Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Type 45 Asri Tanpa Taman

Rumah minimalis 2 lantai dengan type 45 senantiasa dibangun dengan alasan lahan yang tersedia sangat terbatas atau sempit. Type 45 biasanya memiliki dimensi 5 meter x 9 meter dan 7,5 meter x 6 meter. Dimensi yang kedua ini akan mengesankan rumah Anda luas jika dilihat dari depan karena memiliki dimensi lebar yang panjang yaitu 7,5 meter. Karena lahan yang terbatas desain rumah minimalis 2 lantai type 45 sering tidak memiliki taman. Lalu bagaimana agar rumah ini tetap kelihatan asri?

desain rumah minimalis 2 lantai type 45 dengan pemanfaatan lahan maksimal

desain rumah minimalis 2 lantai type 45 dengan pemanfaatan lahan maksimal (Bradleveredesign)

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Type 45 Tanpa Taman

Rumah dengan lahan terbatas seringkali sulit memiliki taman. Terutama pada desain rumah minimalis 2 lantai  type 45 yang menghabiskan seluruh lahan untuk bangunan. Jangankan taman di dalam rumah, untuk memiliki taman di luar baik taman belakang maupun taman depan sudah tidak memungkinkan. Rumah tanpa taman akan kehilangan unsur kesejukan, selain itu rumah jadi tampil tidak menarik.

Tapi Anda jangan khawatir, hal ini masih bisa disiasati dengan beberapa teknik  agar rumah tetap tampil cantik dan asri. Berikut beberapa ide untuk anda coba:

Contoh taman vertikal di lantai 2

Contoh taman vertikal di lantai 2 (Thedcard)

Sisakan Lahan Minimal 80 Cm

Jika Anda benar-benar sudah akan menghabiskan lahan untuk bangunan, usahakanlah untuk ‘menculik’ sekitar 80 cm saja untuk taman belakang agar rumah Anda tetap mendapat banyak cahaya dan udara dari luar. Jika lahan di depan rumah Anda sudah tidak bisa diselamatkan lagi, ambillah area sekitar 1,2 meter x 40 cm untuk dibiarkan tanpa semen.

Gunakan Tanaman Rambat

Area-area kecil tersebut bisa dijadikan taman mini dengan memanfaatkan tanaman merambat di dinding rumah. Biarkan dinding polos hingga ke lantai atas di area tersebut lalu, tanami dengan tanaman rambat berdaun kecil dan biarkan merambat hingga ke dinding atas. Lalu pilih cat eksterior rumah Anda dengan memadukan warna coklat moka dan krem pada dinding dan warna putih pada kusen jendela dan pintu sehingga rumah tidak kelihatan semak. Sedangkan area 80 cm di belakang rumah diberikan vertical garden dengan menanam bunga-bunga ceria penuh warna.

Media tanam vertikal untuk menyegarkan ruangan

Media tanam vertikal untuk menyegarkan ruangan (Amazon)

Ruangan Tanpa Sekat Untuk Rumah Minimalis 2 Lantai Type 45

Rumah minimalis dengan dua lantai yang tidak memiliki taman sebaiknya hanya memanfaatkan lantai 1 rumah untuk semua ruangan tapi tanpa sekat dinding. Hal ini bertujuan agar seluruh ruangan di bawah mendapatkan akses cahaya dan udara yang hanya bisa masuk dari depan rumah saja. Jika ingin memberi batasan antar ruangan, beri saja partisi berupa kisi-kisi berbentuk lemari. Letakkan seluruh kamar tidur di lantai 2. Karena lantai 2 masih bisa memilki akses udara dan cahaya dari depan dan belakang. Lagipula ruangan bawah jika tidak disekat, akan memberikan nuansa yang luas dan tidak sumpek.

Ruangan tanpa partisi tampak tetap asri dan nyaman

Ruangan tanpa partisi tampak tetap asri dan nyaman (Lasthomedecors)

Desain rumah minimalis 2 lantai type 45 yang tidak memiliki taman akan tetap asri dengan membiarkan ruangan di lantai bawah tidak bersekat dan memasukkan beberapa tanaman hias hidup di dalam seperti di dapur atau di ruang tamu. Selain itu Anda juga bisa memadukan dua warna cat bernuansa alam seperti warna krem dengan hijau atau warna coklat dengan kuning muda. Rumah tetap akan cantik, segar dan asri walau tanpa taman.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah asri 2 lantai -taman ukuran 1 meter -contoh taman minimalis dilantai 2 -denah rumah 2 lantai tanpa garasi -denah rumah melebar asri -denah rumah mungil 6 meter 2 lantai -denah rumah tanpa taman -denah rumah tanpa taman 2 lantai -

Content Protection by DMCA.com