Desain Teras Belakang Rumah Untuk Hunian Minimalis

Mempunyai sisa lahan di belakang rumah bisa menjadi berkah tersendiri karena memungkinkan Anda untuk mempunyai teras belakang rumah walaupun hunian milik Anda tergolong minimalis dengan tanah yang terbatas. Dengan pemilihan Desain teras belakang rumah yang tepat serta penataan yang baik bukan tak mungkin sisa lahan tersebut bisa disulap menjadi teras mungil yang cantik untuk bersantai bersama keluarga.

Desain teras belakang rumah dengan canopy (Fotolia)

Desain teras belakang rumah dengan canopy (Fotolia)

4 Ide Desain Teras Belakang Rumah

Untuk konsep atau Model teras rumah minimalis sesungguhnya bisa dipilih sesuai dengan selera pemilik rumah. Tetapi point penting yang harus Anda perhatikan adalah hendaknya konsep tersebut tetap mengacu pada keseluruhan tema rumah untuk menciptakan keserasian. Model-model teras belakang yang banyak disukai untuk rumah minimalis, misalnya adalah teras terbuka dengan kanopi, teras berlantai parket, teras terbuka yang langsung menyatu dengan taman belakang, atau teras bernuansa alami. Inilah beberapa furnitur dan dekorasi untuk teras belakang Anda.

Desain teras terbuka dengan kursi kayu dan lantai parket (Fotolia)

Desain teras terbuka dengan kursi kayu dan lantai parket (Fotolia)

Kursi Kayu

Furnitur yang cocok untuk dipasang pada teras belakang adalah yang berbentuk kompak agar tak menghabiskan tempat, seperti misalnya kursi kayu atau bambu. Sofa atau kursi dengan bantalan busa sebaiknya diletakkan di dalam ruangan agar tak cepat rusak karena cuaca. Bila Anda kurang menyukai kayu sebagai bahan furnitur, Anda bisa menggantinya dengan stainless steel. Selain mempunyai fungsi asli sebagai tempat untuk duduk-duduk dan bersantai, pemilihan meja kursi yang tepat juga bisa memberi fungsi artistik.

Pot Bunga

Untuk Model teras belakang rumah minimalis bernuansa alami, menambahkan beberapat pot bunga berukuran yang sesuai akan semakin memperkuat konsep design rumah Anda. Dalam penempatan pot-pot bunga tersebut hendaknya diperhatikan agar tak mengganggu aktifitas. Bila lahan teras tersebut terlalu sempit, pot-pot gantung juga bisa menjadi pilihan untuk menciptakan suasana asri di halaman belakang Anda.

Ruang makan terbuka di teras belakang rumah (Fotolia)

Ruang makan terbuka di teras belakang rumah (Fotolia)

Rak Sepatu, Tempat Payung, Rak Buku

Untuk menambah fungsional dari teras, bila memadai dan atap teras memungkinkan untuk melindungi berbagai furnitur pada tempat tersebut, Anda juga bisa meletakkan tempat payung, sepatu, atau rak buku. Ide ini akan memberikan ruangan yang lebih luas untuk bagian dalam rumah Anda. Dengan demikian teras rumah juga bisa berfungsi sebagai perpustakaan keluarga atau ruang baca.

Tirai Bambu

Penambahan dekorasi berupa tirai bambu akan sangat sesuai untuk teras belakang berkonsep alami dengan lantai parket. Selain berfungsi sebagai hiasan, tirai bambu juga akan melindungi kita dari paparan sinar matahari bila ingin bersantai di teras pada pagi atau siang hari. Selain harganya tak terlalu mahal, tirai bambu juga cukup awet dan memperkuat kesan alami pada bagian tersebut.

Selain tirai bambu, bahan lain yang bisa memenuhi fungsi pelindung dari sinar matahari misalnya adalah payung pantai yang lebar atau kanopi dari kanvas yang bisa dibongkar pasang sebagai atap portabel.

Desain teras belakang sebagai ruang makan bernuansa alami (Fotolia)

Desain teras belakang sebagai ruang makan bernuansa alami (Fotolia)

Kolam Air Mancur Portabel

Kadang-kadang kita menginginkan “melarikan diri” sejenak dari suasana perkotaan di sekitar rumah dengan nuansa pedesaan yang asri. Untuk memenuhi keinginan tersebut pada teras belakang Anda bisa menambahkan kolam air mancur mungil portabel atau air terjun buatan dari bahan kaca. Suara gemericik air dijamin akan membuat Anda merasa rileks dan santai.

Walaupun merupakan bagian rumah yang berada di luar ruangan, tetapi Desain teras belakang rumah juga harus memperoleh perhatian yang sama dengan bagian rumah yang lain. Lokasi ini bisa menjadi tempat yang cukup penting bagi penghuni rumah, misalnya untuk makan bersama, pesta barbeque, atau sekedar bersantai dan bercengkrama dengan seluruh anggota keluarga.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

teras belakang rumah minimalis -Teras belakang rumah -desain beranda belakang rumah lantai 2 -desain teras belakang -teras belakang -desain teras belakang rumah -teras belakang minimalis -desain teras belakang rumah minimalis -

Content Protection by DMCA.com