Menilik Karakter Rumah Sudut Minimalis

Mendapatkan posisi rumah di bagian sudut jalan merupakan keuntungan tersendiri bagi pemilik rumah. Karena rumah sudut biasanya memiliki lahan yang lebih luas ketimbang rumah yang berada di tengah. Selain itu, sudut pandang yang lebih bebas bisa didapatkan karena biasanya posisi rumah berada pada perpotongan dua ruas jalan yaitu di depan dan di samping rumah sehingga pintu bisa diletakkan pad kedua posisi tersebut. Untuk mendapatkan desain Rumah Sudut Minimalis yang indah dan menarik, silakan Anda simak artikel berikut ini.

Rumah Sudut Minimalis Bernuansa modern

Rumah Sudut Minimalis Bernuansa modernĀ (Dhomie)

Karakter Denah Rumah Sudut Minimalis

Rumah minimalis biasanya memiliki lahan yang terbatas, namun jika posisinya berada di sudut jalan maka biasanya developer akan memberikan kelebihan lahan yang cukup untuk meluaskan area bangunan ataupun membuat dekorasi taman dan sebagainya. Namun agar renovasi berjalan lancar dibutuhkan perencanaan denah yang tepat sehingga bangunan tidak hanya diperluas tetapi juga bisa menambah fungsi dan fasilitas dari rumah tersebut.

Biasanya untuk rumah sudut yang perlu diperhatikan dalam perencanaannya adalah lebihan lahan akan digunakan untuk apa dan berapa luas area yang ingin dimanfaatkan untuk bangunan. Yang terpenting dalam membuat denah dari rumah minimalis yang berada di sudut adalah jangan sampai lebihan lahan dihabiskan untuk dinding. Karena hal tersebut akan mengurangi manfaat strategis dari rumah yang berada di sudut, yaitu mendapatkan point of view yang lebih banyak ketimbang rumah di posisi tengah.

Membuat Desain Rumah Sudut Minimalis

Desain rumah sudut minimalis pada umumnya memiliki konsep dasar yang sama yaitu mengekspos perpotongan garis tegak dan lurus pada setiap sudut bangunan dan mengaplikasikan garis-garis tegas sebagai alur pada tembok. Demikian pula dengan rumah sudut yang ingin menerapkan konsep minimalis. Perbedaannya yang paling mendasar adalah adanya dua area akses yaitu di depan dan samping rumah.

Rumah sudut minimalis dengan pagar batu alam

Rumah sudut minimalis dengan pagar batu alamĀ (Wigs86)

Pemanfaatan dua akses pintu ini amat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh karenanya luas lebihan lahan jangan sampai dimaksimalkan hanya untuk perluasan bangunan saja, tetapi harus dipikirkan untuk kemudahan akses bagi penghuni rumah. Selain kemudahan akses, rumah sudut juga memiliki sirkulasi udara yang lebih baik ketimbang rumah yang berada di tengah. Hal ini karena udara dan cahaya bisa masuk baik dari depan maupun samping rumah.

Untuk desain pagar rumah sudut minimalis yang memiliki dua akses tentunya akan memiliki dua pintu pagar pula, yaitu di depan dan bagian samping rumah. Memiliki dua pintu akses adalah hal yang menguntungkan, tetapi dari sisi keamanan juga harus diperhatikan karena semakin banyak akses berarti semakin mudah bagian rumah Anda terekspose.

Selain dengan lebih luasnya lahan yang dimiliki, dua hal yang disebutkan di atas menjadi penyebab harga rumah sudut minimalis lebih mahal nilainya ketimbang rumah yang berada di tengah atau diapit rumah lainnya meskipun luas bangunannya sama.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

denah rumah 3D dgn teras sudut -gambar rumah sudut -pagar di pertigaan jalan -pagar untuk rumah sudut -cara rubah rumah model pojok -contoh gambar minimalis lengkap dgn lokasi lahan sudut -contoh membangun rumah disudut -contoh rumah dan ruko posisi di sudut -

Content Protection by DMCA.com