Desain Interior Rumah Minimalis dengan Dinding Tumpu

Apakah anda pernah mendengar istilah feature wall alias dindin tumpu? Gaya desain interior rumah ini pernah populer di tahun 1990an dan awal tahun 2000an. Kini, penggunaan dinding tumpu kembali populer, tentunya dengan gaya dan sentuhan yang telah disesuaikan dengan trend hunian minimalis modern. Nah, apa sebenarnya dinding tumpu? Dan bagaimana cara menggunakannya dalam hunian anda?

Dinding tumpu pada desain interior rumah (Freshome)

Dinding tumpu pada desain interior rumah (Freshome)

Dinding Tumpu pada Desain Interior Rumah

Dalam bahasa sederhana, dinding tumpu (feature wall) adalah dinding yang dicat berbeda dari dinding lainnya dalam sebuah ruangan, meski pada aplikasi sebenarnya, pembedaan dinding tumpu tidak mesti dilakukan dengan menggunakan cat. Alasan utama menggunakan feature wall pada desain interior ruang tamu atau ruangan lainya di dalam rumah adalah untuk menambahkan elemen kreatif dan nilai seni.

Selain itu, dinding tumpu digunakan karena berbagai alasan lain, seperti:

  • Menghindari kebosanan atau ‘kehambaran’ pada atmosfir yang tercipta di sebuah ruangan
  • Menyegarkan nuansa rumah
  • Menentukan fungsi khusus sebuah ruangan
  • Sebagai focal point atau titik fokus ruangan, untuk mengalihkan pandangan dari bagian lain yang kurang menarik
  • Sebagai pernyataan ‘style’ atau selera personal pemilik rumah
  • Dan sebagainya

Apapun alasan anda menggunakannya sebagai bagian dari desain interior kamar tidur, ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga atau bahkan kamar mandi, desain dinding tumpu mempengaruhi suasana yang tercipta di dalam sebuah ruangan. Oleh sebab itu, pemilihannya harus dilakukan secara seksama, dengan mempertimbangkan berbagai hal, seperti tema hunian, luasan ruangan, dan elemen lain yang terdapat di ruangan tersebut.

Dinding tumpu pada kamar tidur (Freshome)

Dinding tumpu pada kamar tidur (Freshome)

Tips Memilih Dinding Tumpu pada Desain Interior Rumah

Desain dinding tumpu yang anda gunakan bisa membuat ruangan terkesan lebih sempit atau lebih lapang. Ruangan yang besar terasa lebih idea, ruangan kecil terasa lebih lapang, atau justru ruangan yang sempit menjadi lebih sumpek. Mana yang anda pilih? Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memilih feature wall pada desain interior rumah minimalis anda:

  • Jangan menggunakan terlalu banyak feature wall di rumah anda. Dinding tumpu menandakan area tersebut ‘spesial.’ Namun, jika area spesial terlalu banyak, apakah masih ‘spesial’ namanya? So, anda harus selektif memilih dinding mana yang akan digunakan sebagai feature wall.
  • Jangan menggunakan lebih dari satu dinding tumpu di dalam satu ruangan, karena akan menimbulkan kesan ‘tabrakan’ dan kesan berlebihan. Apalagi di ruangan kecil, penggunaan lebih dari dinding tumpu justru bisa membuat ruangan terasa lebih kecil.
  • Sesuaikan dinding tumpu dengan elemen lain di dalam ruangan. Pastikan desain yang anda gunakan benar-benar membuat dinding tersebut terasa ‘spesial’ dan menonjol.
  • Jangan menggunakan desain yang terlalu mencolok, sehingga menimbulkan kesan kalau elemen lain dalam ruangan tersebut tidak ada artinya. Anda tetap harus menghargai dan mempertahankan skema desain dan fungsi ruangan.
  • Pilih dinding yang posisinya tepat untuk dijadikan sebagai focal point atau titik tumpu pandangan ketika anda memasuki ruangan tersebut.
  • Jangan memilih dinding yang memiliki banyak jendela atau pintu, karena kesan ‘spesial’ yang anda ciptakan tidak akan terlihat
  • Pilih dinding dengan unsur arsitektur yang menarik dan khas untuk dijadikan sebagai tumpuan.

Pada dasarnya, dinding tumpu pada desain interior rumah minimalis akan menjadi lambang identitas ruangan maupun hunian anda. Artinya, dinding tumpu tersebut mencerminkan selera dan gaya personal anda. Lalu, seperti apakah desain dinding tumpu yang sesuai untuk rumah anda? Apa saja elemen yang digunakan untuk menciptakan feature wall tersebut? Dan seperti apa trend penggunaan dinding tumpu pada hunian minimalis kontemporer. Simak pembahasannya pada artikel selanjutnya………..


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

dinding tumpu -desain interior rumah sedikit wall 2 kamar 1lantai -model rumah tahun 2000 -

Content Protection by DMCA.com