Ide Kreatif untuk Dekorasi Teras Belakang – Bagian 3

Apakah anda masih bingung untuk mendesain teras belakang rumah yang luasannya kecil? Jika 8 (delapan) ide yang telah dibahas pada 2 artikel sebelumnya belum sesuai dengan selera atau karakter hunian anda, jangan putus asa. Masih banyak alternatif dekorasi teras belakang rumah yang bisa anda pertimbangkan. Kuncinya adalah kreativitas anda dalam memilih furniture yang sesuai dengan luasan teras.

Inspirasi dekorasi teras belakang rumah (Houzz)

Inspirasi dekorasi teras belakang rumah (Houzz)

6 Elemen Kreatif untuk Dekorasi Teras Belakang Rumah

Patung

Patung menghadirkan nuansa etnik dan unik di teras belakang. Anda bisa menggunakannya untuk mempercantik  dekorasi halaman belakang rumah anda. Jika ingin menekankan nuansa etnik, pilih patung batu alam dengan karakter budaya lokal. Namun, jika anda ingin menekankan nuansa modern kontemporer, maka patung aneka model, seperti patung hewan atau bahkan patung berbentuk buah dengan warna yang cerah bisa menjadi pilihan.

Perhatikan contoh desain teras belakang di bawah ini. Patung cabe berwarna merah terang secara otomatis akan menjadi pusat perhatian ketika anda dan keluarga maupun kerabat sedang bercakap-cakap di teras belakang. Meski ukurannya kecil, patung berwarna cerah ini memberikan nuansa yang unik di teras belakang rumah anda.

Dekorasi halaman belakang rumah unik dengan patung (Houzz)

Dekorasi halaman belakang rumah unik dengan patung (Houzz)

Gunakan Keramik Yang Sama

Salah satu trik untuk menciptakan kesan luas pada teras belakang yang kecil adalah dengan tidak membedakan warna maupun motif lantai. Gunakan keramik yang sama dengan lantai dapur anda, sehingga kesannya bersambung dan berlanjut. Sebaliknya, motif dan lantai yang berbeda akan memberi ‘pembatas’ yang menciptakan kesan sempit.

Warna Cerah

Ide dekorasi teras kecil berikutnya adalah menggunakan furniture set dengan warna cerah yang unik. Daripada mengandalkan warna putih atau warna netral seperti coklat, bukankah lebih menarik jika anda meletakkan furniture set dengan warna kontras seperti hijau terang, orange, kuning, atau bahkan merah. Furniture dengan warna kontras akan menjadi focal point di halaman belakang. Perhatian anda akan tertuju pada furniture tersebut.

Tanaman Vertikal

Jika teras belakang anda berukuran kecil dan sempit, serta dibatasi dinding halaman belakang, maka anda bisa mengalihkan perhatian dengan menanam tanaman vertikal di tembok atau pagar belakang.  Taman vertikal menghadirkan nuansa hidup serta menciptakan kesan tinggi, sehingga cocok untuk teras belakang yang sempit. Desain seperti cocok untuk halaman belakang rumah berlantai 2, atau jika halaman belakan rumah anda berbatasan dengan rumah atau gedung yang tinggi.

Ide dekorasi teras kecil dengan tanaman vertikal (Houzz)

Ide dekorasi teras kecil dengan tanaman vertikal (Houzz)

Manfaatkan Dinding dengan Cerdas

Daripada membiarkan dinding rumah bagian belakang (yang menghadap teras) kosong dan hampa, akan lebih baik jika dimanfaatkan dengan kreatif. Misalnya, anda bisa mengunakan dinding untuk menggantung elemen seperti keran air terjun mini, patung berwarna kontras, lentera berdesain unik, atau bahkan jendela disertai planter untuk tanaman hias. Dengan demikian, anda tidak perlu mencari tempat khusus untuk meletakkan elemen  dekorasi teras belakang rumah tersebut.

Berkreasi dengan Permukaan Lantai Teras

Trik berikutnya adalah menciptakan tekstur dan pola khusus pada lantai teras. Misalnya, anda bisa memasang lantai keramik dengan dua permukaan yang berbeda menggunakan pola catur, zigzag, dan sebagainya. Atau, variasikan lantai batu dengan lantai marmer membentuk pola tertentu, sesuai selera anda. Variasi warna lantai juga bisa menjadi pilihan.

Dekorasi teras belakang dengan variasi tekstur lantai (estphoria.sunset)

Dekorasi teras belakang dengan variasi tekstur lantai (estphoria.sunset)

Tentunya, dari 14 (empat belas) ide dekorasi teras belakang yang telah dijabarkan, ada satu yang menarik dan sesuai untuk rumah anda. Anda tetap bisa memvariasikannya dengan kreasi sendiri, sehingga hasilnya lebih unik dan benar-benar mewakili pribadi dan karakter anda.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

dekorasi teras menjadi menarik -

Content Protection by DMCA.com