Kesalahan Dekorasi Interior Rumah dan Solusinya – Bagian 1

Banyak orang yang lebih memperceyakan dekorasi interior rumah miliknya kepada jasa desainer interior karena takut berbuat kesalahan fatal. Namun, ada juga yang berani bereksplorasi sendiri dengan memanfaatkan daya kreasinya. Memang, adakalanya pemilihan desain yang kurang hati-hati dapat menimbulkan kesalahan, sehingga desain yang diinginkan tidak tercapai. Jika sudah terlanjur berbuat kesalahan, lalu apa yang harus diperbuat? Jangan khawatir. Semua ada solusinya.

Kesalahan dekorasi interior rumah (Freshome)

Kesalahan dekorasi interior rumah (Freshome)

Kesalahan Umum pada Dekorasi Interior Rumah serta Solusinya

Berikut adalah beberapa kesalahan yang lazim terjadi pada desain interior rumah dan cara mengatasinya (jika sudah terlanjur terjadi):

Memilih Cat Terlebih Dahulu

Memang, cat merupakan salah satu bagian terbesar dari desain interior maupun eksterior rumah. Namun, bukan berarti cat adalah elemen pertama yang harus anda pilih. Adakalanya, anda akan kesulitan mendapatkan furniture atau elemen desain yang sejalan dengan warna cat tersebut.

Solusinya: pilih elemen dekorasi berbahan kain, seperti karpet, bantal, kursi, dan hiasan lainnya, sehingga anda akan mudah mendapatkan warna yang sejalan dengan warna cat dinding. Meski mencari kain yang senadanya dengan warna cat dinding pilihan anda bukanlah pekerjaan yang mudah, tugas ini relatif lebih mudah dibanding mencari furniture yang senada.

Membeli Furniture Tanpa Mengukur Terlebih Dahulu

Hal ini tidak hanya menyulitkan dalam merancang dekorasi interior rumah kecil, namun juga pada rumah yang besar. Furniture yang terlalu besar membuat ruangan yang kecil terlihat sesak dan penuh. Sebaliknya, furniture yang terlalu kecil membuat ruangan yang besar tampak kosong. Lalu, bagaimana jika furniture unik dan cantik pilihan anda tidak sesuai dengan ukuran ruangan?

Tidak adanya koordinasi warna dekorasi (Freshome)

Tidak adanya koordinasi warna dekorasi (Freshome)

Solusinya: jika anda terlanjur ‘jatuh cinta’ pada furniture tersebut dan tidak ingin menjualnya, maka solusinya adalah menempatkannya di ruangan lain. Misalnya, jika furniture seperti sofa terlalu besar untuk ruang keluarga anda, maka anda bisa menggunakannya sebagai furniture outdoor di halaman belakang dan menggunakan canopy untuk melindunginya dari hujan dan panas.

Berbelanja di Satu Toko Saja

One-stop shopping memang sedang trend saat ini. Namun, tidak ada toko yang bisa menyediakan semua kebutuhan desain interior rumah anda. Jadi, jangan merasa terikat dengan satu toko, karena pilihan yang ada di hadapan anda justru menjadi terbatas. Padahal, toko lain mungkin menyediakan furniture dengan desain yang lebih variatif dan harga yang lebih bersahabat.

Solusinya: Tidak ada salahnya menggunakan sedikit waktu dan tenaga ekstra untuk mendapatkan elemen dekorasi yang anda butuhkan. Jika anda sudah membuat shopping list dari rumah, berusahalah untuk tetap mengikutinya. Jika anda berbelanja secara online, maka pilihlah toko yang menyediakan produk dari beberapa brand dan pabrik yang berbeda.

Ukuran ruangan dan furniture tidak sesuai (Homesstyle)

Ukuran ruangan dan furniture tidak sesuai (Homesstyle)

Membeli Furniture Satu Set Lengkap

Memang, toko furniture kerap memberikan diskon harga yang menarik jika anda berbelanja satu set perabotan lengkap dengan desain dan warna yang matching. Namun, ini adalah kesalahan yang harus anda hindari. Pasalnya, dekorasi interior ruangan akan terlihat kaku, formal, dan kurang menarik. Sedikit mix n match akan menghasilkan efek yang dramatis dan lebih menarik.

Solusinya: Pilihlah satu item saja dan kunjungi toko lain untuk mendapatkan item berikutnya, meski desainnya tidak matching secara sempurna. Campuran desain ini akan menonjolkan selera pribadi anda, dan anda tidak akan menemukan kreasi semacam ini di katalog. Variasi yang anda ciptakan bisa saja dari segi warna, model kaki perabotan, garis lurus vs melengkung, atau periode desain yang berbeda.

Selain 4 kesalahan umum dari dekorasi interior rumah di atas, masih ada beberapa kekeliruan yang harus anda hindari jika anda menginginkan desain interior rumah yang benar-benar mencerminkan pribadi dan selera anda. Simak terus ya…………….


Content Protection by DMCA.com