Mengapa Rumah Panggung Minimalis Semakin Populer?

Pada dasarnya rumah panggung minimalis memang merupakan konsep yang terinspirasi dari rumah kayu yang biasa dibangun secara tradisional oleh bangsa Melayu. Saat ini, konsep rumah kayu tersebut sedang sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat karena dipercaya dapat membuat kesehatan tubuh dan jiwa orang yang tinggal di dalamnya menjadi lebih baik. Pasalnya, rumah kayu tersebut memang tampak lebih rindang, alami, dan juga sejuk.

Rumah panggung minimalis dengan paduan bahan alam - Thegarageplanshop

Rumah panggung minimalis dengan paduan bahan alam – Thegarageplanshop

Biasanya rumah panggung modern minimalis dibangun di tempat yang jauh dari bisingnya perkotaan dan juga polusi udara yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, banyak rumah kayu ini yang dijadikan tempat peristirahatan.

Di Balik Populernya Konsep Rumah Panggung Minimalis

Sejak dulu, karena terbawa oleh tren dan teknologi dari luar negeri, beton memang menjadi salah satu bahan yang paling disukai untuk digunakan ketika membangun rumah. Selain kuat, bahan yang terdiri dari campuran semen, air, dan pasir ini memang kuat dan mampu membangun rumah yang berdiri tegak dan tahan dilanda hujan badai dan juga angin kencang.

Rumah panggung sebagai tempat peristirahatan - Houzz

Rumah panggung sebagai tempat peristirahatan – Houzz

Selain itu, rumah yang dibangun dengan beton juga tampak rapi dan sedap dipandang mata. Namun, beton juga telah mendapatkan reputasi sebagai bahan yang dingin dan tidak memberikan karakter “hidup” kepada rumah. Oleh karena itu, sekarang banyak orang yang lebih menyukai desain rumah panggung minimalis yang tampak lebih asri dan alami.

Keuntungan Memiliki Rumah Panggung Minimalis

Selain tampak berbeda dari rumah beton dan bata biasanya dan memberikan konsep baru yang terasa segar, model rumah panggung minimalis juga banyak digemari orang karena beberapa alasan lainnya. Beberapa dari alasan tersebut termasuk diantaranya:

Bahan Kayu yang Praktis

Kayu mudah dibersihkan, mampu bertahan lama dalam cuaca seperti apapun, dan lebih ramah lingkungan. Saat digunakan dalam desain rumah minimalis, karakter dasar kayu mampu membuat orang yang tinggal didalamnya merasakan kehangatan dan keramahan yang tidak dapat diberikan oleh beton.

Sketsa rumah panggung minimalis modern - Magyaritasok

Sketsa rumah panggung minimalis modern – Magyaritasok

Lebih Sehat Bagi Pemilik Rumah

Kayu memiliki karakteristik yang mampu membuatnya beroksidasi, sehingga tidak akan berkarat. Rumah yang terbuat dari beton biasanya juga pasti akan menggunakan beberapa bahan besi yang mudah berkarat kalau terkena panas dan hujan secara berkala. Tetapi kalau rumah berbahan kayu, hal ini tidak akan menjadi masalah.

Kecantikan yang alami

Kayu adalah memiliki properti yang sangat dekoratif. Setiap pohon memiliki warna, wangi, dan juga bentuk masing-masing yang sangat unik dan sedap dipandang mata. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan kayu yang berbeda sesuai dengan preferensi Anda.

Rumah panggung minimalis dengan beach view -  Bosai

Rumah panggung minimalis dengan beach view – Bosai

Demikianlah beberapa alasan di balik populernya rumah panggung sekarang ini. Mungkin memang ada beberapa masalah juga yang harus dihadapi oleh pemilik rumah panggung minimalis yang modern, misalnya masalah rayap. Tetapi asalkan dirawat dengan baik, maka masalah tersebut tidak akan muncul dan rumah kayu tersebut pasti akan mampu bertahan lama dan sambil juga membantu memperpanjang umur Anda.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah panggung beton minimalis -desain rumah panggung beton -rumah panggung beton -rumah panggung tiang beton -rumah panggung minimalis modern -kelebihan rumah panggung -warna cat rumah panggung -bentuk rumah panggung minimalis -

Content Protection by DMCA.com