Jenis-Jenis Batako

Salah satu bahan bangunan adalah batako. Disini anda perlu mengenal jenis-jenis batako agar fondasi bangunan anda baik.

Batako adalah salah satu bahan material bangunan penyusun dinding. Seperti paving block, batako berasal dari bata concrete atau bata beton atau bataton. Bata ini dibuat dengan campuran pasir, semen, kericak, dan air. Batako dibuat dengan proses pemadatan menjadi bentuk balok-balok pada ukuran tertentu. Proses pengerasan batako tidak dengan pembakaran dan batako dapat disimpan di tempat yang lembab atau tidak terkena panas matahari dan hujan.

Jenis-Jenis Batako

Berdasarkan bahan bakunya, batako dapat digolongkan menjadi 2, yaitu:

1. Batako Putih

Batako putih dibuat dari unsur campuran trass, batu kapur, dan air. batako putih sering dinamakan dengan istilah batu cetak kapur trass. Trass merupakan jenis tanah yang asalnya dari lapukan batu-batu gunung berapi berwarna putih atau putih agak coklat. Ukuran batako putih yang banyak dijumpai di pasaran yaitu panjang 20-30 cm, tebal 8-10 cm dan tinggi 14-18 cm

2. Batako Semen (Batako Pres)

Batako ini dibuat dari campuran semen dan pasir. Ukuran dari batako semen juga lebih beragam dibanding batako putih. Batako ini juga biasanya mempunyai dua atau tiga lubang di sisinya untuk diisi oleh adukan pengikat. Nama lain dari batako semen adalah batako press, yang dibedakan lagi menjadi 2 macam, yaitu press mesin dan press tangan. Ukuran batako semen yang ada di pasaran memiliki panjang 36 cm-40 cm, tinggi 18 cm-20 cm dan tebal 8 cm-10 cm.

    Beberapa Kelebihan batako:

    • Ukuran batako lebih besar daripada bata merah sehingga kita hanya perlu lebih sedikit batako dan material perekat saat membangun rumah.
    • Ukuran batako cenderung sama dan cetakannya relatif lebih rapi daripada bata merah.
    • Ukuran batako lebih besar sehingga menghemat tenaga dan waktu pembangunan rumah.
    • Batako Lebih mudah dipotong dengan rapi.
    • Batako relatif kedap air sehingga mengurangi resiko perembesan air hujan.
    • Karena batako ada rongga di bagian tengahnya maka berat batako lebih ringan dibandingan bata merah.

    Tidak ada gading yang tak retak. Demikian pula halnya dengan batako. Meskipun batako memiliki sejumlah kelebihan, tetapi ada beberapa kekurangan batako antara lain:

    • Batako relatif mudah retak.
    • karena ada rongga di tengahnya, maka batako mudah dilubangi dan pecah.
    • batako menyerap panas sehingga membuat ruangan lebih panas saat cuaca panas.

    Untuk memperoleh batako yang berkualitas maka anda perlu tahu cara memilih batako yang benar. Sebetulnya kualitas batako yang paling bagus adalah yang dibuat dengan mesin. Sebelum membeli batako, tanyakan komposisi bahan dari batako. Komposisi campuran batako yang bagus adalah unsur pasir 75%, semen 20%, dan air 5%. Komposisi dari 3 unsur tersebut merupakan standar baku yang telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR tahun 1986.

    Kepadatan dan komposisi adonan yang tepat juga bisa dilihat dari tampilan pori-pori batako. Batako yang berkualitas bagus mempunyai pori-pori yang terlihat lebih padat, tertutup rapat, dan tidak ada rongga-rongga baik di permukaan maupun di lapisan luarnya. Selain itu permukaan batako terlihat halus rata dan bagian pinggirnya terlihat lancip jika kita pegang.

    harga batako berbeda-beda di tiap daerah. Disini kami berikan harga acuan yang dapat perkirakan dalam menghitung kebutuhan batako sebagai bahan bangunan (harga tahun 2018).

    • Ukuran batako 10x20x40 cm
    • harga batako Rp.2500 per buah
    • jumlah batako 20 buah per m2
    • jumlah keseluruhan 2500×20=5000 per m2

    Sekarang anda sudah tahu jenis-jenis batako. Selanjutnya baca juga berbagai bahan bangunan penting lainnya.



    Content Protection by DMCA.com
    Tags: