5 Etika Renovasi Rumah Minimalis

Pada saat dana renovasi rumah sudah tersedia, ada banyak ide untuk mendesain rumah anda. Pada umumnya, orang akan mencari tahu cara mendesain rumah yang bagus. Tetapi ada satu hal yang kerap terlewatkan yaitu etika renovasi rumah minimalis.

Seperti halnya perilaku yang memiliki etika, demikian juga dengan saat membangun rumah di komplek atau permukiman. Apalagi, pada umumnya hunian di Indonesia memiliki dinding rumah yang menempel dengan dinding rumah tetangga.

Dengan kondisi seperti itulah, aktivitas renovasi pembangunan rumah akan banyak berdampak pada tetangga anda. Dampak negatif tersebut antara lain debu dan suara bising.

Etika Renovasi Rumah Minimalis

Ilustrasi renovasi rumah minimalis (Credit to Fotolia)

Etika Renovasi Rumah Minimalis

Langkah 1: Sosialisasi

Jika hanya rumah anda yang akan dilakukan renovasi dan kondisi tetangga terdekat tidak ada masalah (seperti protes, mengeluh, dan lain sebagainya), maka sebelum merenovasi rumah, terlebih dahulu anda sampaikan niat bahwa anda akan merenovasi rumah. Katakan jika ada kemungkinan akan muncul suara bising dari peralatan pertukangan, dan lain-lain.

Langkah 2: Pembatas

Pastikan anda memasang pembatas antara rumah anda dengan tetangga agar tidak ada debu, kotoran, atau partikel yang akan masuk ke rumah tetangga. Bagaimanapun juga, partikel debu dari semen atau pasir akan berpotensi menyebabkan gangguan ISPA. Dengan memasang pembatas untuk menyaring partikel tersebut, maka meminimalkan dampak negatif akibat kegiatan pembangunan renovasi rumah anda.

Langkah 3: Penetapan jam kerja

Sebaiknya anda menetapkan jam kerja untuk tukang bangunan sehingga pekerjaan renovasi rumah tidak dilakukan pada jam-jam tetangga anda sedang istirahat, terutama pada saat malam hari. Jangan sampai tetangga anda mengeluhkan bahwa keluarganya sulit tidur pada saat istirahat saat malam hari.

Langkah 4: Tetapkan aturan untuk tukang bangunan

Peraturan penting untuk menjaga keteraturan antara lain: tata cara membuang sampah, aturan merokok bagi pekerja bangunan. Sebab boleh jadi tetangga anda merasa keberatan dengan ketidakbersihan dan polusi asap rokok akibat tukang bangunan merokok di jalan depan rumah anda.

Langkah 5: tanggung jawab

Anda sebaiknya memberitahukan kepada tetangga bahwa anda akan bertanggung jawab jika ada jalanan yang rusak, saluran got yang menumpuk sehingga menyebabkan banjir. Atau komplen akibat kerusakan rumah tetangga akibat tidak sengaja tertimpa bahan material rumah anda.

Baca juga info desain rumah minimal berikut:

Itulah 5 etika renovasi rumah minimalis yang perlu anda perhatikan agar tercipta lingkungan sosial bertetangga yang harmonis. Kenyamanan hunian bukan hanya tercipta karena keindahan desain belaka namun juga dilengkapi dengan lingkungan bertetangga yang baik.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

Etika tukang bangunan -terlewatkan saat renovasi -

Content Protection by DMCA.com