Desain Interior Kamar Mandi Mungil dengan Shower Room

Di tengah permasalahan global warming dan berkurangnya pasokan air, efektivitas dan penghematan penggunaan air menjadi salah satu isu penting. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan desain interior kamar mandi yang mendukung gerakan penghematan ini. Sebagai contoh, kamar mandi modern umumnya didesain sebagai area kering, sehingga penggunanya lebih seksama dalam menggunakan air. Demikian juga dengan penggunaan kloset dan perkakas lainnya.

Desain interior kamar mandi dengan shower room transparan - Lunar.thegamez

Desain interior kamar mandi dengan shower room transparan – Lunar.thegamez

Tips Desain Interior Kamar Mandi dengan Shower

Dibanding menggunakan bak mandi konvensional, shower tentunya lebih hemat dari segi penggunaan air. Lalu, bagaimana jika kamar mandi anda berukuran kecil? Ya, penggunaan shower sesungguhnya lebih efisien dalam hal penggunaan ruang, sehingga cocok untuk kamar mandi berukuran kecil. Berikut adalah beberapa tips merancang desain interior kamar mandi mungil dengan menggunakan shower:

Jangan Menggunakan Bathtub

Bathtub tentunya membutuhkan ruang khusus di kamar mandi anda, demikian juga dengan ruang shower. Oleh sebab itu, jika anda menginginkan keberadaan shower room, maka bathtub harus mengalah. Jadi, anda bisa menghemat ruang kamar mandi dengan menggunakan elemen wajib saja, yakni shower, closet, cabinet.

Interior kamar mandi tanpa bathtub - Slipnet

Interior kamar mandi tanpa bathtub – Slipnet

Gunakan tirai shower

Untuk kamar mandi berukuran kecil, trik berikut yang bisa anda terapkan adalah tidak menggunakan dinding atau sekat untuk ruang shower. Namun, jika anda tetap menginginkan privasi di ruangan shower, maka menggunakan tirai adalah salah satu solusinya. Seperti terlihat pada contoh desain interior kamar mandi minimalis sederhana berikut, saat shower room tidak digunakan, tirai bisa digulung, sehingga ruangan kamar mandi tetap tampak terbuka dan terang.

Shower room tanpa sekat - Housetohome

Shower room tanpa sekat – Housetohome

Shower room transparan

Ini adalah trik klasik namun masih sangat efektif untuk kamar mandi berdesain minimalis dan berukuran kecil. Gunakan kaca transparan untuk menghadirkan nuansa terang dan terbuka. Jika anda tetap ingin memasang sekat untuk shower room, maka kaca transparan adalah pilihan sempurna. Kaca tembus pandang juga membuat nuasa kamar mandi menjadi cerah karena sifatnya yang memantulkan cahaya.

Shower room di sudut kamar mandi

Untuk kamar mandi kecil, pastikan anda menggunakan seluruh ruang secara efisien. Dengan kata lain, jangan membiarkan ada ruang yang tidak terpakai. Seperti pada contoh desain interior kamar mandi berikut, shower diletakkan berdampingan dengan rak kaca minimalis. Shower room hanya membutuhkan satu sudut kamar mandi, sedangkan sudut lainnya digunakan untuk meletakkan perlengkapan mandi. Desain rak kaca bertingkat ini membuat ruangan tampak rapi sekaligus efisien.

Interior kamar mandi hemat ruang - Pjtena

Interior kamar mandi hemat ruang – Pjtena

Singkatnya, shower room kini tidak lagi terbatas pada desain interior kamar mandi berukuran luas dan megah. Penggunaan shower adalah solusi yang hemat, sekaligus cocok untuk kamar mandi dengan luasan terbatas. Meski demikian, pastikan ruang shower tidak terlalu luas, namun cukup untuk anda bergerak secara leluasa saat mandi.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

interior kamar mandi -kamar mandi transparan -tirai kamar mandi minimalis -kamar mandi shower tanpa kaca -Kamar mandi shower -shower kamar mandi minimalis -desain kamar mabdi kecil tanpa bathup -desain kamar mandi kecil dengan shower -

Content Protection by DMCA.com