Memilih Desain Meja Makan di Rumah Kecil Minimalis

Jika rumah anda berukuran kecil alias mungil, setiap ruangan harus dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Namun, bukan berarti anda harus melewatkan fungsi tertentu, termasuk ruang makan. Ruang makan di rumah kecil minimalis tidak mesti diletakkan di ruangan terpisah, namun bisa digabungkan dengan ruangan lain, seperti ruang tamu. Hanya saja, fungsinya dibedakan sesuai dengan furniture yang digunakan.

Ruang makan di rumah kecil minimalis - Shutterstock

Ruang makan di rumah kecil minimalis – Shutterstock

Untuk itu, memilih furniture ruang makan di rumah mungil harus dilakukan secara seksama. Jangan sampai meja makan mengganggu fungsi ruang yang lain. Misalnya, jangan sampai meja makan menghalangi akses keluar masuk dari ruang tamu ke dapur atau dari ruang tamu ke pintu keluar.

Memilih Furniture Ruang Makan di Rumah Kecil Minimalis

Berikut adalah beberapa ide furniture meja makan agar desain rumah kecil minimalis anda bisa dimanfaatkan secara efektif. Yang pasti, furniture yang dipilih harus sesederhana mungkin, sehingga tidak ‘makan tempat.’

Meja Segi Empat

Meja makan model segi empat adalah pilihan paling populer di untuk desain interior rumah kecil minimalis. Pasalnya, meja segi empat tidak membutuhkan banyak tempat, bisa diletakkan bersebelahan dengan dinding, di sudut ruangan, atau di tengah ruangan. Anda bisa memilih furniture berbahan kayu tanpa ornamen berupa ukiran atau aksen tambahan. Jika anda memilih furniture berbahan sintetis atau metal, sebaiknya pilih meja makan berwarna netral, seperti putih, krem, atau abu-abu.

Furniture kayu eksklusif di rumah kecil minimalis - Shutterstock

Furniture kayu eksklusif di rumah kecil minimalis – Shutterstock

Meja Makan Bulat

Meja makan model ini biasanya cocok diletakkan di tengah-tengah ruangan, misalnya, antara ruang TV dan ruang tamu. Jika model rumah kecil minimalis anda memiliki sudut berbentuk setengah lingkaran, anda juga bisa menggunakan meja bulat untuk mengisi ruang kosong. Jika akan diletakkan di tengah ruangan, sebaiknya pilih meja makan berbahan kaca, sehingga tampak transparan dan tidak menghalangi pandangan. Meja dan kursi makan berbahan stainless steel juga cukup populer untuk keperluan ini.

Interior rumah kecil minimalis dengan meja makan bulat - Freshome

Interior rumah kecil minimalis dengan meja makan bulat – Freshome

Memilih Bahan Furniture Ruang Makan Minimalis

Meja makan berbahan kayu jati menghadirkan nuansa hangat, elegan, dan alami di rumah kecil anda. Namun, biasanya furniture berbahan kayu kualitas super dibandrol dengan harga yang relatif mahal. Meja makan berbahan stainless steel cukup tahan lama, dan ukurannya lebih ringkas dibanding furniture kayu. Furniture berbahan logam anti-karat mudah dipindah-pindahkan jika anda adalah tipe orang yang gemar mengganti-ganti posisi furniture di dalam ruangan. Kelebihan lain dari meja makan berbahan stainless steel adalah harganya yang relatif lebih murah.

Meja makan kayu sederhana di rumah mungil - Shutterstock

Meja makan kayu sederhana di rumah mungil – Shutterstock

Nah, tidak sulit bukan memilih furniture ruang makan di rumah kecil minimalis anda? Jika pertimbangan utama anda adalah efisiensi dari segi tempat dan biaya, maka meja makan berbahan stainless steel adalah pilihannya. Namun, jika anda mengutamakan style, eksklusivitas, dan kehangatan, maka meja makan berbahan kayu adalah alternatifnya.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

meja makan sederhana -bentuk meja makan untuk ruang kecil -meja makan minimalis modern -gambar meja makan minimalis keperluan rumah -desain meja makan minimalis -meja majan model lama -desain meja makan kayu -meja makan untuk rumah minimalis -

Content Protection by DMCA.com