Desain Taman Depan Rumah Alami dengan Kerikil

Banyak orang yang merasa rumah saja tidak cukup. Mereka selalu membutuhkan sesuatu yang lebih. Salah satu hal yang banyak dikembangkan taman. Desain taman depan rumah bisa dibuat unik nan menarik dengan kerikil warna. Taman itu bisa ditempatkan baik di depan, belakang, bahkan samping rumah. Lahan yang luas akan menjadi keuntungan tersendiri dalam pembuatan taman. Dengan pengaturan yang lansekap yang baik taman dan tanaman hias akan mampu mempercantik.

desain taman depan rumah minimalis dengan kerikil

desain taman depan rumah minimalis dengan kerikil (Truelocal)

Desain Taman Depan Rumah Dengan Batu Kerikil

Pembuatan jalan tengah pada taman bukan kerjaan yang sulit. Meski Anda bukan seorang perancang atau desainer properti, Anda masih bisa membuat jalan taman yang bagus. Namun begitu, jalan yang kecil ini harus dibuat dengan usaha yang kuat, karena harus disesuaikan antara ukuran, kontur, dan model dengan lahan yang ada.

Beberapa pilihan bahan untuk dimanfaatkan pembuatan jalan di taman adalah sebagai berikut:

  • Batu, bisa dibentuk seperti stepping stones.
  • Batu bata, perlu dibentuk dan diatur sebagai formasi tertentu.
  • Kerikil, merupakan pilihan alternatif yang paling unik
Desain taman depan rumah dengan kerikil warna

Desain taman depan rumah dengan kerikil warna (Yell)

Penggunaan kerikil banyak digemari sebagai salah satu ornamen penghias. Ini bukan tanpa alasan mengingat banyaknya keunggulan kerikil yang bentuknya kecil. Lebih dari fungsi utama sebagai bahan pembuatan jalan, batu kerikil menimbulkan efek natural pada tatanan tman Anda. Adapun uraian keunggulan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pertama, batu kerikil adalah bebatuan bersifat alami tanpa olahan, maka sangat ramah lingkungan.
  • Kedua, warna, bentuk, dan tekstur mudah didekor secara instan.
  • Ketiga, melindungi tanah dan kelembabannya agar tidak kering. Keempat, ukuran dan warna memberi hasil yang gampang diatur.

Desain Taman Depan Rumah Minimalis dengan Batu Kerikil Warna

Desain pembuatan jalan-jalan pada desain taman depan rumah minimalis dengan kerikil masih bisa dibagi menjadi 2, yaitu:

Landscape taman depan minimalis dengan kerikil 1 warna

Landscape taman depan minimalis dengan kerikil 1 warna (Tina Jones – Pinterest)

Kerikil 1 warna

Jika hanya tersedia kerikil satu warna, Anda silahkan memainkan warna sesuai dengan warna tanaman hias. Cara lain adalah mengatur kontur dan polanya. Buatlah pola-pola tertentu, lalu isi pola itu dengan kerikil yang sudah disediakan sebelumnya. Sebagai tambahan variasi, bebatuan ini bisa Anda kombinasikan dengan paving atau cor biasa. Satu sisi diberi paving dan sisi yang lain diisi dengan kerikil. Ini sangat cocok untuk rumah model minimalis.

Kerikil banyak warna

Akan lebih kaya ekpresi kerikil yang Anda siapkan adalah kaya warna. Maka pilihan utama jelas memainkan warna-warna dan kombinasinya. Dengan lebih banyak warna, jelas potensi desain akan lebih banyak. Karena banyak warna, maka akan lebih baik jika area berbatu kerikil diperbanyak dan diperluas. Pola kerikil bisa mengikuti dengan trend warna tanaman. Bagaimanapun tanaman dalam taman adalah hal paling pokok. Meski bisa sangat variatif, pilihan ini masih cocok dengan gaya rumah minimalis.

desain taman depan dengan kerikil 2 warna

desain taman depan dengan kerikil 2 warna (Julie Kay – Pinterest)

Ketika taman rumah dengan kerikil sudah indah, ini berarti desain taman depan rumah Anda bisa dibilang berhasil. Kemudian, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah perawatan agar tetap rapi. Anda sebaiknya sering merawat dan membersihkan taman seperti memangkas tanaman yang tak rapi. Agar pekerjaan merawat ini menjadi kegiatan yang menyenangkan, alangkah baiknya jika taman ditata sejak awal sebagai desain yang memungkinkan perawatan yang mudah dan tidak membuat kerusakan.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

cara membuat taman rumah sederhana -cara membuat taman depan rumah -batu taman -cara membuat batu alam untuk taman -taman batu minimalis -batu untuk taman -membuat taman sederhana -cara pasang batu kerikil taman -

Content Protection by DMCA.com