Desain Dapur dan Ruang Makan Dalam Satu Ruangan

Rumah berdesain minimalis memang cocok untuk diterapkan pada kota besar karena lahan yang terbatas serta waktu untuk membersihkannya juga bisa lebih cepat. Selain itu, ada baiknya apabila desain dapur dan ruang makan berada di satu ruangan sehingga bisa memberikan kesan luas dan elegan pada rumah minimalis milik Anda.

Desain Dapur dan Ruang Makan - Fotolia

Desain Dapur dan Ruang Makan – Fotolia

4 Tips Desain Dapur dan Ruang Makan yang Menyatu

Untuk bisa membuat dapur dan meja makan menyatu dalam satu ruangan, maka sebaiknya Anda mengikuti beberapa langkah tepat untuk mendesainnya sebagai berikut:

Menggunakan warna yang sama

Seperti yang sudah Anda ketahui jika rumah pemilihan warna pada rumah minimalis haruslah diperhitungkan dengan tepat dan matang sehingga desain tetap elegan. Dengan desain dapur dan ruang makan sederhana yang menjadi satu, maka sebaiknya gunaknlah konsep terbuka dengan warna yang serupa baik untuk dapur dan juga meja makan sehingga bisa memberikan kesan lebih luas.

Kitchen cabinet dan dining set menggunakan warna yang sama - Fotolia

Kitchen cabinet dan dining set menggunakan warna yang sama – Fotolia

Desain terbuka adalah tidak adanya pembatas antara dapur serta meja makan walaupun masih berada di satu tempat sehingga ruang bergerak untuk Anda jauh lebih lapang.

Gunakan dapur ‘tersembunyi’

Area memasak seringkali dianggap sebagai area basah yang kurang indah jika terlihat secara terbuka. Jika kebetulan dapur dan ruang makan anda menyatu, maka ada trik yang bisa anda lakukan untuk ‘menyembunyikan’ area memasak. Caranya adalah menggunakan semacam tirai atau pintu ‘bayangan’ yang bisa dibuka tutup; dengan demikian, area memasak tidak begitu terekspos saat anda tidak sedang menggunakannya.

Ruang makan menyatu dengan dapur tersembunyi - Fotolia

Ruang makan menyatu dengan dapur tersembunyi – Fotolia

Selain itu, anda bisa menghiasi area ruang makan sebagai tempat yang menyenangkan; misalnya adalah meletakkan rak buku kecil atau lukisan dinding.

Gunakan Focal Point

Jika ingin mengalihkan pandangan dari area memasak di dapur yang menyatu dengan ruang makan, maka anda harus menjadikan meja makan sebagai focal point dalam ruangan tersebut. Caranya bisa bermacam-macam. Misalnya adalah memasang wallpaper pada dinding yang berdekatan dengan meja makan atau mengecatnya dengan warna terang dan kuat. Atau, seperti pada contoh di bawah ini, anda bisa meletakkan set meja makan dan kursi dengan motif unik dan menarik perhatian.

Focal point di ruang makan dan dapur yang menyatu - Fotolia

Focal point di ruang makan dan dapur yang menyatu – Fotolia

Set meja makan dan kursi yang unik berfungsi sebagai focal point untuk mengalihkan perhatian dari dapur. Untuk memperkuat fungsinya sebagai fokus pandangan, pasang satu set lampu gantung berukuran besar di atasnya.

Gunakan Eating Corner

Jika desain dapur dan ruang makan minimalis memiliki jendela dengan view outdoor, maka manfaatkanlah sudut tersebut sebagai area makan (eating corner). Ketika menikmati hidangan, maka pandangan anda akan terfokus ke luar dibanding ke arah dapur.  Anda bisa menerapkan cara ini jika ukuran dapur cukup luas dan ada sudut kosong yang bisa anda manfaatkan untuk meletakkan set meja makan.

Eating corner di dapur yang menyatu dengan ruang makan - Fotolia

Eating corner di dapur yang menyatu dengan ruang makan – Fotolia

Semoga informasi mengenai desain dapur dan ruang makan dalam satu ruangan ini bisa Anda aplikasikan pada rumah yang bergaya minimalis sehingga bisa menghemat jumlah penggunaan ruangan di dalam rumah Anda.


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

desain dapur menyatu dengan ruang makan -desain dapur dan ruang makan sederhana -desain interior dapur dan ruang makan -desain dapur dan ruang makan jadi satu -desain interior dapur gabung dengan ruang makan dan -cara design ruang makan kitchen dan ruang tamu -model dapur dan ruang makan -interior dapur menyatu ruang makan -

Content Protection by DMCA.com