Desain Rumah Yang Salah Bikin Anak Malas Belajar

Banyak faktor penyebab prestasi anak menurun di sekolahnya. Salah satunya, boleh jadi adalah desain rumah yang salah bikin anak malas belajar. Bagaimana bisa terjadi? Simak penjelasannya dibawah ini.

Pada saat prestasi rapot anak anda menurun, kerap kali orang tua menyalahkan kebiasaan bermain anaknya dan kurangnya waktu belajar.

Mungkin rasa malas belajar tercipta akibat kondisi rumah yang membuat buah hati anda menjadi tidak fokus belajar dan berujung pada rasa malas belajar. Kondisi rumah terkait rancangan dekorasi atau desain rumah yang membuat anak menjadi tidak betah berlama-lama untuk belajar.

Desain Rumah Yang Salah Bikin Anak Malas Belajar

credit to ipeka international

Ruangan Terlalu Gelap

Sebelum renovasi, rumah anda memiliki halaman belakang. Tetapi karena keinginan anda menambah ruangan maka halaman terbuka diubah menjadi ruangan tambahan. Efeknya adalah sinar matahari hanya masuk melalui ruangan di bagian depan. Ruangan di tengah dan belakang menjadi kurang cahaya alami dan hanya mengandalkan lampu saja. Hal ini menjadi tidak baik karena ruangan gelap akan membuat motivasi belajar turun karena suasana menjadi tidak nyaman untuk belajar.

Ruangan tertutup dan gelap juga menjadikan sirkulasi udara menjadi minim. Jangan heran kondisi ruangannya membuat anak menjadi mudah mengantuk saat di rumah. Jangankan anak, bahkan orang dewasa yang belajar di ruangan tersebut pun akan mudah mengantuk akibat minimnya oksigen.

Jika tidak memungkinkan membangun halaman di belakang rumah, buatlah atap transparan sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan.

Terlalu Sempit

Coba anda perhatikan kondisi kamar anak. Jika kamarnya sempit dan berantakan, maka sebaiknya anda merapihkan kondisi kamarnya. Bagaimanapun ruangan yang lapang akan membuat anak menjadi lebih kreatif dan tidak ada rasa tertekan saat masuk ke dalam kamarnya.

Singkirkan barang yang tidak lagi digunakan, lalu aturlah posisi tempat tidur, meja belajar, dan lemarinya sehingga terkesan lapang untuk sebuah kamar anak.

Banyak tumpukan barang

Kondisi ruangan yang mayoritas barangnya berserakan akan menyebabkan debu di dalam barang tersebut. Debu tersebut tidak dapat langsung lenyap hanya dengan disapu atau dibersihkan dengan kemoceng. Anda sebaiknya perlu merapihkan barang-barang secara berkala. Sebab debu dalam ruangan berisiko mengganggu pernafasan anak dan menjadikan suasana tidak nyaman untuk belajar.

Halaman tidak terawat

Saat tiba di rumah, anak pertama kali akan memandang halaman dan bagian depan rumah. Jika halaman tidak terurus, tanaman tidak terawat, tanah kering, maka mood anak untuk bermain dan belajar di rumah pun menjadi berkurang.

Rawatlah halaman rumah anda, gantilah tanah jika sudah terlalu kering, berikan pupuk pada tanaman sehingga tanaman akan tumbuh segar dihalaman anda. Halaman rumah yang cantik mampu menghilangkan rasa jenuh dan lelah setelah pulang mereka pulang dari sekolah.

Aroma tidak sedap

Buanglah sampah dapur yang sudah terlalu menumpuk dan jangan biarkan aroma tidak sedap muncul di rumah anda. Untuk meningkatkan semangat belajar, pasanglah parfum aroma terapi yang cocok untuk belajar di rumah anda.

Baca juga info desain rumah minimalis berikut:

Bagaimanapun desain rumah yang Salah bikin anak malas belajar. Mood belajar dapat ditingkatkan yaitu salah satunya dengan memperbaiki kondisi rumah agar nyaman untuk aktivitas belajar anak.


Content Protection by DMCA.com