Dekorasi Rumah Alami Khas Daerah Tropis dengan Bambu

Anda tentu akrab dengan bambu bukan? Bahan yang ramah lingkungan dan terbarukan ini kerap digunakan sebagai bahan dekorasi rumah alami khas daerah tropis. Bagaimana tidak; selain mudah didapat dan dikembangkan, harga bambu jauh lebih terjangkau dibanding kayu. Bambu juga memiliki sifat lentur dan tersedia dalam berbagai ukuran dan warna sehingga mudah dikreasikan ke dalam berbagai benda dekoratif yang bernilai seni tinggi.

Dekorasi rumah alami dengan elemen bambu  (Home-designing)

Dekorasi rumah alami dengan elemen bambu (Home-designing)

Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, bambu telah digunakan sebagai bahan lantai rumah-rumah modern, karena sifatnya yang ramah lingkungan, ringan, dan tahan lama. Tanaman bambu hidup juga dijadikan sebagai hiasan dekorasi interior. Demikian juga dengan bambu yang sudah diawetkan.

5 Ide Dekorasi Rumah Alami dengan Bambu

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghadirkan kehangatan dan nuansa alami bambu sebagai bagian dari dekorasi rumah modern alami, mulai dari penggunaan bahan alami bambu hingga elemen dekorasi dengan tekstur dan tampilan mirip bambu. Berikut adalah beberapa idenya untuk anda:

Dinding Hias

Cara paling praktis untuk mengaplikasikan keindahan bambu di dalam rumah anda adalah menggunakan wallpaper bermotif bambu atau wall murah bertema bambu. Dinding hias seperti ini cocok untuk hunian bertema country, rustic, hingga hunian bertema daerah tropis. Meski tidak menggunakan bambu alami, anda tetap bisa menikmati keindahannya.

Alternatif berikutnya adalah menggunakan keramik dengan motif bambu. Anda bisa mengaplikasikannya pada dinding tumpu yang berfungsi sebagai focal point. Anda bisa memesan keramik dengan tekstur timbul dan warna natulal, seperti warna tanah dan hijau untuk menghadirkan nuansa pedesaan di rumah anda. Selain di ruang keluarga, anda juga bisa mengaplikasikan motif bambu pada dinding tumpu di ruang makan dan kamar mandi.

Bambu sebagai sekat di kamar mandi (Houzz)

Bambu sebagai sekat di kamar mandi (Houzz)

Sekat Bambu

Pernah berfikir menggunakan bambu untuk sekat di dalam rumah? Sekat bambu menjadi pilihan yang kreatif untuk dekorasi interior rumah alami bernuansa minimalis. Sekat non-permanen berbahan bambu bisa digunakan untuk pemisah fungsi ruang, misalnya memisahkan fungsi ruang tamu dan ruang keluarga, ruang makan dan dapur, dan bahkan ruang toilet di kamar mandi.

Pilih sekat dari bahan bambu alami yang telah melalui proses pengawetan dan diberi pelitur untuk memperkuat warna dan motifnya. Tidak perlu menggunakan cat, karena keindahan alaminya justru akan hilang akibat cat.

Furniture Bambu

Anda tentu tidak asing dengan elemen dekorasi yang satu ini. Banyak furniture yang bisa dibuat dari bambu, mulai dari kursi makan, kursi malas, coffee table, rak buku, rak pajang gantung, meja lipat, hingga tempat tidur. Anda bisa membeli furniture bambu siap pakai atau memesannya secara khusus kepada pengrajin.

Furniture unik dari bambu (Frining)

Furniture unik dari bambu (Frining)

Railing Tangga

Siapa bilang rumah 2 lantai tidak bisa menggunakan elemen bambu untuk hiasan interior? Bambu bisa digunakan sebagai rangka railing untuk tangga menuju lantai dua. Bambu juga bisa disusun secara vertikal sebagai dinding tangga untuk menjamin keamanan anda maupun buah hati saat naik-turun tangga.

Hiasan Di Dalam Rumah

Seperti dibahas di atas, bambu hidup maupun bambu yang sudah diawetkan bisa digunakan sebagai hiasan di dalam rumah. Letakkan satu pot tanaman bambu hias di ruang tamu untuk menghadirkan nuansa hijau nan alami di rumah anda. Atau, anda bisa menyusun bambu yang sudah diawetkan dalam beberapa ukuran yang berbeda dan menaruhnya secara vertikal di dalam pot atau gucci tanah.

Bambu diperkirakan akan semakin populer sebagai bahan untuk dekorasi rumah alami. Pasalnya, bahan alam ini mudah didapat, murah, artistik, tahan lama, dan ramah lingkungan. So, jangan ketinggalan untuk menghiasi hunian anda dengan bambu….


Artikel Rumah Minimalis ini dikenal :

bambu alami untuk kamarmandi -dekor rumah berbahan bambu -Dekorasi rumah dari bahan alami -dekorasi rumah khas daerah tropis dengan bambu -dinding sekat alami -hias kamar dengan anaman bambu -rak bunga dari bambu -rumah bambu apung -

Content Protection by DMCA.com