Lantai Parket pada Rumah Mewah Minimalis

Di tengah dominasi desain-desain rumah mewah minimalis modern, masyarakat modern dihadapkan pada ‘kerinduan’ terhadap kehadiran unsur-unsur alami pada hunian mereka. Salah satunya adalah dengan instalasi penggunaan lantai parket, yang merupakan seni menata bilah kayu tipis dengan pola yang teratur (geometris) sebagai layering, sehingga nuansa alami akan terbawa masuk ke dalam rumah, dan nuansa hunian akan terasa lebih nyaman dan adem.

Lantai parket pada ruang makan rumah mewah minimalis - Shutterstock

Lantai parket pada ruang makan rumah mewah minimalis – Shutterstock

Kelebihan Lantai Parket pada Rumah Mewah Minimalis

Lantai kayu, alias lantai parket memiliki sejumlah kelebihan, selain tampilannya yang natural dan hangat serta memberikan nilai plus pada desain rumah mewah minimalis. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Instalasi Lebih Mudah; lantai parket lebih mudah dipasang, karena prosesnya hanya melibatkan penyusunan bilah kayu membentuk pola geometris sederhana.
  • Proses pembersihan lebih mudah, karena lantai parket umumnya telah melalui proses atau treatment sehingga permukaannya lebih licin dan tidak menyerap kotoran
  • Lebih kuat dan lentur, sehingga mudah dipasang sesuai ukuran ruangan
  • Pilihan warna lebih variatif. Pilihan warna dan pola permukaan kayu terbentuk secara alami, sehingga pilihannya nyaris tidak terbatas, dan anda tidak akan mendapatkan pola atau motif yang persis sama
Ruang makan modern natural dengan lantai parket - Shutterstock

Ruang makan modern natural dengan lantai parket – Shutterstock

  • Pilihan bahan bervariasi; anda bisa memilih kayu dengan tingkat kekerasan yang bervariasi; misalnya adalah kayu jati, kayu besi, senokeling, damar laut, maupun merbau
  • Lantai paket cocok digunakan pada rumah mewah minimalis 2 lantai, karena dapat mengurangi beban konstruksi pada lantai 1.

Model Lantai Parket pada Rumah Mewah Minimalis

Selain beberapa keunggulan di atas, lantai parket memiliki kelebihan lain, seperti modelnya yang bervariasi, sesuai tema atau nuansa yang ingin anda hadirkan di dalam ruangan. Misalnya, anda bisa memilih lantai parket dengan nuansa rustic hingga nuansa country dengan memilih kayu dengan warna yang cenderung lebih gelap. Sementara itu, untuk rumah mewah minimalis 1 lantai bernuansa modern, sebagai contoh, anda bisa memilih kayu dengan warna yang lebih terang.

Desain lantai 1 rumah mewah dengan lantai parket - Shutterstock

Desain lantai 1 rumah mewah dengan lantai parket – Shutterstock

Selain lantai kayu alami, ada juga lantai parket yang dibuat melalui proses fabrikasi. Di antaranya adalah solid parket dan lantai parket engineering. Lantai ini dibuat melalui proses khusus sehingga hasilnya lebih kuat dan polanya lebih seragam, hasilnya lebih stabil dan seragam serta harganya lebih mudah, karena sumber  bahan bakunya lebih mudah.

Desain lantai 1 rumah mewah dengan lantai parket - Shutterstock

Desain lantai 1 rumah mewah dengan lantai parket – Shutterstock

Dengan kata lain, lantai parket pada rumah mewah minimalis dapat menjadi pilihan, jika anda adalah pemilik rumah yang mengutamakan style maupun kenyamanan. Meski cenderung lebih mahal, lantai parket meningkatkan kenyamanan, karena sifatnya yang menyerap panas di siang hari serta mendistribusikan panas pada saat udara dingin. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memasang lantai parket di rumah anda, seperti keberadaan hewan berkuku panjang.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

RUMAH CANTIK UNIK -desain rumah mewah lantai kayu dan interior -gambar gambar model ruang tamu yg luas dgn lantai parket -gambar ruang tamu yg luas mewah dgn lantai parkit kayu -lantai parket ruang tamu -rumah cantik idaman dgn lantai kayu -

Content Protection by DMCA.com