Ide Kreatif untuk Mengupdate Tampilan Tangga Rumah Minimalis

Tangga tentu merupakan bagian penting dalam rumah 2 ingkat. Tangga membutuhkan ‘ruang’ khusus, sehingga desainnya selalu menjadi topik yang memerlukan perhatian khusus. Selain itu, karena ukurannya yang cukup besar dan kerap berada di bagian depan interior rumah, desain tangga rumah minimalis juga harus diperhatikan karena efeknya cukup berarti terhadap nuansa yang tercipta di dalam rumah.

Tangga rumah minimalis dengan dinding kaca (Homestratosphere)

Tangga rumah minimalis dengan dinding kaca (Homestratosphere)

Cara Meng-Update Desain Tangga Rumah Minimalis

Ketika usia tangga sudah mencapai beberapa tahun, mungkin elemen ini memerlukan renovasi atau bahkan penggantian. Namun, budget yang diperlukan untuk memperbaharui desain tangga rumah tidaklah sedikit. Jadi, keputusan untuk mengganti tangga juga harus anda pertimbangkan secara matang. Nah, berikut adalah beberapa ide untuk memperbaharui tampilan tangga rumah anda:

Pelitur Ulang

Daripada mengganti tangga, salah satu cara paling hemat untuk mengupdate tampilan tangga yang sudah tua adalah dengan mempelitur ulang. Dengan memperbaharui polesan tangga, maka tampilannya akan berubah secara drastis. Selain memperbaharui pelitur elemen utama, anda juga bisa mengecat ulang bagian rangka. Namun, jikaa tangga anda seluruhnya terbuat dari elemen besi, maka seluruh permukaan tangga bisa anda cat ulang dengan warna yang sama, atau dengan warna yang berbeda sehingga efeknya lebih dramatis.

Memasang karpet

Selain mempelitur ulang, pilihan lainnya adalah memasang karpet pada lantai tangga rumah. Pekerjaan ini tentunya lebih cepat dan mudah, namun anda tetap harus mengecat ulang bagian railing atau pegangan. Dengan demikian, tampilan tangga akan kembali segar.

Motif dan desain karpet yang anda pilih dapat disesuaikan dengan tema yang ingin anda ciptakan. Misalnya, jika sebelumnya interior rumah anda bertema pedesaan dengan kayu sebagai elemen dominan, maka karpet bernuansa modern akan mengubah tampilannya.

Memperbaharui tampilan tangga rumah dengan karpet (Drawhome)

Memperbaharui tampilan tangga rumah dengan karpet (Drawhome)

Mengganti Anak Tangga

Daripada mengganti tangga secara keseluruhan, tidak ada salahnya anda mengganti anak tangga saja, sementara rangkanya tetap dipertahankan. Selain prosesnya lebih mudah, biaya yang dibutuhkan juga lebih kecil. Cara ini juga memberi anda peluang untuk mengganti tampilan tangga, misalnya, dari tangga berdsain tradisional dengan desain tangga modern.

Memperbaharui Railing

Mengganti railing dan pengaman tangga juga akan memberikan efek dramatis. Misaalnya, anda bisa menambahkan elemen logam pada bagian railing untuk memberikan kesan modern. Anda juga bisa memasangi pelindung tangga dari bahan kaca transparan untuk kesan kontemporer. Namun, bahan kaca memerlukan treatment khusus, karena harus dibersihkan secara rutin dari jejak tangan yang menempel di permukaan kaca.

Selain itu, jika di rumah anda terdapat anak-anak, maka penggunaan pelindung kaca harus dipertimbangkan ulang. Dinding tangga berbahan kayu yang disusun horizontal atau vertikal lebih aman dibanding dinding kaca. Anda bahkan bisa memasangi dinding yang tinggi sehingga tak ada yang bisa memanjatnya. Jika tangga terletak di antara dua ruangan yang berbeda, maka dinding tangga ini dapat menjadi backdrop yang stylish.

Tangga rumah modern dengan penyimpanan di bawah (Kyrelay)

Tangga rumah modern dengan penyimpanan di bawah (Kyrelay)

Tambahkan Media Penyimpanan

Area bawah tangga dapat dimanfaatkan secara kreatif, misalnya dengan membuat rak penyimpanan sepatu atau bahkan rak buku, sehingga area tersebut tidak kosong. Selain menambah ruang penyimpanan di rumah anda, tangga dengan desain seperti ini akan tampak lebih kokoh dan bermanfaat. Bahkan, sekalipun anda memiliki tangga dengan desain mengambang (floating), bagian bawahnya tetap bisa diamanfaatkan untuk penyimpanan.

Tangga yang paling menarik tentunya memuat unsur seni di dalamnya. Jangan ragu untuk menambahkan sesuatu yang berbeda pada tampilan tangga rumah minimalis, seperti karpet dengan desain unik, anak tangga dengan aksen ukir, anak tangga dengan cat yang berwarna-warni, dan sebagainya. Semuanya tergantung daya kreativitas anda.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

karpet tangga pelindung -ide penggunaan karpet kreatif -

Content Protection by DMCA.com