Desain Atap Rumah Datar Untuk Tampilan Kontemporer

Fungsi utama atap adalah untuk melindungi rumah atau bangunan lainnya dari curahan air hujan atau teriknya terpaan sinar matahari. Tetapi dalam desain rumah-rumah modern fungsi atap bisa menjadi lebih luas yaitu sebagai fungsi dekoratif yang dapat mempercantik tampilan rumah. Pada berbagai website arsitektur atau majalan arsitektur Anda dapat menyaksikan berbagai bentuk dan desain atap rumah dengan konsep minimalis yang elegan. Salah satu ide desain atap yang mungkin sesuai untuk hunian modern Anda adalah atap rumah datar.

desain atap rumah datar

desain atap rumah datar (Gharexpert)

Desain Atap Rumah Datar 1 Lantai

Untuk membuat tampilan rumah minimalis Anda menjadi unik dan berbeda Anda dapat memilih atap berbentuk datar dengan menghilangkan unsur genting pada desain atap rumah minimalis 1 lantai. Bentuk atap yang tidak konvensional ini juga dapat menjadi pengalih perhatian dari keterbatasan lahan tempat hunian Anda didirikan. Agar terlihat lebih menarik gunakan warna-warna yang cerah agar atap semakin memenuhi fungsi dekoratif untuk membuat rumah terlihat lebih elegan dibandingkan hanya sebagai pelindung cuaca semata.

desain atap rumah minimalis 1 lantai Model Datar

desain atap rumah minimalis 1 lantai Model Datar (Lasiroc)

Satu hal yang harus Anda perhatikan jika ingin menerapkan model atap datar ini pada rumah Anda adalah pemasangan lantai yang agak miring dan lubang penyaluran air hujan yang mencukupi karena atap datar menyulitkan air hujan untuk langsung tercurah ke tanah.

Memilih dan Memelihara Desain Atap Rumah Modern

Selain mempertimbangkan tentang desain atap rumah modern Anda juga perlu memperhatikan bahan atap tersebut. Sebenarnya tersedia berbagai bahan pembuat atap tetapi untuk rumah-rumah berkonsep minimalis Anda direkomendasikan untuk menggunakan bahan campuran terutama untuk atap rumah datar. Pada bagian tengah atap dapat digunakan bahan untuk melindungi atap dari panas matahari tetapi untuk bagian bawahnya sebaiknya dipilih material asbes. Bahan ini berguna untuk memberikan kesejukan pada bagian dalam rumah. Anda juga perlu menambahkan pembatas yang lebih tinggi pada sekeliling atap.

desain atap rumah modern dengan pelindung atap

desain atap rumah modern dengan pelindung atap (Home-designing)

Jika Anda memilih desain atap rumah minimalis modern berbentuk rata, ada beberapa tips yang bisa membantu anda:

  • Persiapkan waktu dan tenaga untuk melakukan perawatan rutin minimal dengan dibersihkan secara berkala setiap bulan sekali. Hal ini untuk memeriksa apakah lubang pembuangan air hujan tidak tertutup kotoran atau barangkali pada bagian pojok digunakan untuk sarang binatang.
  • Pengecatan ulang juga dapat dilakukan jika atap sudah mulai terlihat kusam
  • Penataan cahaya yang tepat akan menonjolkan keunikan desain atap datar rumah Anda. Untuk itu sangat penting untuk mengatur pencahayaan dengan furnitur lampu bermodel futuristik atau modern.
desain atap rumah 2 lantai model datar

desain atap rumah 2 lantai model datar (Gharexpert)

Memilih desain atap rumah berbentuk datar akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda karena pada bagian atap Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga seperti misalnya menikmati langit malam yang indah saat hari cerah, berpesta barbeque, atau sekedar bersantai menikmati udara segar. Selamat mencoba!


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

rumah tanpa atap -desain atap rumah datar -rumah minimalis tanpa atap -model rumah tanpa atap -rumah atap datar -desain rumah tanpa atap -atap datar rumah minimalis -rumah minimalis 2 lantai tanpa atap -

Content Protection by DMCA.com