Ide Kreatif untuk Dekorasi Teras Belakang – Bagian 2

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas 3 ide kreatif untuk dekorasi teras belakang, yakni menggunakan tempat duduk built-in, furniture unik, serta menggunakan bahan-bahan alam seperti batu maupun kayu. Nah, jika anda masih mencari alternatif lain sebelum menentukan pilihan, simak terus pembahasan berikut. Ada sejumlah ide lain yang tidak kalah kreatif dan unik untuk anda pilih sesuai selera dan konsep hunian anda.

Ide dekorasi teras belakang (Westphoria.sunset)

Ide dekorasi teras belakang (Westphoria.sunset)

4 Dekorasi Teras Belakang Pilihan Anda

Patio di Ruang Tambahan

Idealnya, patio berada di teras belakang yang bersambung langsung dengan bagian belakang rumah. Namun, jika lahan yang tersedia tidak memungkinkan, anda bisa meletakkan furniture di ruang tambahan yang terpisah dari rumah utama. Misalnya adalah garasi atau gudang yang terpisah. Bahkan, anda bisa menyulapnya menjadi tempat yang menyenangkan dengan meletakkan perapian atau dapur tambahan untuk pesta atau perjamuan keluarga.

Gunakan Elemen Air

Elemen air merupakan salah satu ide dekorasi halaman belakang yang paling populer. Air menghadirkan nuansa alami yang menyejukkan. Suara gemercik air membuat fikiran menjadi tenang. Nah, tidak ada salahnya anda menggunakan elemen air, meski halaman belakang anda berukuran kecil.

Ada beberapa pilihan yang bisa anda coba. Misalnya adalah kolam kecil dengan pancuran kecil untuk mengalirkan air atau kolam dengan air mancur berukuran kecil di tengahnya. Jika memungkinkan, anda bisa memasukkan ikan kecil dengan warna-warni indah untuk menyemarakkan suasana. Anda akan lupa kalau hunian anda berada di tengah kota yang sibuk dan bising.

Desain halaman belakang dengan elemen air (Houzz)

Desain halaman belakang dengan elemen air (Houzz)

Tambahkan Pencahayaan

Jangan hanya mengandalkan lampu teras untuk pencahayaan di halaman belakang rumah anda. Halaman belakang akan terasa lebih semarak dan terang jika anda memasang lampu tambahan di halaman, misalnya di dekat bunga atau pohon pelindung tempat duduk. Gunakan bola lampu dengan cahaya yang lunak, sehingga kesannya tidak terlalu terang. Anda bisa mencari lentera berbentuk unik untuk menambah nilai estetikanya.

Furniture Tinggi di Teras Kecil

Jika kebetulan rumah anda terdiri dari dua lantai, maka teras belakang yang luasannya kecil akan tampak seperti tenggelam, karena efek bangunan. Anda bisa menyiasatinya dengan pemilihan furniture teras belakang yang sesuai. Pilih meja dan kursi dengan desain tinggi sebagai penyeimbang. Selain itu, planter (media tanam) yang tinggi disertai tanaman hias berbentuk tinggi, seperti bambu, akan membuat nuansa di teras belakang lebih alami sekaliguseimbang.

Selain menggunakan planter, anda juga bisa merancang pagar halaman belakang secara unik. Misalnya, bangun pagar yang tinggi disertai detil unik seperti susunan kayu maupun bambu yang dicat warna-warni di bagian atasnya. Dengan demikian, pandangan anda maupun tamu akan lebih tertuju pada detil pagar dibanding ukuran halaman belakang yang kecil.

Contoh furniture minimalis berdesain tinggi di teras belakang yang kecil (Houzz)

Contoh furniture minimalis berdesain tinggi di teras belakang yang kecil (Houzz)

Meja Kafe Portable

Terkadang, halaman belakang rumah begitu kecil bahkan untuk meletakkan satu set meja dan kursi sebagai tempat bersantai. Nah, solusinya adalah meja kafe minimalis dengan desain kecil yang pas untuk lahan terbatas. Meja kafe dan kursi dari bahan stainless steel didesain ramping dan tidak makan banyak tempat.

Furniture teras belakang ini juga cocok untuk menghadirkan nuansa modern maupun country, tergantung desain yang anda pilih. Selain itu, anda juga bisa memilih meja kafe portable yang bisa dilipat dan disimpan saat tidak sedang digunakan. Anda bisa mengeluarkannya lagi ketika dibutuhkan. Kreatif kan?

Sejauh ini, telah dibahas 8 (delapan) ide kreatif untuk dekorasi teras belakang anda. Masih mencari ide lain?  Simak lanjutannya di artikel berikutnya ya………


Content Protection by DMCA.com