Konsep Rumah Asri Rumah Minimalis

Memiliki rumah yang asri adalah dambaan setiap orang. Karena rumah yang asri tentunya akan membuat kita betah berada di rumah. Saat ini, banyak developer yang membangun rumah minimalis dengan konsep yang sederhana namun asri. Karena dengan semakin padatnya aktivitas dan lalu lintas yang dihadapi manusia modern pada saat ini, kenyamanan dan keasrian sebuah hunian adalah nilai utama yang wajib dimiliki oleh sebuah tempat tinggal. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang konsep rumah asri rumah minimalis.

Rumah asri rumah minimalis dengan taman hijau terawat

Rumah asri rumah minimalis dengan taman hijau terawat (Ostoman)

Dasar dan Konsep Rumah Asri Rumah Minimalis

Asri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti indah dan sedap dipandang mata. Dari pengertian ini dapat ditarik sebuah konsep dasar dari hunian yang asri adalah hunian yang memiliki banyak tanaman dan pepohonan sehingga mampu menyediakan udara yang bersih dan sejuk serta lebih enak dipandang mata karena tumbuhan hijau memang efektif untuk menyegarkan mata.

Dari segi eksterior rumah minimalis yang asri biasanya memiliki taman yang tertata rapi pada bagian sudut rumah. Sedangkan dari segi interior, rumah yang asri adalah rumah yang menyediakan ruang yang cukup untuk sirkulasi udara. Biasanya rumah akan dikatakan asri dari sisi interior jika ventilasi dan jendelanya banyak, sehingga udara dan cahaya yang masuk juga banyak. Pada beberapa kondisi agar terlihat asri, ada orang yang menginginkan taman dalam rumah. Namun jika diterapkan pada rumah minimalis harus dipertimbangkan dengan keterbatasan lahan yang ada.

Rumah asri minimalis dengan pagar kayu

Rumah asri minimalis dengan pagar kayu (4minimalisthome)

Ciri Khas Desain Rumah Asri

Untuk mendapatkan desain rumah asri yang tepat, biasanya ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pada saat pembuatan desainnya sebagai berikut:

  • Memiliki tema yang bernuansa alami dan berhubungan dengan alam.
  • Memiliki konsep eksterior yang berunsur alam dan interior yang mengutamakan hal-hal yang alamiah, seperti banyaknya jendela untuk penerangan siang hari menggantikan lampu dan untuk sirkulasi udara yang banyak untuk menggantikan pendingin ruangan.
  • Lebih banyak menggunakan material dari alam, seperti penggunaan material kayu dan penggunaan batu alam.
pagar minimalis dengan corak kayu dan batu alam

pagar minimalis dengan corak kayu dan batu alam (Ideaonline)

Untuk desain pagar rumah asri, Anda dapat mengaplikasikan bahan-bahan yang unsur alamnya kental. Pagar kayu yang dipadukan dengan beton bisa menjadi pertimbangan model pagar rumah minimalis yang asri. Atau jika Anda senang dengan model modern klasik, maka Anda dapat membuat pagar dari beton yang dipadukan dengan permainan batu alam.

Untuk membuat desain taman rumah asri agar kelihatan alami biasanya ada beberapa hal yang harus ada, yaitu:

  • Area taman biasanya memiliki dasar rumput yang terawat.
  • Area jalan pada taman menggunakan batu alam.
  • Untuk menambah keindahan bisa dibuat kolam kecil dengan air yang bersirkulasi.
  • Tanaman pada taman rumah minimalis sebaiknya diisi dengan tumbuhan yang tidak berbatang besar agar sepadan dengan luas area yang tidak terlalu besar.
Rumah sederhana bernuansa asri dan rapi

Rumah sederhana bernuansa asri dan rapi (Pixshark)

Agar sebuah rumah bisa dikatakan sebagai rumah asri rumah minimalis tentunya harus memiliki syarat-syarat di atas, seperti adanya area hijau pada bagian eksterior dan banyaknya jendela dan ventilasi untuk sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah asri -rumah asri sederhana -desain rumah asri -desain rumah asri sederhana -rumah minimalis asri -rumah asri minimalis -gambar rumah asri -bentuk rumah asri -

Content Protection by DMCA.com