Fasad Rumah Minimalis: 3 Trik Arsitektur di Pintu Masuk

Pintu masuk adalah bagian yang memberikan kesan pertama kepada tamu yang berkunjung ke rumah anda. Apakah tamu akan menyukai rumah anda atau tidak, pintu masuk bisa menjadi penentunya. Jika bagian fasad rumah minimalis anda cukup menarik, maka tamu akan merasa nyaman untuk masuk lebih dalam.

Fasad rumah minimalis dengan trik lighting - Stagetecture

Fasad rumah minimalis dengan trik lighting – Stagetecture

Ada beberapa ide yang bisa anda terapkan untuk mempercantik area pintu masuk hunian anda. Di antaranya adalah penggunaan lighting yang tepat, mix n match material di fasad depan,  pemberian walkway atau jalan masuk, permainan warna dan sebagainya. Berikut penjelasannya.

Ide Desain Pintu Masuk pada Fasad Rumah Minimalis

Mix n Match Material

Warna fasad rumah minimalis modern umumnya didominasi warna netral dan lembut, seperti putih, abu-abu, coklat, atau krem. Namun, jika anda merasa pilihan warna tersebut cukup terbatas, maka anda bisa bermain dengan mix n match material untuk diaplikasikan di bagian depan rumah. Sebagai contoh, anda bisa mengaplikasikan unsur kayu seperti lamsering, batu bata, maupun batu alam yang telah diberi polesan warna pada bagian depan rumah.

Fasad rumah minimalis modern dengan mix n match material - Meredith

Fasad rumah minimalis modern dengan mix n match material – Meredith

Seperti pada contoh fasad rumah minimalis 1 lantai di atas, pemilik rumah mengaplikasikan batu alam dengan motif mirip mosaic dan warna tanah. Sementara itu, tiang kayu berwarna orange digunakan untuk memperkuat warna fasad rumah. Dengan cara ini, pemilik rumah tidak perlu menggunakan warna cat lain untuk dikombinasikan dengan abu-abu yang menjadi warna cat dasar rumah. Batu alam dan kayu telah memberikan warna tersendiri.

Giring Tamu Anda Untuk Masuk

Pada dasarnya, pintu masuk adalah pemandu bagi tamu yang berkunjung. Namun, anda bisa memperkuat kesan ‘ramah’ pada rumah anda dengan membuat jalur atau jalan masuk rumah dari halaman depan. Jalan masuk tidak perlu berukuran besar, hanya saja harus cukup untuk menampung 2 orang yang berjalan beriringan.

Walkway pada fasad rumah minimalis 2 lantai - Greenergrasssystems

Walkway pada fasad rumah minimalis 2 lantai – Greenergrasssystems

Pada fasad rumah minimalis 2 lantai di atas, jalan masuk (walkway) dibangun permanen dengan dengan desain bertingkat. Dengan ‘panduan’ seperti ini, tamu mana yang akan tersesat untuk masuk ke rumah anda? Model walkways tentunya bisa disesuaikan dengan landscape rumah anda. Jalan masuk bisa juga diapit taman di kanan-kiri, sehingga tampak lebih cantik dan natural.

Pintu Depan yang Dominan

Ide berikutnya untuk mempercantik fasad rumah minimalis anda adalah dengan menggunakan pintu masuk yang dominan. Cara paling praktis adalah menggunakan pintu dengan warna cerah yang kontras dengan warna dasar rumah. Cara ini akan memperkuat kesan ‘berenergi’ di pintu masuk anda. Seperti contoh di bawah ini, pintu berwarna kuning cerah membuatnya dominan dikelilingi putih yang menjadi warna dasar rumah.

Fasad rumah minimalis dengan pintu berwarna kontras - Cranberradental

Fasad rumah minimalis dengan pintu berwarna kontras – Cranberradental

Sebenarnya, masih banyak ide lain yang bisa anda terapkan untuk menciptakan fasad rumah minimalis yang ‘ramah’ di mata pengunjung. Anda juga bisa menggunakan trik lighting atau pencahayaan. So, ide mana yang lebih menarik untuk anda?


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah minimalis 3d -topi pintu ruang tengah minimalis -arsitektur pintu depan rumah -contoh jalan masuk rumah -ide fasad rumah minimalis -jalan tangga depan rumah dibawah -mempercantik fasad rumah dengan kayu -model jalan masuk rumah -

Content Protection by DMCA.com