberapa ide untuk memilih material plafon di rumah anda:

  • Bila Anda ingin ruangan di dalam rumah tetap sejuk, maka Anda dapat memilih model plafon rumah minimalis sederhana dan simple yang terbuat dari bahan fiber yang mampu menyerap panas secara maksimal.
  • Tetapi bila dana Anda terbatas dalam membangun rumah, maka Anda bisa memilih plafon yang terbuat dari bahan gypsum yang mudah dibentuk dan berharga ekonomis. Kelebihan lain dari material gypsum adalah dapat menyamarkan sambungan plafon.
  • Material plafon dari glass block yang serasi jika dipadukan dengan atap yang terbuat dari bahan beton.
  • Sebaiknya Anda tidak memilih material asbes sebagai bahan pembuat plafon karena bahan silica pada asbes bisa mengganggu kesehatan bila terhirup oleh manusia.
Interior rumah minimalis dengan plafon glass block

Interior rumah minimalis dengan plafon glass block (Rumahidealis)

Selain bahan-bahan tersebut di atas, Anda juga dapat menggunakan material kayu sebagai bahan pembentuk plafon. Kayu yang digunakan adalah kayu olahan yang dicat dengan cat limpra untuk menonjolkan serat kayunya. Penggunaan kayu sebagai plafon cocok untuk rumah yang dirancang dengan konsep minimalis alami.

Untuk model gambar model plafon rumah minimalis sebaiknya memang disesuaikan dengan keseluruhan rancangan rumah minimalis Anda. Agar terlihat harmonis dan serasi, cocokkan cat pada plafon dengan tema warna dinding yang digunakan. Tidak perlu sama persis tentu, asalkan kombinasi warna yang digunakan masih senada. Jadi, yang mana model plafon rumah minimalis pilihan Anda?

Interior bernuansa eklektik dengan plafon kayu

Interior bernuansa eklektik dengan plafon kayu (Rumahmelati)


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

plafon rumah minimalis -model plafon ruang tamu -model plafon ruang tamu sederhana -model plafon gypsum minimalis -model plafon -desain plafon rumah -model plafon kayu -bentuk plafon rumah modern -

Content Protection by DMCA.com