Inspirasi Pagar Rumah Minimalis dari Bambu

Rumah minimalis modern biasanya diasosiasikan dengan pemilihan material yang bernuansa modern dan kontemporer. Seperti halnya pagar rumah minimalis, yang umumnya terbuat dari beton atau besi. Namun, bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti bambu, batu, dan kayu kembali menjadi trend dalam hunian minimalis saat ini. Bahkan, sebagian pemilik rumah sengaja mengaplikasikan bahan-bahan alam ini untuk menghadirkan nuansa alami di rumahnya.

Pagar rumah minimalis bambu - Sunsetbamboo

Pagar rumah minimalis bambu – Sunsetbamboo

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Rumah Minimalis Bambu

Di tengah semakin gencarnya upaya melestarikan lingkungan dan semakin langka dan mahalnya kayu, bambu menjadi bahan alternatif untuk pagar. Pagar rumah minimalis modern dari bambu menghasilkan nuansa asri, di samping beberapa kelebihannya, yakni:

  • Ramah lingkungan dan dapat diperbaharui. Bambu mudah dibudidayakan dan tumbuh subur di berbagai jenis iklim dan jenis tanah. Oleh sebab itu, bahan baku pagar dari bambu tidak akan mudah habis
  • Ringan; bambu mudah diangkat, sehingga proses pengerjaannya lebih mudah dan ringan
  • Murah; ini adalah kelebihan lain dari material pagar ini. Bambu jauh lebih murah dibanding kayu maupun besi. Jadi, jika suatu saat pagar rumah anda membutuhkan perbaikan, maka biaya yang akan dikeluarkan tidak terlalu besar.
Pagar bambu setelah treatment - Greenstrides

Pagar bambu setelah treatment – Greenstrides

Namun, di samping kelebihannya, bambu juga memiliki sejumlah kelemehan yang perlu diantisipasi sebelum anda memutuskan untuk membangun pagar rumah minimalis terbaru dari bahan alam ini. Beberapa kelemahannya adalah:

  • Rentan terhadap rayap dan faktor cuaca. Untuk itu, diperlukan treatment dan perawatan khusus, seperti coating dan pemeliharaan berkala agar pagar rumah anda lebih awet dan indah
  • Jarak ruas dan diameter bambu kerap tidak sama. Oleh sebab itu, diperlukan kiat khusus untuk merancang pagar rumah yang kokoh dan indah.
Pagar bambu berukuran tinggi untuk halaman belakang - Bambooandtikis

Pagar bambu berukuran tinggi untuk halaman belakang – Bambooandtikis

Desain Pagar Rumah Minimalis dari Bambu

Bambu merupakan bahan alam yang memiliki tekstur dan penampilan yang unik. Jadi, anda bisa mendapatkan desain pagar rumah minimalis yang unik dengan memanfaatkan bambu. Banyak ide desain yang bisa anda terapkan, di antaranya:

  • Pagar bambu yang dirangkai khusus membentuk pola pagar kayu. Bambu yang digunakan biasanya telah melalui proses treatment, pengeringan, penghalusan, dan pelapisan (coating), sehingga tampilan luar dan ukurannya lebih seragam. Selanjutnya bilah bambu tinggal disusun rapat membentuk pagar.
  • Untuk halaman belakang, pagar bambu bisa dirancang berukuran tinggi, sehingga halaman belakang lebih terlindung.
  • Pagar bambu bisa sekaligus difungsikan sebagai tembok halaman belakang
  • Bambu hidup bisa digunakan sebagai pagar sekaligus tanaman pelindung dan tanaman hias di halaman belakang.
Pagar bambu hidup tampak alami dan asri - Retyulotos

Pagar bambu hidup tampak alami dan asri – Retyulotos

Model pagar rumah minimalis yang dihasilkan dari bambu pada dasarnya cukup artistik, jadi tidak hanya sesuai untuk rumah bernuansa tradisional. Rumah bernuansa modern juga dapat memanfaatkannya. Agar lebih tahan lama dan tampilannya lebih indah, sebaiknya pilih pagar bambu kuning, yang dikenal lebih tahan lama dan warnanya lebih awet.

Pagar bambu di taman belakang rumah minimalis - Bambooandtikis

Pagar bambu di taman belakang rumah minimalis – Bambooandtikis


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

pagar bambu -pagar dari bambu -pagar rumah -model pagar bambu -pagar bambu minimalis -contoh pagar rumah dari bambu -pagar bambu murah -pagar rumah dari bambu -

Content Protection by DMCA.com