Kesalahan Dekorasi Interior Rumah dan Solusinya – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa beberapa kesalahan yang lazim dilakukan pemilik rumah dalam merancang dekorasi interior rumah antara lain memilih cat dinding terlebih dahulu. Kemudian, banyak yang memutuskan membeli furniture tanpa mengetahui ukuran pasti ruangan, berbelanja di satu toko tanpa melihat pilihan lain di toko yang berbeda, serta membeli furniture satu set sehingga membuat ruangan terkesan kaku dan formal.

Kesalahan dekorasi interior rumah - terlalu kaku (Nccsites)

Kesalahan dekorasi interior rumah – terlalu kaku (Nccsites)

Kesalahan Dekorasi Interior Rumah  Yang Harus Dihindari

Selain 4 kesalahan umm di atas, masih ada sejumlah kekeliruan yang kerap dilakukan pemilik rumah dalam merancang dekorasi interior rumah yang akan dihuninya bersama keluarga. Di antaranya:

Tidak Pernah Membuat Pilihan Yang Berani

Apakah anda selalu ‘bermain aman’ dengan dekorasi interior rumah anda? Mulailah mengubah pola pikir anda. Ketakutan untuk membuat pilihan yang  berani dapat membuat suasana rumah anda terkesan hambar dan tidak menarik. Pasalnya, semuanya serba ‘aman’, sehingga tidak tampak kreativitas di dalamnya.

Solusinya: beranilah mengambil resiko. Misalnya, jika anda memiliki hiasan dinding yang dramatis, maka anda bisa memadukannya dengan furniture bernuansa netral sehingga ruangan tetap tampak seimbang. Jika suatu saat anda merasa bosan, anda juga bisa menggantinya dengan elemen dekorasi lainnya yang memberikan efek dramatis dan berbeda.

Membuat Semuanya Terlalu Berani

Berbeda dengan kesalahan dekorasi interior rumah sebelumnya, kesalahan berikutnya justru membuat pilihan yang serba berani. Memang, keberanian diperlukan untuk memberikan efek hidup dan unik pada interior rumah anda. Namun, jika semuanya terlalu dominan dan berani, maka identitas atau style anda justru akan hilang. Akibatnya, ruangan akan terlihat seperti lemari pajang.

Contoh dekorasi interior yang terlalu berani (Mydecorative)

Contoh dekorasi interior yang terlalu berani (Mydecorative)

Solusinya:  jika anda memilih karya seni yang dominan dan berani, maka padukanlah dengan elemen lain yang lebih lembut, seperti gorden berwarna lembut dan netral, karpet tebal bernuansa sejuk, dan sebagainya. Dengan demikian, keseimbangan desain interior rumah anda akan tetap terjaga, sementara anda masih bisa berekspresi dengan style anda.

Tidak Pernah Melupakan Masa Lalu

Mungkin, sulit bagi anda melupakan kenangan desain interior yang buruk di masa lalu. Namun, anda harus menyadari bahwa trend desain terus berkembang, dan anda harus melupakan kenangan tersebut selamanya. Misalnya, jika anda terbiasa dengan dekorasi bernuansa keemasan yang merupakan trend masa lalu, maka anda harus mencoba dekorasi bernuansa matte yang simple dan merupakan trend saat ini.

Solusinya: Teknologi modern telah memberikan anda lebih banyak pilihan desain. Ada banyak sumber referensi yang bisa dimanfaatkan untuk menghindari kesalahan yang sama di masa lalu. Jadi, go ahead. Cobalah trend desain yang berbeda.

Mendesain Setiap Ruangan dengan Tema Yang Berbeda

Kesalahan lain yang kerap dilakukan pemilik rumah adalah memiliki tema dekorasi yang berbeda di setiap ruangan. Idealnya, dekorasi interior rumah merupakan satu kesatuan. Jika setiap ruangan memiliki tema dan warna yang berbeda, maka akan kurang enak dipandang. Apalagi jika anda juga menggunakan material lantai dan warna yang berbeda-beda di setiap ruangan.

Contoh desain interior dengan tema yang terlalu banyak (Homedit)

Contoh desain interior dengan tema yang terlalu banyak (Homedit)

Solusinya: ciptakan suatu elemen yang menjadi penghubung semua ruangan di rumah anda. Misalnya, pilih satu warna yang menyatukan semua ruangan. Atau, gunakan satu tema untuk semua ruangan (khususnya ruangan terbuka dengan konsep open-plan). Anda bisa menambahkan beberapa aksen yang menjadi focal point di setiap ruangan, tanpa harus mengubah temanya.

Secara keseluruhan, telah dibahas 8 kesalahan yang kerap dilakukan dalam dekorasi interior rumah. Pastikan anda merencanakan dekorasi rumah anda dengan hati-hati. Mintalah pertimbangan ahli jika perlu.


Content Protection by DMCA.com