Model Pintu Rumah Minimalis Menurut Posisinya

Rumah minimalis ditandai dengan segala sesuatu yang praktis, termasuk dalam pemilihan elemen-elemen seperti pintu. Model pintu rumah minimalis yang dipilih haruslah sesuai dengan peruntukannya dan tidak memakan banyak tempat di ruangan yang luasannya terbatas. Oleh sebab itu, model pintu untuk rumah minimalis harus dirancang sesederhana mungkin. Kabar baiknya, banyak desain pintu yang dibuat khusus untuk menghemat ruangan di rumah minimalis.

Model pintu rumah minimalis modern

Model pintu rumah minimalis modern (Piippa)

Pilihan Pintu Rumah Minimalis Berdasarkan Ruangan

Pilihan model pintu rumah minimalis untuk setiap ruangan di dalam rumah tentunya bervariasi. Setiap ruangan tentunya membutuhkan perlakuan yang berbeda. Sebagai contoh, pintu masuk rumah harus dirancang semenarik mungkin, meski tanpa banyak ornamen. Pintu yang lebar akan terkesan welcoming bagi tamu, berbeda dengan pintu kecil yang terkesan ‘tertutup.’ Berikut adalah beberapa pilihan desain pintu rumah minimalis menurut ruangan di dalam rumah:

Pintu Masuk

Desain pintu masuk di rumah minimalis sangat bervariasi, mulai dari pintu satu daun dengan jendela tambahan di sisi kiri-kanan, atau sliding door lebar yang dapat menghemat pemakaian ruang. Pintu ayun yang terdiri dari 2 atau 3 daun membuat rumah terkesan lebih ramah.

Desain pintu rumah minimalis di jalan masuk

Desain pintu rumah minimalis di jalan masuk (Piippa)

Pintu Antar Ruangan di Dalam Rumah

Pintu penghubung antar ruangan di dalam rumah, seperti antara ruang tamu dengan kamar tidur bisa disesuaikan dengan posisi pintu. Jika posisi pintu berada di sudut ruangan, maka anda bisa memilih pintu ayun satu daun yang tampak simple dan klasik. Ini adalah model pintu rumah minimalis yang paling populer, karena selain praktis, harganya lebih murah dibanding model pintu lainnya. Pasalnya, pintu ini hanya terdiri dari satu daun dan kusen model segi empat.

Pintu minimalis satu daun untuk penghubung antar ruangan

Pintu minimalis satu daun untuk penghubung antar ruangan (Your-home-design)

Namun, jika posisi pintu berada di tengah, anda bisa memilih pintu rumah minimalis modern bergaya Jepang. Sliding door gaya Jepang tampak sangat stylish, ditandai dengan daun pintu yang jumlahnya bervariasi, mulai dari 2 daun hingga 4 daun. Pintu ini sangat hemat tempat, karena dibuka dan ditutup hanya dengan cara digeser. Akibatnya, area lainnya di dalam ruangan tidak terpengaruh.

Sliding door model minimalis ala Jepang

Sliding door model minimalis ala Jepang (Hdnux)

Pintu Belakang

Bentuk pintu rumah minimalis yang biasanya menghubungkan antara ruang makan dengan taman belakang kebanyakan dirancang berukuran lebar. Anda bisa memilih model pintu modern dari panel kaca, karena biasanya, pintu belakang sekaligus berfungsi untuk menghadirkan nuansa alami taman belakang ke dalam rumah. Sliding door dari kaca polos atau pintu lipat yang terdiri dari 3 atau 4 daun dapat menjadi pilihannya.

model pintu lipat untuk penghubung antar ruangan

model pintu lipat untuk penghubung antar ruangan (Piippa)

Pintu Kamar Mandi

Untuk penghubung antara ruangan shower dan toilet di kamar mandi, pintu kaca minimalis adalah  model pintu rumah minimalis paling populer. Pintu kaca transparan menghadirkan nuansa lapang di kamar mandi yang berukuran kecil. Sekat transparan seolah menghilangkan pembatas antara ruangan di area interior.

Pintu kaca transparan untuk kamar mandi

Pintu kaca transparan untuk kamar mandi (Newmao)

Pintu rumah minimalis modern bukan hanya sebagai elemen penghubung antar ruangan, namun juga sebagai dekorasi yang akan mempengaruhi nuansa di dalam rumah. Oleh sebab itu, pemilihannya harus dilakukan secara seksama.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

model pintu rumah minimalis -Model pitu gorbang -model pintu polos minimalis -pintu tengah bervariasi -pintu ala jepang -pintu antar ruangan -tipe pintu dua segi empat -bntk pintu ruang tengah -

Content Protection by DMCA.com